Perbedaan Sinopsis, Blurb, dan Resensi:
Sinopsis adalah ringkasan cerita sebuah novel. Sinopsis itu ibarat pemendekan sebuah novel, tanpa mengesampingkan unsur-unsur intrinsik dalam novel dan tetap memperhatikan keindahan kalimat penulisannya. Sinopsis itu menceritakan cerita secara lengkap. Awal cerita, konflik cerita, peyelesaian konflik. Sinopsis juga menjelaskan secara lengkap siapa tokohnya, karakter tokoh, setting.
Blurb adalah deskripsi promosional yang ada di sampul belakang buku. Isinya tentu saja potongan cerita isi buku, tanpa menceritakan ending cerita. Tren blurb jaman dulu, terlalu banyak mengungkapkan spoiler cerita. Namun sekarang, benar-benar disembunyikan, hanya dibahas sedikit, lalu ditulis dengan sangat cantik untuk menarik konsumen.
Resensi adalah tulisan jurnalistik yang tujuannya mendeskripsikan dan memberi pertimbangan pada pembaca mengenai buku yang baru saja dibaca. Jadi, resensi ini sangat subjektif sekali. Menurut penulis rensensi, buku A bagus. Tapi, bisa jadi menurut pembaca lain buku A jelek. Sederhananya, resensi dapat dianggap sebuah perpaduan antara ringkasan cerita, penilaian, pembahasan, dan kritik terhadap buku.
Ketika sedang hunting buku di sebuah toko buku atau toko buku online kan sekarang jaman jamannya serba online tuh, apa sih yang teman-teman lihat?
Cover? Pengarang? Penerbit? Harga? Atau tulisan yang berada dalam back cover buku tersebut?
Sepertinya semua poin di atas memang penting dalam mempertimbangkan membeli sebuah buku yaa ….
Apa itu blurb?
Blurb adalah penjelasan singkat mengenai isi buku yang terletak di back cover buku. Tujuannya adalah untuk menarik minat pembaca dalam menentukan keputusan membeli. Karena itulah blurb harus dibuat semenarik mungkin, karena blurb merupakan deskripsi promosional suatu buku.
Blurb sangat penting bagi seorang calon pembaca, terutama saya. Ketika ingin membaca sebuah buku dan ternyata dalam buku tersebut banyak sekali buku yang sejenis. Maka blurb menjadi pertimbangan utama saya dalam memilih. Setelah membaca blurb, dalam hitungan menit saya bisa langsung memutuskan buku mana yang akan saya pilih.
Dalam penelitian, hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk membuat calon pembaca memtuskan membeli sebuah buku. beberapa detik tersebut biasanya didorong oleh sebuah cover (front cover dan back cover) serta judul yang menarik.
Sementara sinopsis, sinopsis adalah ringkasan cerita sebuah novel. Sinopsis itu ibarat pemendekan sebuah novel, tanpa mengesampingkan unsur-unsur intrinsik dalam novel dan tetap memperhatikan keindahan kalimat penulisannya. Sinopsis itu menceritakan cerita secara lengkap. Awal cerita, konflik, dan peyelesaian konflik. Sinopsis juga menjelaskan secara lengkap siapa tokohnya, karakter tokoh, dan setting.
Biasanya sinopsis dibuat oleh penulis ketika ingin menyerahkan naskahnya kepada penerbit. Selain itu, sinopsis juga sering dibuat oleh para pembaca buku yang sudah menamatkan buku yang mereka baca. Hal ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada orang lain, mengenai buku yang mereka baca.
Seperti apa yang sudah disinggung dalam penjelasan sebelumnya, sinopsis dan blurb merupakan dua hal yang berbeda. Lebih mudahnya, blurb merupakan penjelasan singkat tentang isi buku, biasanya diletakkan pada cover belakang dan panjangnya hanya dua sampai tiga paragraf saja atau tergantung keperluan. Blurb bertujuan untuk memperkenalkan buku sekaligus sebagai alat daya tarik supaya calon pembaca mau membeli buku kita.
Dari situlah, blurb seharusnya dibuat semenarik dan seefektif mungkin. Biasanya pada penerbitan mayor, membuat blurb menjadi bagian dari pekerjaan tim redaksi. Akan tetapi, kalau penulis ingin berkreasi atau mungkin menerbitkan bukunya secara mandiri (self publishing), tak ada salahnya berlatih menulis blurb. Berikut merupakan cara membuat blurb novel yang bisa kalian terapkan.
Blurb novel mariposa karya Luluk H. F
Untuk mencintai kamu, aku hanya butuh waktu satu detik. Sedangkan untuk mendapatkan hati kamu? aku butuh berapa juta detik?
Ya, itulah sepenggal kalimat yang menggambarkan bagaimana perjuangan seorang Natasha Kay Loovy atau Acha untuk mendapatkan hati seorang Iqbal Guana Fredy. Novel ini bukan berkisah tentang bad boy yang bertemu good girl, bukan pula tentang bad boy yang bertemu dengan bad girl. Ini adalah kisah tentang prasasti hidup yang bertemu landak betina.Contoh sinopsis mariposa
Ini kisah tentang Acha, memiliki nama panjang Natasha Kay Loovi. Gadis ajaib berparas cantik seperti bidadari. Ini juga kisah tentang Iqbal. Jangan tanya nama panjangnya siapa, nanti kalian jatuh cinta. Pria berhati dingin dengan hidup monotonnya.
Bercerita tentang perjuangan Acha untuk mendapatkan cinta seorang Iqbal. Acha tak pernah gentar meruntuhkan dingin dan kokohnya tembok pertahanan hati Iqbal yang belum pernah disinggahi perempuan mana pun.
Sikap dingin dan penolakan Iqbal berkali-kali tak membuat Acha menyerah. Bagi Acha, selama Iqbal masih berwujud manusia, selama Iqbal tidak berubah menjadi sapi terbang, Acha akan terus berjuang.
Siapkan hati yang mandiri untuk membaca cerita ini. Hati-hati jantung Anda, mohon selalu dijaga. Serangan baper akan terus menyerang tanpa henti
Sturuktur resensi
1. Identitas dalam resensi mencakup judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku. Bagian ini mungkin saja tidak dinyatakan secara langsung, seperti yang tampak pada teks ulasan film dan lagu.
2. Orientasi. Bagian ini biasanya terletak di paragraf pertama, yakni penjelasan tentang kelebihan buku seperti penghargaan yang pernah didapatkan oleh buku yang diresensi.
3. Sinopsis, berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap isi novel.
4. Analisis, berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.
5. Evaluasi, berupa paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya.
Judul : Mariposa
Penulis : Luluk Hidayatul Fajriyah
Jumlah hal : 482
Penerbit : Coconut Books
Tahun Terbit : 2018Sinopsis:
Novel mariposa ini mengisahkan tentang seseorang perempuan yang bernama Natasha Kay Loovi, biasanya di panggil dengan nama panggilan disebut Acha. Acha tersebut sedang berusaha mendekati seorang pria yang bernama Iqbal, iqbal adalah seorang pemuda yang ganteng dan selalu mengisi relung di hatinya. Mereka yaitu acha dan iqbal yang bersekolah di SMA.
Acha memperjuangkan iqbal sangat sulit karena iqbal adalah sesosok pemuda yang tipenya sangat aneh, iqbal tampak tidak bergemiring didekati perempuan secantik acha.
Acha sendiri yang sedang memperjuangkan iqbal dan tak pernah mundur ia terus mencoba memperjuangkan cintanya demi mendapatkan iqbal dan cintanya iqbal. Hingga sampai Acha pun didekati oleh seorang pria yang bernama juna hati Acha tidak tertarik pada juna tetapi hati Acha tetap memilih iqbal, dan ingin terus berjuang demi cintanya.
Kelemahan buku : pembaca kurang mendapatkan informasi mengenai Tokoh-tokoh di buku novel ini. Konflik bukunya lebih menonjol dibandingkan dengan karakter tokoh dalam buku novel ini.
Keunggulan buku: Enak saat dibaca, sederhana, gaya bahasa mudah dipahami.