54

46 11 0
                                    

1.Tidur setelah sholat shubuh atau tidur di waktu pagi
Siapa yang suka tidur setelah sholat subuh ?
tidak menyangkal memang tidur yang paling nikmat itu tidur setelah sholat subuh . Tapi dibalik kenikmatan itu ternyata Rasulullah SAW. melarang untuk melakukannya , kenapa ?
Karena tidur pagi dapat membahayakan kesehatan tubuh , dapat menyebabkan rasa malas dan tidak bersemangat melakukan aktifitas pada sisa harinya , tidak akan mendapat berkahnya pagi hari, dapat menghambat datangnya rezeki . Selain itu , tidur pagi bukanlah termasuk akhlak dan kebiasaan para ulama salafus sholihin dan tidak sesuai dengan perintah dan petunjuk Al-Qur ’an dan As- Sunnah .

Ibnul Qayyim berkata, “Ada empat hal yang menghambat datangnya rezeki yaitu: tidur di waktu pagi , sedikit sholat , malas -malasan dan berkhianat “. ( Zaadul Ma ’ad )
Dampak negatif yang dapat ditimbulkan karena tidur di pagi hari terhadap kesehatan tubuh diantaranya yaitu : Dapat mengganggu masalah metabolisme tubuh , keadaan badan akan menjadi lemah dan lesu , serta akan menghilangkan waktu yang sangat produktif . Jika tidur terlalu lama maka akan kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari .

2.Tidur setelah sholat ashar menjelang magrib

Biasanya kalau kita tidur di sore hari yakni pada waktu ashar sampai menjelang magrib , akan membuat keadaan seperti linglung , pusing, badan sakit, dan justru seperti orang sakit. sebagian ulama mengatakan “ Siapa saja yang tidur selepas waktu ashar sehingga terganggu kejiwaannya , maka janganlah ia mencaci selain dirinya sendiri“. Jika terlalu sering tidur di sore hari akan membuat jiwa atau pikiran semakin buruk .

3.Tidur sebelum sholat isya

Telah di riwayatkan oleh Abu Barzah ra ., bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Bahwasanya Rasulullah membenci tidur sebelum shalat isya’ dan berbincang -bincang ( yang tidak bermanfaat) setelahnya“ . (HR . Bukhari dan Muslim )
Beberapa ulama menjelaskan, sebab dibenci tidur malam sebelum isya ’ adalah dapat memungkinkan ditinggalkannya sholat isya’ pada waktunya. Jadi , jangan tidur sebelum Anda melakukan ibadah (sholat isya) .

4.Tidur setelah selesai makan

Jika setelah selesai makan langsung tidur , maka proses pencernaan tidak berjalan secara maksimal sehingga akan menyebabkan ketidaksempurnaan dalam proses pencernaan . Karena tidur setelah makan juga dapat membahayakan kesehatan.

5 .Tidur sepanjang hari

Tidak baik tidur sepanjang hari, kecuali dalam keadaan dan kondisi yang tidak memungkinkan seperti sakit. Terlalu banyak tidur juga tidak dianjurkan dalam Islam dan hukumnya makruh . Banyak tidur dapat mematikan hati, menimbulkan kemalasan , dan gangguan kesehatan tubuh .

Semoga bermanfaat 🤗🤗
Syukron katsiran yang sudah kasih bintang 😘

Pejuang HijrahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang