Tak terasa waktu berputar cepat.
Kini aku bersyukur masih dipertemukan kepada bulan yang memiliki banyak keutamaan.
Bulan yang diberkahi.
Bulan diturunkannya Al-Quran.
Bulan yang dibukanya pintu surga.
Bulan yang menutup rapat pintu neraka.
Bulan yang membelengu setan-setan.
Bulan yang memiliki malam yang lebih baik dari seribu bulan.
Bulan yang melipatgandakan amal shaleh yang kita lakukan.
Bulan yang dimana manusia berlomba-lomba melakukan kebaikan dan meninggalkan keburukan.
Masih banyak lagi keutamaan bulan ini.
Bulan ini adalah bulan Ramadhan.
...
Untuk menyambut bulan ramadhan kita harus memiliki persiapan matang. Bukan hanya persiapan dari segi "bahan dapur" dan "baju untuk lebaran".
Tapi menyiapkan hati kita untuk menyambut bulan ramadhan.
Mu’alla bin Al-Fadhl – ulama tabi’ tabiin –,
“Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)
Para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mempersiapkan diri mereka untuk bertemu bulan ramadhan selama enam bulan sebelum datang Ramadhan.
Antusias para sahabat untuk dipertemukan pada bulan yang diberkahi ini dengan berdoa kepada Allah.
Mereka memanfaatkan bulan ramadhan ini untuk memperbanyak amalan dan memohon ampunan kepada Allah.
Setelah selesai bulan Ramadhan mereka berdoa agar amalan di bulan Ramadhan diterima oleh Allah karna mereka takut bahwa amalan yang mereka lakukan tidak diterima oleh Allah.
Dan berdoa kembali untuk dapat dipertemukan kembali oleh bulan Ramadhan.
Mereka sungguh memuliakan bulan Ramadhan tanpa mensia-siakan sedikitpun bulan Ramadhan.
...
Amalan apa yang disyariatkan selama bulan ramadhan ?
1. Berpuasa
2. Shalat Malam (Shalat Tarawih, Tahajud)
3. Mengkhatamkan bacaan dan arti dari
Al-Quran, memperbanyak berzikir dan
Berdoa.
4. Bersedekah
5. Ber'itikaf...
Siapkan diri kita dalam menyambut ramadhan dengan hati yang bersih, menjauhi maksiat dan semua larangan-Nya, mendirikan shalat malam, berbuat kebaikan, memperbanyak doa dan zikir serta mentadabur Al-Quran.
Jangan menghabiskan waktu ramadhan kita dengan "Bukber" sama teman Tk, Sd, SMP, SMA, Kuliah, tempat kerja, tapi ganti dengan memberikan sedekah kepada anak-anak yatim piatu atau orang-orang yang membutuhkan.
Jangan menghabiskan waktu ramadhan kita menonton acara memasak, tapi matikan tv dan mendengarkan kajian sunnah.
Jangan menghabiskan waktu sore ramadhan kita ngabuburit berjalan-jalan cari takjil, tapi ganti ngabuburit kita dengan mentadabur Al-Quran.
Jangan menghabiskan waktu ramadhan kita berburu baju lebaran, tapi ganti berburu malam lailatul qadar.
Ubah tabiat buruk itu menjadi tabiat yang baik.
Penutup :
"Jangan berbahagia ketika menyambut lebaran tapi bersedihlah ketika kita meninggalkan bulan Ramadhan"
Hidup kita tidak sepanjang yang kita fikirkan. Pergunakan waktu dan umur kita sebaik-baiknya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Reminder
SpiritualHai! Assalamualaikum. Disini aku membagikan sebuah tulisan atas kegelisahan dan kegalauan yang aku alami sendiri dan beberapa keresahan yang terjadi dilingkungan sekitar aku. Disini sama sekali bukan menggurui atau apapun maksud untuk keburukan. D...