Corona Membunuh Manusia, tetapi Bukan Kemanusiaan
Pagi itu aku duduk di teras rumahku, dengan minum secangkir teh yang dibuatkan oleh ibu. Aku duduk santai sambil menikmati lagu yang kuputar lewat handphone kesayanganku hehe, pas lagi buka sosial media, lagi-lagi aku menemukan berita terbaru yang lagi heboh di semua Negara, apalagi kalau bukan covid-19. Covid-19 atau yang biasa dikenal orang-orang sekitarku virus corona ini terkenal dengan virus yang sangat berbahaya dan mematikan, hmm ngeri gaa tuh.. Sejak pak Jokowi memutuskan buat physical distancing atau yang biasa disebut jaga jarak, munculah aturan-aturan baru mulai semua orang wajib di rumah atau yang aku kenal work from home. Jadi efeknya ke kegiatan belajar mengajar juga nih, semua sekolah baik swasta maupun nonswasta dari playgroup sampai perguruan tinggi wajib buat di rumah aja, dan belajar dari rumah. Ngga cuma itu, physical distancing ini berarti mewajibkan kita buat jauh dari kerumunan. Pokoknya kalau ada kerumunan mau gamau kita harus ngehindar. Banyak banget kok orang yang mau punya hajat kayak nikahan gitu terpaksa harus ditunda gara-gara adanya virus ini.
Besoknya aku beraktivitas kayak biasanya, karena aku mahasiswa di salah satu kampus. Sikapku dengan aturan presiden yang mewajibkan untuk merubah system kuliah offline jadi system kuliah online ini aku jalanin dengan asik aja, karena aku gamau kalau gerundel nanti jadi nurunin imun tubuh, wkwk. Libur kuliah sejak tanggal 15 Maret sampai sekarang kalau dihitung kira-kira udah hampir sebulan lebih lah yaa, aku bener-bener dirumah aja ngga kemana-mana. Sekalinya keluar olahraga aku cuma di depan rumah sambil berjemur. Haha.. Kalau ditanya bosen gak? Ya pasti bosen lah,.. banyak banget kegiatan yang udah aku agendakan sebelumnya tapi gagal gitu aja. Cuma aku gamau ngengkel sama pemerintah, ngikut aturan aja disuruh di rumah ya di rumah wkwk. Caraku biar ga bosen di rumah yang sebelumnya kalau di rumah cuma rebahan, tapi kali ini beda.. aku banyak kreatifitas di rumah. Karena kebetulan aku bisa menjahit, jadi aku berusaha memanfaatkan keadaan ini, aku jadi jual masker dari kain dan aku pasarkan lewat social media, Alhamdulillah dirumah aja tapi rezeki jalan awkwk. Hampir setiap hari aku produksi hampir 250 masker dan itu aja sampai kekurangan, karena makin hari makin banyak yang beli. Tapi aktivitasku jahit masker ini aku kerjain di sela-sela kuliah onlineku dong wkwk, masaiya lupa kuliahnya.
Setiap pagi-sore-malam pasti selalu ada berita terbaru masalah virus corona ini, di TV, twitter, instagram, facebook, detik.com, google dan semua jejaring sosial. Kadang aku mikir Bukannya kalau banyak berita kaya gini, malah bikin orang pada stress ya? Terus nanti kalau udah stress bikin nurunin imun tubuh? pertanyaan itu yang terus ada di pikiran wkwk. Padahal virus ini itu yang diserang orang-orang yang imunnya lemah, makanya meskipun di rumah aja kita harus tetep jaga kesehatan, jaga kebersihan, jaga imun tubuh lah pokoknya. Kalau katanya sih kita disuruh berjemur jam antara jam 8-11 soalnya virus ini itu kalahnya sama panas matahari. Di kondisi kayak gini saranku gausa peduli dulu sama cantik, soalnya kan standart cantik di Indonesia itu yang putih-putih gitu hahaa.. Pokoknya ikutin aja aturan pemerintah, kalau disuruh di rumah ya di rumah. Siapa sih yang mau gini terus, pengennya kan cepet hilang virusnya biar bisa kaya biasanya. Hmm.
Apalagi kalau lihat orang-orang yang egois gara-gara ada virus ini hmm, rasanya aku pengen pindah planet aja wkwk. Aku sering banget lihat di instagram banyak orang yang saking takutnya sama corona jadi ga sopan tuh sama orang yang lebih tua, kayak mau beli dari ojek food gitu ngasi uang ke ojeknya pake di lempar terus pake diketawain sambil di video Jaga jarak sih oke, tapi pake etika dong, anjir. Belakangan ini pemerintah mewajibkan masyarakatnya untuk dirumah aja ngga keluar-keluar kecuali lagi penting banget. Tapi pada nyatanya masih banyak banget orang yang nyepelein aturan pemerintah, pada keluar-keluar, jalan-jalan, nongki, kumpul-kumpul, hmm dasar masyarakat +62.
Dampak corona ini bener-bener ngefek di orang yang kerja kaya penjual gitu, apalagi orang yang biasanya jual di pinggiran sekolah gara-gara sekolahnya semua pada libur orang-orang yang jualan ini pada bingung, gimana cara cari makan buat kebutuhan keluarganya di rumah. Banyak banget orang yang udah tua yang masih jualan keliling, alih-alih cari rezeki tapi gaada pembeli. Dampak adanya corona juga dirasain sama orang yang ngemudi angkutan umum kayak tukang becak, dan masih banyak lagi. Yang seharusnya bisa kerja jadi nggak boleh kerja dan harus dirumah aja sama pemerintah. Bener deh rasanya kalau aku jadi milyader aku mau sumbang uang buat cegah corona ini, biar bumi ga panik gara-gara virus satu ini. Pengen semuanya itu baik-baik aja, hmm.
YOU ARE READING
Keping Cerita
Short StoryBerkarya bukanlah hal sederhana, karena dengan berkarya kita dianggap ada. Kali ini author bakal menampilkan kumpulan cerita pendek dengan berbagai macam tema dan tentunya tentang kehidupan sehari hari di panggung kehidupan ini. Kalau penasaran deng...