"assalamualaikum ges, welkambek to cenel dika's kitchen! hmm saya suka saya suka!"
kamera kali ini nyorot dika yang lagi-lagi pake baju pantai. kayak episode [absolutely halal, akhi!]. bedanya, kali ini gak pake topi lebar. malah kacamata hitamnya yang nyangkut di kepala.
udah gitu backsound-nya lagu holiday punya seventeen.
"hari ini, kita mau bikin minuman aja, ges. episode selanjutnya baru masak-masak lagi." ucap dika. "namanya es kuwut, ges. sama kayak bir bali kemaren, es kuwut ini asalnya juga dari bali, ges."
"bahan-bahannya simpel buanget." kamera kini nyorot meja yang penuh bahan-bahan buat tempur hari ini. "bahan-bahannya ada melon serut. melonnya yang warna ijo, ges. bukan yang oren karena tema kita hari ini go green!"
"mari ngono, ono degan. bukan dek ganteng tapi kelapa muda. sama air kelapa. boleh diganti pake nata de coco. mau pake dua-duanya? boleh buanget, ges."
"LANJOOOT. ada sirup yang tiap tahun bikin iklan penanda ramadhan tiba. BETUL, sirup marjan rasa melon. ndak harus marjan sih, cuma kan aku pengen diendorse marjan. siapa tau ramadhan selanjutnya aku di-casting main iklan."
"iyo," sahut yuju dari singgasananya alias ruang tengah. "jadi lutung kasarung."
"HAHAHA," dika ketawa receh. "yo kamu purbasari."
"aamiin," timpal yuju. dia jalan deketin dika kemudian lambai-lambai ke kamera. "purbasari, tak tunggu panggilan endorsenya!"
"udu purbasari kosmetik, cah ayu!" keluh dika. "purbasari yang sama lutung kasarung."
"ih, ndak mauuu!" yuju geleng-geleng ribut. "dah ah, mas. aku mau nonton anak-anak gantengku lagi."
"yo kono, hush hush." usir dika. "sampe mana tadi, ges? purbasari, marjan, OH IYA! sirup! oke, lanjut. ada selasih alias telur kodok. kemaren aku nyebut telek kodok dihujat, ges."
ya iya anjir salah siapa!!!
"terakhir, ada es batu sama jeruk nipis."
"SAATNYA MENYELAMATKAN PURBASARI!!!" nah, gini nih kalo terlalu mendalami peran jadi lutung. "ora, ges. maksude ayo ndang masak."
"pertama, tuang sirup melon ke gelas. yo iyo mosok neng ember." dika ketawa receh. ngelawak sendiri, ketawa sendiri. miris banget uripmu, mas.
"masukkin melon serut, kelapa muda, selasih, terakhir es batu."
"hmmm sip. mari ngono, kasih perasan jeruk nipis dan tuangi pake air kelapa. wes, tinggal dihias pake daun mint."
sembari beres-beres, dika berpetuah, "jeruk nipisnya ndak harus diperas, ges. buat yang suka kecut-kecut, bisa dipotong bulet aja jeruknya terus dimasukkin ke es kuwut. dijamin kecutnya bertahan lama!"
"oiya, urutannya ndak harus sama plek kayak yang tadi." kata dika. "ini biar esetik aja sih HAHAHA. biar ada gradasinya."
"air kelapa juga bisa diganti pake air biasa. sak karepmu, ges. silakan bekreasi. asal ora mbok ganti nganggo banyu comberan wae, sih." dika nyengir.
"oke, ges, video hari ini cukup sekian. kalo kalian suka, ojo lali komen, like, dan subret ke cenel ini! sampai jumpa dengan si ganteng dika di video berikutnya! bye!"
ini ges es kuwut