By far the strongest poison to the human spirit is the inability to forgive oneself or another person. Forgiveness is no longer an option but a necessity for healing. - Caroline Myss
Memaafkan tak semudah mengucapkan. Butuh hati yang benar-benar siap menerima semua nya dengan ikhlas. Tapi memaafkan adalah obat bagi hati yang sedang luka.
Berhenti menyalahkan diri sendiri, berhenti meyalahkan sumber yang membuat luka di hati, berhenti menempatkan diri untuk tidak terus dikasihani.
Tapi itu semua butuh waktu bukan? Tidak serta merta kau berucap semua bisa langsung membaik.Kau perlu tau, aku pun berpikir demikian, biar waktu yang hapus luka ku. Tetapi aku sadar, waktu hanya akan berlalu begitu saja dia tidak akan memberimu apa-apa, waktu akan terus mengalir seperti aliran darah dalam dirimu. Apa yang kau tunggu dari waktu? Berharap waktu menyembuhkan luka ? Tidak. Jika hanya menunggu dan tidak melakukan apapun. Maksudku, kau harus bisa menggunakan waktu mu dengan baik. Dan itu yang telah aku lakukan untuk memulihkan luka di hati ku.
Ada beberapa hal yang aku dapatkan ketika aku menggunakan waktu ku dengan baik. Aku sadar, selama ini luka itu ku ciptakan sendiri.
Mencintai tidak semudah yang di bayangkan. Aku menggunakan cara yang salah dalam mencintai, kau benar.
Aku mengikuti apa yang dia sukai, melakukan hobby yang sama dengan nya yang sebenarnya tidak begitu aku sukai, meniru idola yang dia sukai, hingga satu titik aku tersadar.
Aku hanya takut kehilangan dirinya, bukan diriku sendiri. Seseorang pernah berkata pada ku, " Definisi cinta menurutku adalah pelampiasan dari kata saling. Saling melengkapi, saling menghargai, dan yang lainya. Jika kata 'saling' sudah tidak ada, untuk apa kau bertahan ?" . Dia benar, aku sudah tidak menemukan kata saling lagi. Aku malah terkesan menyerupai orang yang ku cinta. Menjadi sama dengan nya agar selalu berada di dekatnya.
Aku tak ingin lagi melukai diriku sendiri dengan luka-luka yang ku ciptakan sendiri. Aku tidak ingin kehilangan diriku sendiri, mencintai itu tidak mudah. Kau harus bisa mencintai tanpa kehilangan dirimu sendiri.
****************
Sudah beberapa bulan berlalu, kenangan itu masih samar terlintas di benak ku. Aku tidak menampik, aku biarkan saja. Aku sedang menikmati fase pulih.
Hubungan itu seperi kaca, lebih baik membiarkan nya patah lalu mencari yang baru dibanding harus menyusunnya agar utuh kembali.
Ya, kau benar. Perpisahan bukan solusi yang baik, untuk hubungan yang masih bisa di perbaiki dan kedua nya mau saling memperjuangkan. Tetapi untuk hubungan sepertiku, hanya aku yang berjuang, hanya aku yang merasa hancur, perpisahan adalah jalah yang terbaik.
Meskipun perpisahan itu berat, dan selalu ada air mata yang menetes, tak apa dibanding aku harus bertahan membangun kembali dinding tapi kembali dihancurkan.
Tidak semua hal yang terus kau genggam akan selalu baik-baik saja. Dan tidak semua hal yang kau lepas akan menyakitkan. Ini awal yang baru, lembaran baru, hidup mu yang baru. Aku sempat marah pada Tuhan, mengapa aku harus menerima luka ini. Tapi ternyata Tuhan itu baik, merangkai cerita ku sehebat ini, menjadikan aku manusia yang lebih kuat dan lebih memaknai hidup.
There is something beautiful about all scars of whatever nature. A scar means the hurt is over, the wound is closed and healed, done with. - Harry Crewsa
******************
Hai, terima kasih sudah mau mendengarkan ku sejauh ini. Berkat mu, hati ku jauh lebih baik. Terima kasih sudah mau berteman dengan ku ♡
KAMU SEDANG MEMBACA
Sendiri (SELESAI)
RandomKau tidak akan pernah tau betapa sulitnya aku menjalani hari-hari yang pelik dan terasa sangat panjang. Menelusuri lorong-lorong waktu, berada di tengah canda tawa yang terus menghantui telinga ini Aku ada tapi hati ku tidak. Ya, aku tidak merasakan...