Aku hampr lupa mau membahas tempat-tempat wisata yang menarik di NTT. Ternyata banyak sekali tempat wisata di Sumba yang menarik untuk dikunjungi.
Sebenarnya aku mau ambil satu lokasi yang focus dan bisa mencakup semua seting lokasi fiksiku. Yaitu Sumba Barat. Menurutku di daerah itu ada tempat untuk dilaksanakan Pasola dan Bau Nyale, termasuk pantainya yang indah. Sayangnya, aku belum menemukan lokasi padang savanna yang cocok untuk penggembalaan ternak kuda di Sumba Barat.
Dan kebanyakan padang savanna yang bagus-bagus dan di publish di internet itu memang destinasi wisata. Jadi aku memasukkan tempat wisata itu meski bukan di Sumba Barat. Tapi nggak apa-apalah, sebagai bayangan saja untuk setting tempat di cerita fiksiku. Menurutku, kondisi di sana memang banyak yang memiliki padang penggembalaan ternak.
Aku akan membahas tempat wisata yang menurutku cocok untuk lokasi fiksiku (yah, meski aku belum pernah ke sana, hehe).
1. Pantai Pahiwi
Pantai ini berada di Desa Wai Hura, kecamatan Wanukaka. Pantai ini menjadi pilihan pertama untuk dijadikan salah satu setting dalam ceritaku. Kenapa? Karena pantai Pahiwi menjadi tempat dilaksanakannya Bau Nyale, salah satu tradisi suku Sumba, dan di dekat pantai tersebut ada lapangan Pahola/Pasola untuk melaksanakan festival 1001 kuda.
Pantainya yang landai dengan daratan berbukit dan menjorok di kedua sisi serupa benteng yang melindungi pantai dari gempuran gelombang. Luasnya bibir pantai ini mungkin yang menjadikan pantai ini cocok dilaksanakan Pasola dan Bau Nyale. Bau Nyale ini tidak hanya dilaksanakan di Lombok dan Sumbawa ya, tapi juga di Sumba. Eh, tahu kan bedanya Sumba dan Sumbawa?
Jalanan menuju pantai ini sudah bagus, beraspal, sehingga pengunjung tidak kesulitan menuju ke pantai ini. Sama seperti kebanyakan tempat wisata pantai di Indonesia, lebih baik jika membawa kendaraan sendiri. Selain itu, di tempat ini belum ada penjual makanan dan minuman sehingga pengunjung disarankan membawa makanan dan minuman sendiri.
2. Savanna
Sumba terkenal dengan negeri seribu bukit saking banyaknya padang savanna yang membentuk bukit-bukit yang indah sekali. Beberapa savanna yang sangat memikat hatiku adalah savanna bukit Wairinding, bukit Tenau dan bukit Tanarara. Sebenarnya ada lagi satu padang savanna yang terkenal yaitu Puru Kambera.
KAMU SEDANG MEMBACA
Author's Suitcases
Nonfiksi"Fiksi dari hasil riset akan terasa nyata dan kuat." Maka, saya mengumpulkan hasil riset yang mendukung fiksi novel nanti ke dalam platform ini. Saya belajar menjalani riset ini dari program dari RAWS Batch 2. #AuthorNote : If you reading this stor...