"Eum....gak tau juga ham,kapan gue ada diantara mereka,tapi kalo bisa sih secepatnya. Ternyata Tari tradisional gak seburuk yang gue pikir. Apalagi kalo dikolaborasikan sama dance itu lebih menarik".
"Nahkan, gak semua yang terlihat buruk itu memang buruk, Al. Gue harap lo bisa secepatnya gabung sama mereka. Dan gue harap lo bisa rubah sikap lo yang egois,karena gak semu orang itu sama kayak lo Al.Hidup orang tu beda-beda,gak semua orang hidupnya berada kayak lo. Maaf yaa gue bilang gini sam lo,tapi gue cuma ngutarain apa yang gue liat aja Al".
"Al,lo boleh suka K-Pop atau apapun itu,itu hak lo.Tapi gue pesen sama lo,lo jangan benci sama budaya lo sendiri. Apalagi sampai bilang kalo Tari tradisional tu,kuno. Itu bukan kuno tapi itu ciri khas kita dan gue juga pesen sama lo,lo Jangan sampai lupa sama tuha n apalagi sampai ninggalin kewajiban ibadah lo".
Alena hanya terdiam mendengar apa yang Irham.Karena apa yang dikatakan Irham itu ada benarnya juga.
Alena berpikir ingin merubah sikap egoisnya itu.
" Eumm,,,iya ham gapapa,gue sekarang ngerti.Makasih lo,udah nasehatin gue.Tapi gue sebel aja,masih banyak orang yang suka hina K-Pop. Gue suka gaterima aja gitu".
"Iyaa biasalah sesuatu hal pasti ada pro dan kontra.Tapi itu bagaimana kita menyikapinya. Udah lo jangan dengerin apa kata mereka lo lakuin aja yang lo suka. Asal inget pesen gue,jangan benci budaya kita dan jangan sampai lo lupa sama Tuhan lo."
Mereka terus mengobrol sambil melihat acara-acara yang lain. Ternyata ngob RT ol sama orang kayak Irham tu,adem banget. Ngomongnya santai banyak nasehatinya.Bisa dibilang Irham pendengar dan teman yang baik. Irham membuat Alena banyak berubah,mulai dari sikap yang Sebelumnya egois,pemarah,mejadi Alena yang sedikit peyabar dan mulai bisa memahami oranglain. Tak terasa Setelah seharian acara berlangsung,akhirnya mereka sudah selesai dengan acaraitu. Dan sekarang mereka sedang mengadakan rapat penutupan.
"Oke,semua acara sudah selesai dan saya sangat apresiasi dengan semua tampilan kalian.Semuanya bagus dan terimakasih atas kerjasamanya sehingga acara ini sukses".Ucap Irham
"Iya Ka, ini semua berkat kerjasama dan kerjakeras kita selama ini.Gak nyangka banget tadi acara kolabnya bisa sesukses itu. Pokonya nanti kita harus kolab lagi dan harus lebih bagus dari yang tadi".
"Iya kar,gue setuju.Ternyata dance campur Tari tradisional asik juga ya.Gue juga setuju kalo kita kolab lagi".ucap Desi.
"Kalian bener banget. Apalagi kalo Alena ikut juga.Gimna kalo menurut lo, Al? Serukan tadi? Seharusnya tadi lo ada disana,pokonya nanti lo harus coba.Tapi kayaknya gak mungkin deh,kan lo gak suka tari yakan?".
"Lo salah Anggel,setelah tadi liat kalian tampil dan gue pikir pikir lagi.Gue mulai tertarik.Insyaallah nanti gue coba.Ternyata tari tradisional gak seburuk yang gue kira.
Semua orang yang ada diruangan itu,tercengang tak percaya dengan apa yang diucapkan Alena.Setelah itu,Alena dihujani banyak pertanyaan dari orang-orang yang ada diruangan itu.Dan membuat Irham juga bertanya-tanya dalam hatinya.
" ini gue gak salah dengerkan?Gue gak nyangka ternyata dengan kata kata gue tadi Alena bakal luluh dan sekarang dia mau gabung?Alhamdulillah,gue seneng banget".
"Lo kesambet apa gimna,Al?".
"Gue gak salah dengarkan Al?".
"Kenapa bisa secepat itu lo berubah pikiran?".
" Lo apain nih anak ham?Cepet banget rubahnya".
Irham dan Alena hanya diam saling bertatapan.
"Itu bukan karena gue,tapi karena kemauan dia berubah.Udah jangan banyak tanya dulu,kasian tuh Alena bingung sama pertanyaan kalian.Bukannya bagus ya kalo Alena berubah pikiran,gue 100% dukung Alena"."Makasih,ham.Iya kalian gak salah dengar.Gue bakal gabung sama kalian dan kalian harus ajarin gue Tari tradisional,okey".
" Asiiik,jadi tambah seru dong kita,tambah member juga.Gue ngebayangin kalo lo nari tradisional gimana ya?".
"Yehh,lu mah malah ngeledekin,kar".
"Engga ko.Gue bakalan dengan senang hati bakal ajarin lo Tari tradisional,ya gak nggel?".
"Iya dong,itu mah pasti.Dan kalian juga harus ajarin kita dance jadi kita barter gtuloh".
"Okey siap,tenang aja.Gue sama Alena pasti ajarin kalian juga.Oh iya Al,gue minta maaf ya soal kemarin, gue tau gue salah kemarin.Maafin gue yaa".
" Santai aja Des,kemarin itu guenya aja lagi sensi.Maafin gue juga yaa.Seneng deh bisa baikan lagi".
Desi dan Alena pun berpelukan layaknya sahabat yang sudah berpisah sejak lama.Suasana berubah jadi terharu." Udah nanti lagi yaa pelukannya nanti lagi ngobrolnya.Oke,buat semua sekali lagi gue berterimakasih kekalian udah ngejalanin tugas dengan baik.Sebaiknya sekarang kita tutup rapat ini. Berdoa menurut kepercayaan masing-masing,berdoamulai".
Semua menundukkan kepala dan berdoa.
"Berdoa selesai,Assalamualaikum wr.wb.Sekian acara hari ini.Dan sekarang kalian boleh bubar.Makasih.Sukses terus ya guys".
"Waalaikumsalam wr.wb.".
Mereka pun membubarkan diri.Tak terkecuali Alna dan Irham.
"Al,lo pulang dijemput apa gimana?".
Irham bertanya pada Alena yang sedang duduk.Tapi Alena bingung dan hanya terdiam.Bingung harus bagaimana." Ayolah Al,udah mau malem jugakan.Angkot kalo jam segini suka susah.Kalo lo nungguin disini emang lo berani?Udah bareng gue aja Al,yuu".
Alena berpikir dan berkata dalam hatinya.Ia juga yaa,kalo gue nunggu disini emang gue berani? Angkot juga gak nongol-nongol lagii.Gimana yaa?.
"Yaudahlah ayo,ham.Kebetulan gue gak ada yang jemput dan bener kata lo jam segini Angkot susah.Jadi gue bareng Sama lo aja.Tapi gak ngerepotin lo Kan ya?".
" Nah gitu dong.Lagian lo gak ngerepotin ko malahan gue seneng bisa nganter lo pulang".
Setelah sepakat,mereka menuju parkiran untuk mengambil motor Irham.Selama perjalanan Alena dan Irham tak hentinya mengobrol.Alena merasa nyaman berada didekat Irham,begitupun Irham.Tanpa mereka sadari mereka sudah saling nyaman.Tak terasa mereka sampai dirumahnya Alena.
"Udah nyampe,Al".
"Makasihya,ham.Untuk semuanya,berkat lo gue banyak berubah menjadi lebih baik.Makasih udah buat gue sadar kalo mencintai budaya sendiri itu penting."
"Udah jangan makasih mulu,jadi gak enak gue.Yaudah kalo gitu gue pulang yaa.Bye".
Alena melambaikan tangan melihat Irham yang semakin menjauh dari rumahnya.Setelah itu Alena masuk kerumahnya dan disambut dengan beribu pertanyaan yang dilontarkan mamanya.
"Assalamualaikum,maa".
"Ka,tadi itu Siapa?pacar kamu?kenapa gak diajak masuk dulu,Mama mau kenalan dong,dia ganteng gak,dia kakak kelas kamu apagimana? jawab Mama dong,Al.Mama penasaran banget nih".
"Astagfirullah maa,mama jawab dulu dong salamnya baru nanya.Lagian dia
bukan siapa-siapa ma,dia cuma temen biasa,aja"."Waalaikumsalam.Aduh maafin mama sayang sampai lupa jawab salam kamu.Tapi kalo kamu adaapa-apa juga gapapa ko.Malahan Mama seneng ada juga cowo yang bisa luluhin hati kamu.Selama ini belum ada laki-laki yang berani dateng kerumah
nganterin kamu kaya tadi"."Udah yaa ma,jangan dibahas lagi Al mau kekamar dulu cape".
Setelah sampai dikamar Alena,duduk ditepi kasurnya dan memikirkan sesuatu.
"Jujur gue nyaman deket Irham dia bisa meredam gue,semenjak gue deket sama dia gue merasa gue lebihbaik.Dia udah banyak ngasih tau gue kalo budaya Indonesia tuh gak kalah sama budaya luar,Malahan Indonesia lebihbaik.Dan Irham udah buat gue lebih deket sama agama.Intinya dia udah banyak ajarin gue.Gue nyaman sama dia.Dia gimna ya?" pikir Alena
***
Bersambung...
Karya: Wahyuni
KAMU SEDANG MEMBACA
Moeslim K-Pop [END]
Short StoryDimana budaya Indonesia yang sangat beragam nyaris hilang dengan munculnya budaya luar k-pop. Idola semua orang hingga mereka fanatik. Alena cewek yang sangat cuek tidak pernah peduli dengan lingkungan dan hanya menyibukkan diri dirumah, ketika meng...