Hola nasib-nasib.
Engga cuman sekali dua kali Rose merutuki nasib. Ya allah merutuki doang ini kok ngga mau nuntun maapin.
Sebagai sulung jelas dong menjadi tulang punggung itu otomatis. Tanpa turn on juga sudah jalannya.
Ya sama Rose juga. Umur 18 lulus SMA, kuliah 3,5 tahun. Habis itu nganggur dulu. Baru deh kemarin lama gabung di bimbel les.
Sebenernya Rose pinter. Rose sarjana pendidikan kimia. Tapi males kerja, jadi guru minimalnya. Cuman kan Rose harus kerja dong dilihat dari status anak pertama.
Lebih enak kan ya leha-leha di rumah jadi ibu rumah tangga. Ya kalo ada yang nikahin. Ngga ada :(
Jadi alasan Rose menjadi guru bimbel karena kerjanya nggak full time walaupun full day. Sehari paling tiga jam ngajar dengan honor yah lumayan.
"Emang Papa lo kerjanya apa?" tanya Mba Irene abis dengerin cerita Rose.
"Jadi arsitek sih, Mbak. Tapi kerjanya di kantor orang. Ya duitnya ngga mulus masuk kantong lewat tol dulu," jawab Rose.
Inilah kegiatan mereka di masa lapang. Sharing sharing pengalaman hidup.
Ada Rose, Irene, sama Jisoo di office room. Dio sama yang lain lagi ada kelas.
"Di kantor orang gitu tapi kalo arsitek duitnya banyak kali," tambah Jisoo.
"Alhamdulillah lumayan sih, Mbak. Cuman kan gue kuliah juga butuh duit. Jadi gue juga mau bantu dikit-dikit buat kuliahnya si Jeno ntar."
"Iya juga. Kalo lo, Mbak? Udah nikah nih masih betah aja kerja di sini," tanya Jisoo ganti ke Irene.
"Bosen gue kalo di rumah terus suami pulang sore. Tunggu aja ntar kalo gue punya anak," kata Irene.
"Kenapa kalo punya anak?" tanya Rose polos.
"Mbak Irene mau resign pea."
"Jangan lupa ntar nikah undang gue juga. Kalo Jisoo sih kayaknya nikah gue belum resign deh."
"Kondangan yang banyak ya, Mbak," canda Jisoo.
Mbak Irene tuh raut mukanya jutek abis. Pertama ketemu aja Rose takut. Sok senioritas banget.
Tapi orangnya teamwork banget ternyata. Telaten ngajarin Rose hal-hal baru di sini. Dia yang tertua di sini.
Cuman ya, itu. Dia kalo ngomong tatapannya tetep aja tajem. Kesannya kek ngga suka ke lawan bicaranya.
"Mau bandingin doang bagusan mana sama dekor wedding gue," ceplos tajemnya Mbak Irene.
"Yah sultan nantang gelut. Mana berani hamba," balas Jisoo menye.
Suaminya Irene tuh direktur. Mana udah kaya dari sononya. Mulus parah lagi. Cocok deh mereka.
"Balik woy balik gosip bae", kata Dio abis nyelesein kelas.
"Ngga perlu diusir juga udah mau balik gue. Duluan ya guys," pamit Irene.
"Jis? Pulang juga kan?"
Kalo ini namanya Mas Doyon, pacarnya Jisoo. Eh, TUNANGANNYA JISOO.
Mereka adalah cinlok yang berhasil. Mas Doyon tuh imut-imut gemesin. Kalem. Karismatik.
Jisoo ya gemesin dikit. Cantik ga terlalu. Bobroknya baru banyak. Tapi ya gitu namanya juga jodoh.
"Iya, Doy. Yuk!"
Tuh. Manggil tunangan sendiri aja cuman nama ngga pake embel-embel mas gitu.
"Masih sinting Mbak Jisoo," kata Rose.
"Lo lebih sinting, Rose," balas Dio.
"Lo virus sintingnya."
"Mending sesama sinting, kita makan bareng aja yuk?"
Rose mendelik, "Ogah ah lo muka om-om."
"Ahelah muka cute gini kok. Awas aja ntar suami lo lebih om-om dari gue."
"Yeeu liat aja ntar."
Ngga. Mereja cuman bercanda kok. Kadang mereka jalan bareng. Dia sih yang ngajak karena ga punya gebetan. Toh Rose juga jomblo. Tapi dia ngga ada maksud lain cuman temenan aja.
.
.
"Kak bantuin gue dong."
Baru pulang udah disambut aja. Mana yang nyambut makhluk tampan dunia akherat. Huek.
"Paan?"
"Tugas fisika."
"Kan gue guru kimia lo lupa?"
"Ya kali aja bisa. Kan masih sama sama IPA. Kalo kimia sih bisa gue gampang."
"Gue mandi dulu gerah."
Gerah banget cuman naik motor ngga sampe setengah jam. Di bimbel pake ac sih.
Baiklah karena Rose ini adalah anak gadis yang menjaga dengan baik kesehatan tubuhnya maka Rose memutuskan untuk mandi.
Mandi doang elah. Dia sih nggak pake tuh yang namanya skincare. Pake sunscreen pelembap doang paling.
Sadar diri. Duit belum seberapa udah sok oles sana oles sini. Mending buat bantu ortu dulu.
"Soal apa emang?"
Rose ngehampiri Jeno yang udah goleran depan tv. Tv nya emang mati tapi mulutnya Jeno masih nyala buat ngunyah makanan.
"Pusing gue Kak soal sbm susah susah amat sih," keluhnya.
Udah sering gini dia minta dibantu. Secara Rose udah pernah jadi dia. Ya kadang masih inget lah materinya.
"Kalo sbm gue up. Lo cari referensi triknya di youtube aja."
"Tethring."
"Ih, Jen. Gue juga ngga ada paketan."
"Boong dosa."
"Beneran nih tinggal paket chat."
Jiwa soim -sok imut- Jeno muncul. Nenggelmin muka coolnya.
"Aa~ pasang wi-fi aja gue ga bisa diginiin."
Ralat ralat. Bukan jiwa soim kalo yang ini. Tapi jiwa anak pungut. Dasar anak lahir dari sosmed. Ya gini nih.
"Apasih kamu, Jen?"
Denger rengekannya si dedeq Mama jadi nongol kan. Ngadu yang ngga ngga awas aja lo. Hilang masa depan.
"Kak Rose ngga bisa ngajarin Jeno fisika tuh katanya guru," adu Jeno. Apa Rose kata.
"Di sekolah ngga diajarin emang? Rose juga ngga bisa emang?"
Rose buru buru nyelarasin sebelum Jeno makin ngemeng yang lain, "Ini soal sbm, Ma, beda. Kadang guru di sekolah cuma ngasih jawaban jadi pemahaman murid kurang. Rose juga ngga mendalami kalo bagian ini."
Mama balik lagi ke kamar tanpa ninggalin sepatah kata.
Njir Rose ngomong panjang gitu dikiranya penyiar radio apa?
Akhirnya Rose juga balik ke kamar. Tapi samar samar dia denger..
"Hari ini Chanyeol ngga bisa. Tapi kalo besok bisa katanya."
"Yaudah Ma suruh Bang Yeol ke sini besok buat ngajarin aku."
"Iya ntar Mama bilangin ke tante Yumi."
....
Parah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Jahe+mawar = sehat!
Fiksi RemajaYang namanya mawar, mekar bentar juga bakal rontok kalo ngga disiram -roseanne Ada mawar di sini, ada jahe, ada caplang juga asek. Ga deng, Chanyeol numpang lewat aja sih. Tinggal digass ngueng serr aja. Yok bisa yok votingnya. Enaknya dibaca dari a...