"Halo, saya Veronika berasal dari Jakarta berpartisipasi dalam Opini Contest dengan tema 'Indonesia Bebas Sampah Plastik'. "Jakarta merupakan kota metropolitan, ibu kotanya Indonesia. Banyak sekali manusia yang hidup di Jakarta ini. Saya salah satunya. Manusia yang tinggal di Jakarta pada tahun 2018 tercatat di statistika penduduk sebanyak 10.467,6 jiwa. Bayangkan, bila satu manusia saja membungan satu sampah plastik. Sudah berapa banyak sampah plastik di Jakarta ini? Ditambah lagi, kalau satu manusia bukan hanya membuang satu sampah plastik. Mau jadi apa Kota Jakarta? Mau jadi sarangnya sampah? .
Pemerintah sudah melakukan usaha terbaiknya, yaitu salah satunya dengan mempekerjakan para tukang sapu jalanan untuk menyapu lingkungan Jakarta. Tetapi, sebagai warga Jakarta kita juga sudah seharusnya melakukan usaha juga untuk mengurangi sampah plastik di antaranya dengan membawa botol minum sendiri dari rumah, membawa kantong plastik sendiri, atau juga bisa mendaur ulang sampah plastik menjadi sebuah kerajinan. .
Kota Jakarta ini sering sekali menjadi sorotan negara lain. Banyak turis asing liburan di Jakarta. Pasti mereka menceritakan tentang Jakarta ke teman-temannya di sana (negara asing). Menurut saya, kita harus membuat mereka (turis asing) menceritakan yang baik tentang Jakarta. Bukan hanya penduduknya yang ramah-ramah, tetapi juga lingkungannya yang bersih, agar Indonesia terkenal bukan hanya keragaman budayanya saja, tetapi juga lingkungannya yang bersih. Jadi, ayo, kita bersama-bersama menjaga lingkungan dari sampah, terutama sampah plastik!".
#LTOKosana#Indonesiabebassampahplastik#Kosana
KAMU SEDANG MEMBACA
Indonesia Bebas Sampah Plastik
Nonfiksikumpulan opini para peserta event tema indonesia bebas sampah plastik yang koordinasi oleh thalita utami