Buronan Nomor Satu

137 10 0
                                    


Kapiten Van neilen tidak bisa menggebrak gebrak meja lagi.
dia terdiam,otaknya berpikir keras.
sementara Atmojo dan beberapa serdadu voc yang ada di hadapan dirinya cuna bisa terdiam.

"apa benar apa yang kamu orang katakan Atmojo?"

"benar kapiten,saya berani bersumpah"

kapiten Van neilen melangkah pergi,sementara Atmojo dan serdadu voc lainya saling berpandangan tidak mengerti apa yang harus dilakukan.

Suryo joyo terdiam,otaknya berfikir keras.
penjara ini sudah terasa menyesakkan bagi dirinya.
namun tawaran kapiten Van neilen benar benar membuatnya sangat tertarik.

"Suryo joyo,kamu orang bisa aku kasih bebas,tapi you harus tangkap itu maling hidup atau mati"

itulah yang kapiten Van neilen ucapkan kepada dirinya.

Suryo joyo adalah tokoh penggerak anti voc yang memiliki kesaktian yang cukup tinggi.
selama ini dia sangat terkenal sebagai orang yang paling benci atas penjajahan voc di daerahnya.

dia juga sadar dan tahu,dari cerita cerita yang beredar dikalangan para tahanan.
maling tersebut mencuri dan lalu membagikan hasil curiannya kepada masyarakat miskin.
tapi janji kebebasan yang kapiten Van neilen janjikan mengubah sikap dirinya.
demi kebebasan dari penjara,Suryo joyo akhirnya berbalik seratus delapan puluh derajat dari sikapnya yang sebelumnya.

dikenal sebagai orang yang getol melawan voc,kini Suryo joyo malah berpuhak kepada voc.

"baiklah,aku bersedia"

jawaban dari Suryo joyo ini cukup membahagiakan kapiten Van neilen.
dia sangat berharap dengan kesaktian Suryo joyo,maling yang membuat voc resah bisa di tangkap.

Suryo joyo sedikit banyak sudah mengantongi informasi mengenai maling yang telah meresahkan masyarakat.
tapi sebagai orang yang pernah menentang voc dia sangat paham.
bahwa yang dibuat resah itu voc dan golongan orang kaya,bukan masyarakat pada umumnya.

Suryo joyo dan bersama para serdadu voc mulai bergerak kesana kemari mencari orang orang yang mereka curigai.
keluar masuk kampung dan intimidasi mereka jalankan untuk menemukan keberadaan maling tersebut.

tiba tiba Suryo joyo melihat seserorang yang sedang mencuci mukanya di sungai.

"hey....paling dia pencari rumput"

ucap Atmojo,namun Suryo joyo tetap melangkah mendekati orang tersebut.

"kau siapa?"

tanpa permisi ataupun salam,Suryo joyo langsung bertanya pada orang tersebut.

dia tidak langsung menjawab,tapi melihat kearah Atmojo dan para serdadu voc lainya yang jumlahnya tidak begitu banyak.

"hey...apa kau tidak dengar ucapanku?"

Suryo joyo merasa kesal,karena dia seolah olah tidak memperhatikan dirinya.

"aku Supo,dan ada urusan apa kamu bersama para anjing anjing kompeni itu?"

"bangsat....,berarti kau juga menghinaku?"

"apa kau merasa terhina?"

"kau tidak tahu siapa aku?,aku adalah Suryo joyo"

"orang yang dulu berjuang menentang kompeni dan kini menjadi anjing kompeni"

"bangsat....kubunuh kau"

dengan cepat Suryo joyo langsungelepaskan pukula kearah Supo,
tapi dengan cepat Supo menghindari pukulan tersebut.

"kenapa kau menyerangku?"

"karena kau menghinaku"

"apa yang aku katakan salah?"

Suryo joyo kembali menyerang Supo,dan langsung melepaskan pukulan dan tendangan betulang kali.
merasa serangannya berhasil dipatahkan dengan mudah oleh lawannya,
Suryo joyo langsung mencabut goloknya.
tanpa kata kata kembali dia menyerang Supo dengan menggunakan goloknya.

Supo bergerak meliuk liukkan tubuhnya menghindari sabetan Suryo joyo.
namun permainan cepat golok Suryo joyo berhasil mengenai tubuh Supo.

"kau akan mati perlahan oleh sabetan golok ini"

namun Suryo joyo dibuat terperangah dengan apa yang dilihatnya.
cukup mengusap telapak tangannya pada luka tersebut,maka bekas luka sabetan
golok Suryo joyo langsung hilang.

"rawarontek"

Legenda rakyat maling cluring 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang