Australia adalah salah satu benua yang cukup dekat dengan Antartika. Bersumber dari keterangan Department of the Environment and Energy – Australia Government, disebutkan bahwa kompas magnet harus di modifikasi jika di gunakan di Antartika, karena jika tidak, kompas tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. Apa yang menjadi penyebab nya?
Sebelum kita membahas lebih dalam, mari kita sama kan pandangan bahwa ada yang disebut dengan Kutub Geografis Bumi dan ada pula yang di sebut dengan Kutub Magnet Bumi. Artik (Kutub Utara) dan Antartika (Tembok Es di Selatan) merupakan sebutan untuk kedua Kutub Geografis Bumi. Sementara Kutub Magnet Bumi adalah pusat medan magnet yang ada pada bumi, yakni pusat medan magnet utara dan selatan.
Kutub Magnet Bumi Versi Bumi Bola
Dalam pemahaman bumi bola, kutub magnet selatan bumi ada di Artik, yakni benua es yang ada pada bagian atas bumi. Oleh karenanya arah ‘utara’ pada jarum kompas akan menunjuk kepada wilayah Artik berada, dikarenakan kutub magnet selatan bumi menarik kutub magnet utara pada jarum kompas. Sebaliknya kutub magnet utara berada di Antartika, yakni benua es yang ada pada bagian bawah bumi globe.Jika kandungan medan magnet yang ada pada kedua kutub geografis bumi sesuai dengan penjelasan diatas, maka pada bumi globe seharusnya kompas magnet akan tetap bekerja dengan baik dimanapun juga, termasuk di wilayah Antartika. Magnet jarum kompas selatan akan tetap tertarik kearah Antartika sebagai pusat medan magnet utara. Namun faktanya, kompas tidak berfungsi dengan baik di Antartika.
Kutub Magnet Bumi Versi Bumi Datar
Berbeda dengan pemahaman bumi bola, pemahaman bumi datar berpendapat lain mengenai letak medan magnet bumi. Dengan kata lain, pemahaman Flat Earth (FE) memandang ada kesalahan asumsi yang di paparkan pada pemahaman bumi globe, yakni letak wilayah pusat medan magnet bumi nya.
Dalam pemahaman Flat Earth, bentuk bumi di gambarkan seperti cakram datar yang menghadap keatas, dengan Antartika sebagai pinggiran tembok es bumi. Sama seperti asumsi bumi bola, letak medan magnet selatan bumi datar ada di wilayah Artik (bagian tengah bumi).
Namun yang berbeda adalah letak medan magnet utaranya yang terletak dibagian bawah bumi, tepatnya di bagian bawah wilayah Artik (di dalam perut bumi bagian bawah).
Tidak Ada Medan Magnet di Antartika
Semakin jauh kompas dari pusat magnet (Kutub Utara), maka kompas semakin tidak berfungsi dengan baik. Maka dari sini terjawablah penyebab kompas magnet tidak berfungsi dengan baik di Antartika. Sejatinya di Antartika tidak terdapat medan magnet dan kompas tidak bekerja dengan baik disana karena jaraknya yang terlalu jauh dengan Kutub Utara atau medan magnet bumi sebagai pusat magnet.
Oleh sebab itu, sangat beresiko jika melewati tembok es Antartika lebih jauh, karena sistem navigasi dengan kompas yang digunakan tidak akan bekerja dengan baik. Itulah sebabnya mengapa banyak orang tidak berani melakukan perjalanan jauh ke dalam Antartika.
KAMU SEDANG MEMBACA
REALITAS FLAT EARTH
No FicciónBagaimana kalau ternyata bumi adalah pusat alam semesta? Bagaimana jika ternyata bumi ini datar? Bagaimana jika ternyata semua sistem yang telah diterapkan di dunia selama ini salah? Bagaimana jika ternyata semua kejadian besar di dunia ini adalah H...