19

130 26 1
                                    

Semester genap, 2020/2021.

Pada semester 6 ini, mata kuliah yang disajikan semakin serius, and its all about research buat mendukung kegiatan skripsi kedepannya.

Ada gosip yang beredar di lingkungan Faperta, bahwa anak jurusan tanah biasanya butuh waktu lama dibanding anak jurusan lain buat lulus. Tapi kayaknya hal itu terbantahkan, buktinya hari ini Je akan melaksanakan seminar hasil penelitiannya (kolekium). 


Jam 9 pagi, Joy dan beberapa teman sekelasnya sudah masuk ruangan sidang di Gedung Tanah. Di dalam ruang sidang sudah ramai. Banyak banget anak berPDH cokelat tua (PDH jurusan Tanah).

Di Faperta kampus ini, semhas atau kolekium biasanya ada penyaji atau mahasiswa yang bersangkutan akan mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bahasa inggris, dibantu oleh moderator yang sesama mahasiswa. Sedangkan dosen pembimbing bakal ngerangkap jadi penguji juga. Untuk kompresi, baru ada dosen penguji.

"Kakk, masa yang sidang Je tapi yang degdegan akuu." Joy ngebisikin Seul. 

"Santai-santaii. Lab. Biologi Tanah dosennya pada enak-enak kokk. Ga separah aku di PSISDL." Seul menenangkan. Seul juga sama-sama jurusan Tanah tetapi dengan fokus ilmu Pedologi dan Sistem Informasi Sumberdaya Lahan. (Ini Lab yang membawahi mata kuliah STELA)

"Yeu, kemarin pas gua semhas lu gak degdegan." Wendy memukul lengan Joy pelan.

Joy terkekeh pelan, "Sosek mah selow, ga sengeri jurusan lain."


Huta, sebagai moderator membuka semhas. Setelah itu, Je memulai presentasinya.

"Good morning everyone. My name is Yook Sungjae and today i will present my research about The Effectiveness of Cyanobacterial Carriers on Rice Growth in Dry Soils, under Mrs. Cho guidance." kata Je, suaranya sedikit gugup. Ia berusaha tersenyum. 

Joy menyemangati Je dari bangku audience.

Setelah banyak sesi tanya jawab dari audience atau penguji, akhirnya Bu Cho menyudahi semhas. Beliau memberi selamat dan semangat untuk Je, agar segera bisa bertemu untuk kompresi. Anak-anak memberikan ucapan selamat dan hadiah. 

Sekeluarnya dari ruang sidang, mereka langsung  ngajak Je buat foto di depan monolit gedung tanah. (ini memang spot foto anak jurusan tanah)


"Eh peka bege, itu cewenya Je mau poto bareng. Kasian pada mo kelas." kata Seulgi, menghalangi anak kontrakan yang udah ambil posisi.

"Eh iyee woii. Gantian-gantian," ajak Changsub. Anak-anak kontrakan langsung memberi tempat buat Joy dan teman kelasnya.

"Seneng gua kalau pada peka, hehe. Makasii kakk." kata Yeri.

Yeri, Joy, Vi, Jungkook, dan Aiyu langsung ambil posisi buat foto. Abis itu gantian Joy yang foto berdua sama Je. 

"Selamat ya, Kak." kata Joy sembari ngasihin bucket bunga.

Je tersenyum lebar. "Makasih, yaaa. Abis ini lo yang semangat buat magang nihh." balas Je sambil mengusap kepala Joy.


Semester 6 di Faperta kampus ini memang belum bisa ngambil KRS skripsi karena masih dapet mata kuliah wajib dan SKS nya masih kurang. Selain itu, Faperta 2017 juga baru bisa ambil magang di liburan antara semester 6 dan semester 7.

Setelah dateng semhas Je, Joy dan kawan-kawannya segera ke A.3.3 buat matkul Metode Kuantitatif. 

Dosen kuliah metode kuantitatif kelas C cuti hamil. Kata Ibunya sih ada dosen pengganti, tapi udah 2 minggu gak ada dosen yang ngisi. Mau gamau, matkul yang ruwet ini cuma diajarin sama asisten praktikumnya aja. (Untuk matkul tentang metode penelitian, aspraknya dari Pascasarjana)

eunoia. - 쀼 versionTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang