Nama : Jumrahyana
Asal : Makassar
Opini :Negara Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia, sampah plastik sangat menjadi keresahan pemerintah serta masyarakat itu sendiri secara pribadi.
Sampah plastik merupakan bahan yang tidak dapat dihilangkan di era millenials ini. Bagai kesatuan yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya selalu digunakan plastik entah sebagai pembungkus makanan atau bungkusan belanjaan.
Berbagai upayapun dilakukan pemerintah salah satunya dengan pengurangan kantong plastik pada saat berbelanja di mall atau di swalayan tetapi nyatanya permasalahannya tidak sesederhana itu.Karena sampah plastik termasuk dalam keresahan masyarakat dan penguraiannya susah diurai oleh tanah maka kontribusi serta upaya dari setiap masyarakatlah yang sangat di butuhkan agar dampak dari penumpukan berbagai sampah plastik yang berada di pinggiran jalan dan diberbagai tempat sampah dapat dikendalikan.Salah satu upaya yang dapat dilakukan dimulai dari diri masing-masing. Dimana sampah plastik yang dianggap sebagai perusak berbagai pemandangan dapat di manfaatkan menjadi suatu karya yang ternilai dan memberikan keuntungan dengan harga jual tinggi. salah satuya dengan di olah menjadi berbagai pernak-pernik Tas atau sebagai tas belanja ataupun sebagai alat - alat sekolah misalnya tempat pensil, celengan dan gantungan baju. Bagi pelajar selain dapat menghemat dapat juga berinovasi serta bagi ibu - ibu rumah tangga dapat menghemat uang belanja dan kebutuhan rumah tangga.
Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang cerdas dan bijak marilah kita melihat segala keterbatasan sebagai suatu kelebihan dengan melakukan berbagai inovasi dan kreasi memerangi sampah plastik.
KAMU SEDANG MEMBACA
Indonesia Bebas Sampah Plastik
Non-Fictionkumpulan opini para peserta event tema indonesia bebas sampah plastik yang koordinasi oleh thalita utami