Miss Jane baru saja dapat sebuah chat whatsapp dari salah seorang orang tua muridnya.
Ini tugas Daimond, Miss. Terimakasih.
Itu bunyi pesan tersebut, disertai sebuah attachment berupa rekaman suara. Miss Jane membalas pesan tersebut dengan berbasa basi sebelum akhirnya mendengarkan rekaman suara tersebut.
Baru di-klik, terdengar suara salah satu muridnya yang nakal namun menggemaskan.
"Udah?" tanya suara muridnya itu sebelum dia mulai berbicara. "Halo, ini adalah diary kegiatan Daimond. Hari ini cerita dalam Bahasa Indonesia."
Miss Jane tersenyum mendengar suara muridnya yang lantang itu.
"Tadi Daimond bangun pagi-pagi, abis itu adek panggil mami, abis itu kata mami langsung cuci muka. Abis itu adek.." Jeda sebentar, Miss Jane mengernyit heran. Suara Daimond terdengar agak sayup di detik berikutnya. "Mami, ini di rumah, adek nggak bisa bilang Daimond, adek lupa terus, kaya mana?"
Miss Jane sontak tertawa.
"Nggak apa-apa, Miss Jane tau kok. Tadi kan sudah perkenalkan diri." Jawab ibu anak itu tak kalah sayupnya.
"Nanti bilangkan Miss Jane ini punya Daimond ya, siapa tau Miss Jane lupa suara adek." Miss Jane gemas setengah mati, mendadak kangen murid bandelnya itu.
"Iya."
"Jadi, ini diulang lagi? nggak usah?"
"Nggak usah. Nggak apa-apa, adek lanjut aja."
Suara Daimond kembali terdengar lantang sedetik kemudian. "Eh, apa tadi? Umm, oh iya. Siap cuci muka adek turun ke bawah, adek diajak joging sama mas. Adek sering jogging sama mas, tapi kata mas sekarang joggingnya di teras aja, nggak boleh keluar. Kalo keluar nanti sakit, karna ada virus jahat. Adek jogging pelan-pelan keliling teras, mas enggak jogging dia, mas olah raga. Abis itu adek sama mas lompat-lompat tinggi-tinggi, abis itu lari di tempat, abis itu adek capek."
Daimond terdengar mengambil napas dalam-dalam sebelum melanjutkan. "Abis itu kata mami suruh mandi biar ganteng, abis itu adek mandi kan, terus airnya dingin, adek nggak suka, tapi kata mami biar segar. Abis itu apa lagi, ya?" mendengar muridnya bertanya-tanya sendiri dengan polos, Miss Jane tergelak.
"Oh iya, abis itu adek sarapan. Adek sarapan nasi uduk, mami yang masak. Abis itu adek minum susu sama minum vitamin. Abis itu, adek cari papi, karna adek mau main sama papi, tapi papi telpon telpon. Papi keja kata mami, jadinya adek main sendiri aja. Adek main robot sama lego. Pas adek main, abang Tin datang, abang Tin mau belajar sama abang. Adek kangen sama abang Tin, jadi adek minta gendong, tapi abang Tin enggak mau. Kata abang Tin nggak boleh, nanti kalo deket-deket adek bisa sakit. Adek nggak boleh sakit. Abis itu kan, pas abang Tin duduk, adek lompat kan ke punggung abang Tin, adek ketawa-ketawa, adek peluk abang Tin kuat-kuat. Abis itu abang Tin dia marah sama adek. Abis itu adek nangis karna abang Tin orang jahat marahin adek.
"Terus adek nangis terus-terus nggak berenti, adek nggak sayang abang Tin lagi. Terus adek capek, terus kata mami suruh bobo siang. Abis itu adek digendong papi biar bobo, abis itu adek bobo. Adek bobonya lama kata mami. Siap bobo adek makan, adek makan sama papi, adek makannya banyak kata papi biar sehat. Makan tidak boleh pilih-pilih, sayur harus dihabiskan. Adek nggak suka sayur, tapi kata papi harus abis, kalo abis dikasih cheesecake pake stoberi. Siap makan adek dikasih cheesecake sama mami. Kata mami abang Tin suruh oom ojol untuk antarin cheesecake buat adek. Adek saaayyyaaaaaang abang Tin, abang Tin itu dia abang adek. Abang Tin itu dia orang baik."
Sebenarnya Daimond sayang atau nggak sama abang Tin?
"Abis itu adek main sama papi, adek sama papi bikin istana besaaaaarrrr dari leggo. Kata papi adek harus betah di rumah, karna diluar ada virus jahat yang bisa bikin kita sakit. Papi bisa sakit, mami bisa sakit, abang bisa sakit, mas bisa sakit, bunda bisa sakit, mba bisa sakit, ayah bisa sakit, abang Tin bisa sakit, semua-mua bisa sakit. Semua orang sedunia dunia bisa sakit. Makanya semuanya harus di rumah aja."