Carl Jung, psikiater asal Swiss mencetuskan teori bahwa kepribadian manusia terbagi menjadi 3 macam.
3 kepribadian tersebut yaitu introvert, ambivert dan ekstrovert.Teori Carl Jung ini sering digunakan belakangan ini. Banyak yang mengklaim bahwa dirinya adalah seorang introvert, ambivert ataupun ekstrovert.
Lalu apa itu introvert?
Bagaimana ciri-ciri nya?√ Definisi
Introvert adalah seseorang yang mengisi energi saat sendiri. Mereka lebih senang dengan ketenangan. Jika berada di keramaian, energi orang introvert akan cepat terkuras. Introvert akan kembali men-recharge energinya dengan ketenangan dan kesunyian.
Kepribadian introvert cenderung to the point saat berbicara dan suka akan pembicaraan yang mendalam.
Introvert sering salah diartikan sebagai orang yang pemalu dan menutup diri dari lingkungan luar.√ Ciri-ciri
Berikut ciri-ciri introvert, apakah kamu termasuk?
1) Menghindari komunikasi yang tidak perlu
Karena introvert lebih senang obrolan yang to the point dan mendalam, maka ia tidak akan terlalu tertarik dengan basa-basi.
2) Memilih kerja sendiri
Kepribadian ini akan lebih maksimal saat bekerja sendiri karena ia akan lebih fokus.
3) Kritis dan pemikir
Seorang introvert adalah tipe pemikir. Bisa jadi ia mendahului pemikiran orang-orang di sekitarnya. Namun karena sifatnya yang cenderung pendiam, sering kali ide-ide cemerlangnya terkubur begitu saja.
4) Memilih menulis dibandingkan berbicara
5) Sering melakukan self talking
Introspeksi adalah keahliannya. Ia akan berkali-kali berpikir sebelum melakukan sesuatu.
√ Kekurangan
1) Kesulitan mengungkapkan perasaan
Karena kepribadian nya yang lebih senang menulis, maka ketika face-to-face introvert akan lebih mudah gugup apalagi jika berbicara dengan orang yang ia sukai.
2) Dicap sombong dan ansos
Introvert lebih senang kesunyian. Maka ia seolah-olah menarik diri dari lingkungan sekitar. Ini akan menimbulkan pandangan negatif dari lingkungan luar, seperti mendapatkan title sombong, ansos dan nolep.
Padahal faktanya, introvert tidaklah begitu. Mereka hanya perlu waktu untuk me-recharge energinya dengan kesendirian setelah melakukan aktivitas sosial.
3) Lebih rentan terkena depresi
Pemikiran yang mendalam dan realistis jika terlalu berlebihan akan menimbulkan efek negatif, seperti munculnya gejala stress bahkan depresi.
√ Kelebihan
1) Pemikir handal
2) Pemerhati lingkungan sekitar
3) Memiliki kreativitas yang tinggi
4) Biasanya terfokus pada bakat dan minat
5) Simple dan tidak rumit
6) Mampu mengendalikan emosi dengan baik
7) subjektif
8) Mandiri
√ Pekerjaan yang cocok untuk introvert
Beberapa tokoh dunia seperti Albert Einstein, Bill Gates bahkan penulis novel internasional Harry Potter, JK Rowling memiliki kepribadian introvert. Karena sikapnya yang fokus, introvert sangat mungkin menjadi orang sukses.
Berikut pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert:
1) Penulis
2) Ilmuwan/peneliti
3) Desain grafis
4) Programmer
5) Akuntan
***
Bagaimana, apakah kamu termasuk kepribadian introvert?
Jika iya, apa yang membuat kamu yakin bahwa kamu seorang introvert?
KAMU SEDANG MEMBACA
RUANG PSIKOLOGI
HumorTips dan trik menerjemahkan bahasa non-verbal melalui gerak tubuh, gaya bicara, gaya chatingan, tulisan tangan dan gerakan bawah sadar lainnya. *Dikutip dari beberapa sumber.