Naskah Opini 18

13 0 0
                                    

Nama : Aris Royanda
Asal : Aceh Barat, Nanggroe Aceh Darussalam
Opini :
Penyajian makanan, ATK, komponen elektronika, aksesoris, hampir segala kebutuhan masyarakat dilengkapi plastik. Di antara alasan suka dengan plastik karena sifatnya ringan, kuat dan tahan karat.
.
Tingginya penggunaan plastik memicu peningkatan produksi sampah plastik dari waktu ke waktu. “Sebagai gambaran, konsumsi plastik di Indonesia mencapai 10 kg perkapita/tahun, sehingga dapat diprediksi sebesar itulah sampah plastik yang dihasilkan.” (olahsampah.com)
.
Sulit terurai, membuat plastik dapat memberi ruang genangan air sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopictus. Gigitan nyamuk tersebut dapat menularkan virus demam berdarah. Jenis nyamuk demam berdarah tersebut lebih memilih untuk menghisap darah manusia, dan untuk memenuhi kebutuhan darah sampai kenyang biasanya nyamuk ini bisa menghisap darah beberapa kali. Inilah yang dapat meningkatkan resiko penularan demam berdarah di wilayah padat penduduk. Satu nyamuk, dalam satu periode waktu menggigit akan mampu menularkan virus kepada lebih dari satu orang. Mengerikan bukan?
.
Uraian fakta ilmiah di atas menunjukkan bahwa sampah plastik adalah penyebab demam berdarah. Jadi, untuk mencegah demam berdarah, kita harus musnahkan timbunan sampah plastik dengan beberapa cara :
1. Mensosialisasikan pengurangan penggunaan serta pembuangan plastik sembarangan dengan memberi tahu akibat fatalnya yaitu ancaman demam berdarah.
2. Mensosialisasikan pemberdayaan sampah plastik, diharapkan masyarakat dapat menyimpan sisa penggunaan plastik seperti botol plastik dengan baik agar tidak kotor dan tergenang air.
3. Menyalurkan sampah plastik yang disimpan oleh masyarakat agar mereka tahu akan digunakan kemana, juga memberi benefit untuk mereka.
4. Ketiga langkah di atas membutuhkan dukungan pemerintah juga lembaga-lembaga masyarakat agar program terfasilitasi, sehingga lebih semangat dan lebih mudah dijalankan.
5. Menerapkan sanksi yang dapat memberi efek jera bagi yang membuang sampah plastik sembarangan.

Indonesia Bebas Sampah Plastik Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang