51. Psikopat

16.4K 2.1K 70
                                    

Pasti kita semua sudah tidak asing lagi  dengan psikopat. Belakangan ini sosok psikopat sering ditampilkan dalam beberapa media, seperti film, novel dan komik. Dan menariknya, genre gore/thriller (yang mengandung unsur psikopat) mampu menarik perhatian khalayak umum.

Lalu apa sih psikopat itu?

Sebenarnya tidak ada definisi khusus tentang psikopat. Mengapa? Karena setiap peneliti akan memiliki definisi masing-masing yang beragam.

Hal ini kadang diperdebatkan dikalangan ilmiah mengingat definisi dan penyebab psikopat yang berbeda-beda menurut peneliti yang satu dengan yang lain.

Namun dapat disimpulkan bahwa psikopat adalah gangguan kepribadian dengan beberapa ciri, yaitu antisosial, manipulatif dan memiliki rasa empati yang rendah.

Penyebab

Seperti dikatakan sebelumnya, penyebab psikopat tidak bisa diidentifikasikan secara khusus. Namun gangguan ini di prediksi karena faktor genetik, traumatis, pelecehan masa kecil serta ketidakharmonisan dalam keluarga.

Awal kehidupan juga menjadi faktor yang menjadi penyebab seseorang menjadi psikopat. Pola asuh dengan kekerasan, penelantaran, orang tua pecandu alkohol dan pertengkaran orang tua akan menjadi traumatis yang dapat memicu seseorang menjadi psikopat.

Ciri-ciri

- Emosi dangkal
- Kurangnya rasa bersalah terhadap kesalahan yang diperbuat
- Menjadi impulsif
- Percaya diri yang berlebihan
- Sering berbohong
- Kontrol emosi yang buruk
- Charming (pada beberapa kasus)


****
Gimana nih ada yang punya gejala psikopat? 😅

RUANG PSIKOLOGITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang