2. Claustrophobia dan Cara Islam dalam Memandang Fobia

166 24 26
                                    

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

( Sumber : Google)

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

( Sumber : Google)

Hi, Rewrepers! Pernah dengar istilah claustrophobia? Atau, Rewrepers pernah merasakan ketakutan saat berada di ruang sempit? Nah, mari kita simak penjelasan selengkapnya tentang fobia yang satu ini.

Apa Itu Claustrophobia?

Yup! Claustrophobia adalah ketakutan yang tidak beralasan ketika berada pada ruangan sempit atau tertutup. Masih masuk di akal, bila ketakutan pada ruang sempit tersebut karena merasa panik sebab terjebak atau sedang dalam bahaya. Tetapi, untuk seseorang yang memiliki fobia yang satu ini, tidak membutuhkan alasan yang menjadi pemicunya kecuali memang benar-benar takut akan ruang sempit atau dalam keadaan tertutup.

Bagi kebanyakan orang, berada di ruang sempit atau tertutup tentunya adalah hal yang biasa saja. Tetapi, lain hal nya dengan orang-orang yang menderita claustrophobia. Ketika tengah berada di ruangan sempit apalagi tertutup, mereka seolah merasakan tengah berada dalam bahaya bahkan merasa nyawanya seperti tengah terancam.

Beberapa yang mengalami claustrophobia akan mengalami kecemasan ringan, bahkan ada juga yang sampai mengalami kecemasan parah hingga serangan panik. Sementara, yang paling umum terjadi adalah rasa takut akan kehilangan kontrol.

Pemicu Claustrophobia

Sebenarnya, banyak situasi atau perasaan berbeda yang dapat memicu fobia ini. Misalnya, dengan memikirkan atau membayangkan situasi tertentu sekalipun tanpa adanya paparan, juga dapat membangkitkan claustrophobia, lho, Rewrepers!

Bila tengah bepergian ke luar, seseorang yang mengalami claustrophobia, akan menghindari tempat-tempat atau fasilitas umum yang dapat berpotensi membangkitkan fobianya tersebut. Seperti lift, terowongan, atau toilet umum.

Nah, berikut ini beberapa tempat dan fasilitas umum yang cenderung membuat ngeri bagi seseorang yang memiliki claustrophobia. Di antaranya :

• Lift
• Toilet umum
• Terowongan
• Ruang ganti
• Pintu putar
• Mobil dengan centre lock
• Kereta bawah tanah
• Pesawat
• Ruangan terkunci
• Kamar dengan jendela tertutup
• Pencucian mobil

REWREPTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang