"assalamualaikum ges, welkambek to cenel dika's kitchen! hmm saya suka saya suka!"
kayak yang udah-udah, kamera pasti nge-zoom muka dika. bener-bener cuma kelihatan lubang hidungnya doang.
"video kali ini tak dedikasikan buat kalian-kalian para anak kos yang tipis ongkos tapi tetep pengen makan enak."
"sebagai mantan anak kos, aku ngerti ges penderitaan kalian. duit tipis, temen-temen pelit, dan kemageran buat keluar cari makan. tapi tetep pengen makan enak. aku ngerti perasaanmu, slur."
"maka dari itu, hari ini aku pengen menggawe kue yang manis-manis buat mengancani malem kelabu kalian. ora nduwe pacar ora masalah. tapi nek ora madang, semaput." dika nyengir.
kamera kini nge-shoot bahan-bahan yang dibutuhin buat tempur malem ini. "ini yang kalian tunggu-tunggu, ges. no oven, no mixer!"
"kita sambut. ini dia, bolu cokelat no oven, no mixer!"
"pertama kita panasin dulu kukusannya, ges. ojo lali tutup kukusannya dilapisi serbet. biar tetesan uap airnya ndak jatuh ke kue. nanti bantet. kayak mas woozi."
woozi yang jauh disana bersin-bersin.
"woke, bahan-bahan yang kita butuhin ini guampang buanget nyarinya. di warung banyak." kata dika. kameranya nge-shoot satu persatu bahan. "ada terigu, gula pasir, baking powder, soda kue, air, cokelat bubuk, sama minyak goreng."
"gak pake telur soale aku ngerti telur adalah item berharga penyelamat hidup anak kos."
dika tepuk tangan. nggak penting banget. coba kalo ada mbak bojo, udah dihujat sampe zimbabwe. "seneng banget ora, sih. aku ngerti telur mau beli seperempat kilo kebanyakan, mau nempil sebutir ndak boleh."
"tenang wae ges, semua bahannya takaran sendok! kalian para anak kos ngenes gak perlu cari-cari timbangan, woke!"
dika kini sibuk nuang-nuangin bahan kering ke dalem mangkok kaca besar. "terigu, coklat bubuk, gula, baking powder, sama soda kue dicampur jadi satu. diaduk pake balloon whisk. kalo gak nduwe, menganggo sendok saja, ges."
pusing gak lo. bahasanya sasar-susur kayak anak jaksel wannabe.
"nek udah kecampur semua, minyaknya dilebokkan, ges."
dilebokkan tuh maksudnya dimasukin gitu, ges.
bahan-bahan udah kecampur rata. dika pergi lalu nggak lama kemudian dateng bawa setumpuk kertas roti. "iki jenenge cake cases, ges. nek bakule gak mudeng, bilang wae kertas bolu kukus."
"nah, biar kertasnya ndak mleyot pas adonannya dituang, kertas ini harus dialasi pake cetakan pie. kalo ndak ada cetakan pie, pake aja yang sekiranya ada. kalo ndak punya cetakan atau males beli cake cases, cukup pake mangkok. tapi yang tebel. kayak mangkok mie ayam itu lho, ges."
satu persatu cake cases udah diisi dan tinggal masuk ke kukusan. baru setelah masuk ke kukusan, cowok itu nepuk dahi. "woiya ges, kalo tetep pengen pake cake cases, bilang aja ke yang jual beli cup muffin. nanti dikasih cake cases yang tebel dan anti badai, anti mleyot, anti kekerasan, anti lepek, anti omelan mbak bojo."
"aku diem lho, mas?!"
"ternyata pake cup muffin tetep diomelin mbak bojo." dika meringis. "kita kukus 30 menit aja. ndak udah lama-lama, nanti ditikung."
??????????????
30 menit kemudian...
"ini dia kue kukus cokelat ala anak kos tipis ongkos! deloken ges, warnanya cokelat mengkilap. ndak ada bau-bau kue kayak biasanya."
dika nyuil kuenya kemudian teriak alay. iyalah, wong masih panas baru keluar dari oven. "puanas kayak atimu pas gak iso nyanding de.e."
"oke, tak damunya dulu, ges."
damu tuh artinya tiup. ditiup gitu loh. disebul.
"walau dari segi aroma ndak meyakinkan, tapi rasanya walalah jos gandos kotos-kotos nganti mbledhos!"
"selesai! piye? gampang, to?"
"kalo kalian suka, ojo lali komen, like, dan subret ke cenel ini! sampai jumpa dengan si ganteng dika di video berikutnya! bye!"
pengennya sih rajin update. tapi apa daya, ges.