"Jangan pergi lagi bang.."
Itu guanlin yang ngomong, dia keliatan garela kalo harus ditinggalin bang ong, sama kayak gua.
'Hey.. Hey.. Dengerin abang sini.. Abang tau kalian masih gak rela sama kepergian abang, tapi biar gimana pun juga kalian mau abang seneng gak diatas sana?' tanya abang gua dengan mata melasnya.
Gua sama guanlin ngangguk barengan.
'Nah.. Kalo....' bang ong ngejeda kalimatnya bentar, karna dia ngelap aer matanya yang jatoh.
'Kalo kalian mau abang seneng kalian harus ngerelain abang, kalo kalian kayak gini terus gimana abang mau seneng sama kalian? Yang ada abang malah ngerasa berat mau ninggalinnya' kata bang ong yang gua yakin pasti dia lagi nahan nangis.
"B-bang... a-bang bakal janji kan kalo kita ngerelain bang ong, b-bang ong bakal b-ba-bahagia..?" tanya gua juga sambil nahan nangis.
Bang ong ngangguk sambil senyum ke gua.
'Lin..' panggil bang ong ke guanlin
"I-iya bang.." tanya guanlin yang matanya udah mulai merah.
'Boleh gua minta tolong sama lu?' tanya bang ong dengan muka seriusnya dan dibales anggukan sama guanlin.
'Tolong lu jagain adek kesayangan gua, jangan lu bikin dia nangis, biar gimana pun juga dia adek kesayangan gua, tolong lu jagain dia sama kayak gua sayang sama dia dulu' kata bang ong sambil megang kedua bahu guanlin.
Guanlin ngangguk "g-gua ja-janji bang bakal jaga sinwoo sebisa mungkin.." jawab guanlin dan setelahnya di tepuk lah pundak guanlin sama bang ong.
'Hmm... Gua tau lu emang bisa buat jaga sinwoo, kalo gitu gua titip adek kesayangan gua ke lu ya.. Karna gua gabisa lama-lama disini,
Dek.. abang tau, abang udah jahat sama kamu karna abang udah ninggalin kamu lebih dulu, kita gatau jalan tuhan kayak gimana, yang terpenting buat abang adalah adek, adek itu sumber kebahagiaan abang, kalo adek bahagia abang juga bahagia, jadi...' ucapan bang ong kepotong karna gua meluk dia."Jadi gua harus maafin semua kesalahan lu dan ngerelain lu..?, bang.. Yang perlu lu tau itu seberapa banyak lu ngelakuin kesalahan ke gua, gua tuh udah maafin semua kesalahan lu bang, jadi abang jangan ngerasa bersalah kayak gini, kalo masalah rela.. Gua bakal berusaha sekuat tenaha gua buat ngerelain lu ya bang" kata gua sambil meluk bang ong erat.
Guanlin juga ikut meluk bang ong.
Bang ong ngelepasin pelukannya dan bisa gua liat ada cahaya yang keluar dari badan bang ong.
"B-bang..." panggil gua karna bang ong ngelepasin pelukannya dan ngejauhin gua sama guanlin.
'Udah waktunya sin.. Abang udah gak punya banyak waktu, maaf abang harus ninggalin kalian secepet ini.. Abang bakal sayang kalian ber2, dan lu lin.. Inget ya gua pegang janji lu..' kata bang ong yang kaki sampe pinggang nya udah ngilang.
'Ong Sinwoo Makasih ya udah jadi adek kesayangan nya abang, abang bakal selalu sayang kamu.. Selamat tinggal adek kesayangan abang...' ucap bang ong abis itu bang ong ngilang sama cahaya-cahaya nya.
Gua sama guanlin saling tatap-tatapan dan jangan lupa kita juga masih nangis.
akhirnya kita pelukan "inget ya sin apa kata bang ong, kita harus bikin dia seneng di atas sana" kata guanlin sambil ngelepasin pelukannya.
Gua cuman ngangguk doank sebagai jawabannya.
"Janji..?" tanya guanlin sambil nyodorin kelingking nya.
"Janji" jawab gua trus nautin kelingking kita.
"Oh.. Yaa kita terlalu sibuk ngurus bang ong, sekarang ara mana?" tanya sinwoi panik sendiri.
"Gua disini sin" kata ara sambil meluk sinwoo dari samping.
"EH.. Astaga ara maafin gua ya sampe ngelupain lu gini.." kata gua sambil balik meluk ara.
"Gapapa sin.. Gua tau perasaan lu sekarang, maaf ya gua baru tau kalo lu punya kaka dan kaka lu udah gak ada, gua turut berduka ya.." kata ara ngelus-ngelus punggung gua.
Gua cuman ngangguk doang abis itu kita ber3 ninggalin rumah abu nya.
~×~
Kita sekarang udah ada di tempat jajanan di pinggiran dan sebelehan tempat jajanan nya ada pantai, masalah duit tenang aja gua bawa duit kok setiap papa ngasih uang selalu gua tabung.
Dari tadi ara sama guanlin bercandaan mulu be2 gua serasa kayak nyamuk njir, tau gitu gua hak ikut mereka kalo ujung-ujung nya bakal kayak gini.Gua ngeliat ke arah pantai, kayaknya kalo gua kesana suasananya bakal ngewakilin perasaan gua.
akhirnya gua ninggalin mereka yang lagi bercandaan ber2 dan pergi ke pantai.
Pantai nya enak sejuk adem ombak nya juga lagi gak pasang.
Gua duduk di pasir nya dengan nekuk kedua lutut dan ngelipet tangan di atas lutut.
Gua cuman natap lurus ke arah aer-aer pantai.
Coba aja bang ong masih ada di sebelah gua, pasti gua gak akan ngerasa kesepian gini.
Bisa gua rasain pipi gua basah, pasti aer mata gua jatoh lagi.
Ingetan tentang keluarga gua dulu yang harmonis, tentram, nyaman keinget lagi di otak gua.
Sebenernya papa gua yang sekarang ini, bukan papa kandung gua, dia adalah adek dari papa gua. Dia mulai ngasuh gua pas seminggu setelah kepergian bang ong.
Balik ke sekarang lagi, sekarang udah jam 10 malem, gua gatau ara sama guanlin kemana.
Gua ngerasa kalo kehidupan gua yang sekarang jauh lebih enakan dibandingkan sama gua tinggal di kediaman papa gua yang sekarang.
Karna bosen akhirnya gua cuman bisa natap lurus dan ngelamun.
"Si cantik diem-diem bae dah" - ?
TBC
.
.
.
.
.
⬇
KAMU SEDANG MEMBACA
Care - Lai Guanlin
Short StoryWalaupun lu udah sama dia, cuman satu yang perlu lu tau gua gak akan pernah bisa untuk ngilangin rasa sayang dan cinta gua ke lu - sinwoo Gua akan selalu sayang dan cinta sama lu sin..- Guanlin Adek harus jadi, orang yang baik ya.. Abang bakal sela...