Naskah Opini 5

67 2 0
                                    

Halo, saya (No) berasal dari (Surabaya) berpartisipasi dalam Opini Contest dengan tema 'Indonesia Bebas Sampah Plastik'.
Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak nomer 4 sedunia. Di tahun 2019 saja jumlah penduduk Indonesia mencapai 267 juta jiwa dengan banyaknya jumlah penduduk di indonesia pastinya juga banyak jumlah perusahaan yang beroperasi dan turut menyumbang limbah plastik di indonesia yang ternyata tidak diimbangi dengan volume sampah plastik yang terangkut. 
Permasalahan sampah plastik tak hanya terkait dengan limbah plastik maupun keterangkutannya. Tetapi juga juga kurangnya kesadaran penduduk indonesia selama ini terhadap daur ulang limbah plastik. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat indonesia untuk menanggulangi masalah sampah plastik tersebut, salah satunya seperti yang dilakukan oleh pemerintah kota surabaya, yang mewajibkan masyarakatnya yang ingin menaiki Suroboyo Bus tidak dikenai biaya. Namun, masyarakat harus membayar dengan sejumlah sampah plastik. “Bagi penumpang yang akan naik harus membawa 5 botol ukuran tanggung atau 3 botol besar atau 10 gelas air mineral, kantong plastik dan kemasan plastik”. Sementara, bagi penumpang yang tidak ingin membawa sampah plastik, mereka dapat menukarkan jenis-jenis sampah di bank sampah, drop box halte, dan drop box terminal Purabaya yang telah bekerja sama dengan DKRTH. Selanjutnya, masyarakat bisa menukarkan sampah dengan kartu setor sampah untuk ditukar dengan tiket bus. "Dengan begitu, penumpang bisa berkeliling Surabaya selama 2 jam keliling secara gratis,". Nantinya, sampah-sampah plastik yang telah terkumpul akan diolah dengan baik dan benar sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar, sampai sekarangpun surabaya bus yang dibayar masyarakat surabaya dengan sampah masih beroperasi. langkah selanjutnya yang bisa dilakukan oleh pemerintah dengan menggalakan upaya daur ulang sampah menjadi barang2 yang lebih bermangfaat dan bernilai.  pemerintah harus mulai menggalakan daur ulang sampah pada generasi muda karna bagaimanapun juga generasi muda nanti yang selanjutnya akan memimpin bangsa ini.

#LTOKosana#Indonesiabebassampahplastik #Kosana

Indonesia Bebas Sampah Plastik Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang