"Siapa?" Tanyaku dan Ron bersamaan.
"Dia ada di persidanganku, dia bekerja untuk Fudge!" Kata Harry menjelaskan.
"Kardigan yang bagus," Ujar Ron sambil terkekeh.
"Dia bekerja untuk Fudge!" Hermione mengulangi sambil merengut. "Kalau begitu, sedang apa dia di sini?"
"Tak tahu ...."
Hermione mengamati meja guru, matanya menyipit, aku juga menirunya, sedetik kemudian aku dan Hermione saling berpandangan. "Tidak," Gumamnya, "Tidak, pasti bukan ...."
Perhatianku teralihkan oleh Profesor Grubbly-Plank yang baru saja muncul di belakang meja guru; dia berjalan ke paling ujung dan menduduki tempat yang seharusnya milik Hagrid. Itu berarti kelas satu pastilah telah menyeberangi danau dan mencapai kastil, dan benar juga, beberapa detik kemudian, pintu-pintu dari Aula Depan membuka. Sebuah barisan panjang anak-anak kelas satu yang tampak ketakutan masuk, dipimpin oleh Profesor McGonagall, yang sedang membawa sebuah bangku yang di atasnya terdapat sebuah topi penyihir tua, penuh tambahan dan dihiasi dengan sebuah sobekan luas dekat pinggir topi yang berjumbai. Dengung pembicaraan di Aula Besar menghilang. Kelas satu berbaris di depan meja guru menghadap ke murid-murid yang lain, dan Profesor McGonagall menempatkan bangku itu dengan hati-hati di depan mereka, lalu berdiri di belakang. Wajah-wajah para murid kelas satu berkilau pucat dalam cahaya lilin. Seorang anak lelaki kecil di tengah barisan tampak seperti gemetaran. Topi seleksi mulai bernyanyi, dan beberapa menit kemudian dia berhenti, dihadiahi oleh tepukan tangan anak-anak.
Profesor McGonagall, yang sedang menunggu untuk membacakan daftar nama-nama kelas satu, memberikan murid-murid yang sedang berbisik-bisik pandangan tajam. Nick Kepala-Nyaris-Putus menempatkan jari tembus pandang ke bibirnya dan duduk tegak lagi sementara gumaman-gumaman mendadak terhenti. Dengan pandangan merengut terakhir kali yang menyapu keempat meja asrama, Profesor McGonagall menurunkan matanya ke potongan perkamen panjang dan memanggil nama pertama. "Abercrombie, Euan."
Anak lelaki yang tampak ketakutan yang telah diperhatikanku di awal tadi tersandung ke depan dan meletakkan Topi ke kepalanya; topi tidak jatuh terus ke barunya hanya karena dihalangi oleh telinganya yang menonjol. Topi itu mempertimbangkan selama beberapa saat, lalu sobekan dekat pinggir membuka lagi dan berteriak; "Gryffindor!"
Aku bertepuk tangan dengan keras bersama para penghuni asrama Gryffindor yang lainnya ketika Euan Abercrombie terhuyung-huyung ke meja kami dan duduk, tampak seakan-akan dia sangat ingin tenggelam melalui lantai dan tidak pernah dilihatin lagi. Pelan-pelan, barisan panjang kelas satu itu memendek. Dalam jeda antara nama-nama dan keputusan Topi Seleksi, aku bisa mendengar perut Ron berbunyi keras. Akhirnya, Rose Zeller diseleksi ke dalam Hufflepuff, dan Profesor McGonagall memungut Topi dan bangku dan membawanya pergi sementara Profesor Dumbledore bangkit berdiri.
"Kepada para pendatang baru kita," Kata Profesor Dumbledore dengan suara menggelegar, lengannya terentang lebar dan senyum ada di bibirnya, "Selamat datang kepada orang-orang lama, selamat datang kembali! Ada waktu untuk berpidato, tapi ini bukan saatnya. Mari makan!"
Ada tawa penghargaan dan pecahnya tepuk tangan ketika Profesor Dumbledore duduk dan melemparkan jenggot panjangnya melalui bahunya untuk menjauhkannya dari piringnya, karena makanan telah muncul entah dari mana, sehingga kelima meja panjang berkeriut menahan daging dan pai dan hidangan sayuran, roti dan saus dan teko-teko jus labu.
"Bagus sekali," Kata Ron, dengan semacam erangan ingin, dan dia menyambar piring daging cincang terdekat dan mulai menumpukkan daging ke piringnya, diamati dengan sedih dan pengharapan oleh Nick si Kepala-Nyaris-Putus.
Ketika semua murid telah selesai makan dan tingkat kebisingan di Aula mulai meningkat lagi, Profesor Dumbledore bangkit berdiri sekali lagi. Pembicaraan segera berhenti ketika semuanya berpaling untuk menghadapi si Kepala Sekolah. Aku merasakan kantuk yang menyenangkan sekarang. Tempat tidur yang bertiang empat sedang menanti di suatu tempat di atas, sangat hangat dan empuk ... tapi aku dan Ron harus mengurusi anak kelas satu terlebih dahulu. Huft.
KAMU SEDANG MEMBACA
Cassandra Aldrich [✓]
Fanfic[Harry Potter Fanfiction] Tahun-tahun Cassandra Aldrich saat di Hogwarts bersama dengan ketiga sahabatnya; Harry Potter, Ronald Weasley dan Hermione Granger. Tawanan Azkaban: ✓ Piala Api: ✓ Orde Phoenix: ✓ Pangeran Berdarah Campuran: ✓