Pertukaran Pelajar

574 36 2
                                    

Gue mau cerita sedikit nih tentang pertukaran pelajar atau bahasa kerennya 'student exchange'. Program ini diadakan sekolah gue, jadi selama hampir tiga tahun ini gue ketemu sama para pelajar yang sudah atau lagi mengikuti student exchange

Ternyata gaes... Student Exchange itu gak hanya mengenai pelajar yang ditukar sekolahnya sementara, tapi kebanyakan malah jadi berubah beneran orang-orangnya.

Penasaran? Oke, duduk yang manis, biar gue ceritain! 

Pengalaman pertama itu ketika ada anak Italia yang sekolah di sekolah gue. Di situ, gue dan teman-teman gue yang udik, alias jarang liat bule apalagi yang seumuran mengalami culture shock!

Tanpa mengurangi rasa hormat, kita sebut aja si anak bule itu dengan sebutan 'si bule' ya.

Ketika si bule masuk pertama kali itu, iya sih udah pake baju seragam, tapi rambutnya diwarnai dikit di bagian bawah dan pake sepatu pink! 

Buat kami ini, siswa sekolah menengah yang punya kepala sekolah mirip Jenderal perang yang super disiplin, gayanya benar-benar harapan dan impian kami semua. Sangat besar harapan kami, si bule gak bakal berubah dan akhirnya memberi peluang kami pake sepatu dengan aneka warna. Ya gapapa juga sih kalo cuma pink aja gitu dibolehin, secara gue juga suka pink...

Tapi di hari kedua, warna rambutnya udah berubah kembali ke warna asli alias coklat. Sepatunya juga ganti warna, jadi hitam kayak kami. Rada kecewa sih karena ternyata dia juga kena peraturan yang sama. Kagak ada pilih kasih gitu. Apalagi keringanan aturan. Dia bahkan pake baju seragam lengkap dengan dasinya.

Tapi... hahahaha, entar gue ketawa ngakak dulu! Hahahahahahaha....

Jadi gini, gue gak sekelas sama si bule. Hanya liat dan ketemu sekilas sepintas aja. Cuma gue dengar, si bule jadi bahan ceritaan para kaum cowok di sekolah kami. Entah apa yang terjadi, yang jelas, kelas yang dipake si bule mendadak rajin dikerubungi cowok-cowok dari semua kelas lain. Bahkan adek dan kakak kelas ikut berkunjung.

Baru saat pulang sekolah, dan kami semua ngumpul di depan pagar sekolah, mengantri beli es, gue ketemu dia. Si bule lagi beli es juga. Pengen nyoba kali ya dia. Saat dia antri beli es itu, semua orang jelas perhatiin dia. Bukan hanya karena dia bule, gaes. Tapi karena seragamnya. Iya seragamnya! 

Itu seragam aduh... kenapa jadi model baju bikini sempit gitu yak? Belahan jiwanya, eh... dadanya itu loh. Hihihi, jadilah pemandangan dadanya diperhatikan semua orang. Termasuk tukang ojek, satpam, apalagi si tukang es. Hormon bule yang jauh beda dengan hormon anak pribumi macam gue, ternyata menimbulkan perbedaan luar biasa terhadap bentuk tubuh, terutama bagian-bagian menonjol. 

Bisa dibayangkan apa yang dilakukan si tukang es bisa berdekatan dengan si bule? Sementara matanya sibuk 'ngelalap' pemandangan di depannya, tangannya terus melayani bak mesin kopi di gerai kopi. Jangan tanya dah gimana teman-teman cowok gue, plus cowok-cowok SMK sekitar sekolah gue yang entah kebetulan atau memang sengaja lewat di depan sekolah kami juga. Itu antrian jajan es terpanjang sepanjang sejarah gue di sekolah!

Lain lagi suatu hari si bule ikut main basket di jam istirahat. Kali ini dia pake batik. Ya sama aja sih. Sama-sama 'padat' di bagian dada dan udahlah jangan tanya mata cowok-cowok ke mana. Malah pas dia main, dengan cueknya rok panjang itu diangkat si bule gak peduli suitan para siswa cowok udah kayak apa. Gak tinggi banget, tapi tetap aja bikin rame. Sampe guru agama Islam (meski si bule bukan Islam) lari-lari masuk lapangan hanya buat negor si bule. Lagi-lagi dia baru nyadar kalau hal begini aja bisa jadi sumber keributan di sekolah Indonesia. Untungnya, dia gak tersinggung dan malah tertawa-tawa. 

Kehadiran si bule lumayan bermanfaat sih menurut gue. Teman-teman di IPS cerita, walaupun asal-asalan ngomong bahasa Inggrisnya, si bule dan mereka tetap bisa saling komunikasi. Malah mereka jadi bisa tuker-tukeran aneka budaya anak muda. Ya contohnya, bahasa slang Indo pun berpindah ke kamusnya si bule, demikian juga beberapa teman dekatnya selama sekolah di sekolah gue. Si bule juga jadi paham soal budaya ketimuran kita yang mengagungkan sifat tertutup, hingga soal mengutarakan pendapat. Walaupun awal-awal dia sempat agak kurang setuju, lama-lama si bule tahu membedakan mana saat dia harus patuh atau bicara. 

Lalu ada lagi, anak blasteran yang ibunya alumni sekolah gue. Nah, si anak blasteran ini ceritanya lagi summer holiday  di sekolahnya di Amerika sana dan memilih mencoba sekolah di Indonesia.

Dan komentar teman-teman gue...

"Gila, coy! Dia liburan malah sekolah. Apa kabar kita? Libur aja belom, udah sering holiday alias bolos sendiri!"

Ternyata, dia itu vlogger Amerika yang pengen share content tentang sekolah di Indonesia. Hahaha, ini nyata... lo semua bisa nyari deh di youtube kalo pengen tahu siapa dia. Yang jelas, gue bengong pas liat di hari pertamanya masuk sekolah lagi di Amerika sana malah dengan bangga make seragam sekolah di Indonesia yang ada tulisan nama sekolah. Bangga eh dianya! Apa kabar kita??? Yang kalo bisa alamat di seragam ditutup sama plester.

Cuma ada beberapa hal yang bikin gue jadi belajar banyak tentang betapa bedanya Amerika sama Indonesia. 

Pas gue lagi perbaiki penampilan di toilet, tuh blasteran masuk dan kayaknya dia jijik bener mau pake toilet dan akhirnya memilih mencari toilet lain. Mungkin pake toilet yang khusus guru-guru kali.  Tapi gimana gue yang tiap hari pake toilet itu?? Yang kadang sambil ngerumpi dan menemani teman yang cuek aja mengoceh sambil BAB. Teman gue malah parah, di toilet aja dia bisa tetap mengunyah.

Life is sometimes unfair ya, hahaha...

Si blasteran ini lumayan cantik, jadi banyak teman-teman cowok yang follow medsosnya. Lumayan katanya dapet teman bule, siapa tahu jadi jodoh.

Dan gue beserta kaum hawa di kelas yang nyinyir pun bilang, "Woooy!! Ngaca dulu! Ngaca yeee."

Gak hanya soal remaja asing, beberapa teman dan kakak kelas gue juga ikutan. Terakhir ini gue hanya mengelus dada. Karena Student Exchange juga mengubah karakter mereka. Dari anak rohis, berubah jadi anak yang... yaaa gitu deh... belum sombongnya yang gak ketulungan. Iya deh, Inggrisnya jadi bagus, tapi kalo sifat baik jadi ilang, berarti ada yang gak bener kan? Gue liat kakak kelas gue juga rada-rada berubah dari segi akademik. Intinya sih, dia berubah. Sayangnya, menurut gue malah jadi tidak baik.

Pernah gue nonton film tentang remaja, dan ada scene mereka ciuman di depan loker sekolah diliatin dan dilewati begitu aja ama teman-temannya. Wadow! Kalo di sekolah gue, langsung di DO pastinya. Itu di film, gimana aslinya?!?

Saran gue sih, kalo mau ikutan SE, lo harus nyiapin mental yang kuat buat menghadapi perbedaan budaya. Satu orang bule aja bisa jadi biang suitan satu sekolahan, gimana kalau lo berada di tengah-tengah para bule yang beda budaya dan kebiasaan sama lo? Kebayang kan artinya culture-shock?

Ah, jangankan soal sekolah... baru liat iklan aja kita udah shock... hahaha... 

******

A Sloppy Girl's DiaryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang