Cara Membuat Pantun
Pantun adalah salah satu karya sastra jenis puisi lama yang terdiri dari 4 baris yang biasanya bersajak a-b-a-b.
Terus apa bedanya sama puisi biasa?
Nah bedanya di sajaknya ya..
Dalam pantun wajib pakai sajak a-b-a-b, sebenarnya ada bedanya yang lain tapi, itu salah satunya.
🌸 Cara Membuat Pantun 🌸
1. Mengenal Syarat-syarat dalam membuat Pantun
🏵 Dalam satu bait terdiri dari empat baris
🏵 Dua baris pertama berupa sampiran
🏵 Dua beris terakhir berupa isi
🏵 Jumlah suku kata tiap baris antara 8-12 suku kata
🏵 Bersajak a-b-a-b
2. Menentukan Tema
Nah, sama seperti karya sastra yang lainnya, Pantun juga harus memiliki tema. Tujuannya apa? Tujuannya agar pantun yang kita buat punya tujuan yang jelas untuk apa dan untuk siapa.
3. Menulis isi
Setelah sudah punya satu tema yang menurut kamu mudah, sekarang coba kamu buat isinya terlebih dahulu. Isi letaknya dimana? Balik lagi ke syarat-syaratnya tadi, yaitu terletak pada dua baris terakhir atau bari ke-3 dan ke-4.
Contoh :
🏵
🏵
🏵Jagalah kebersihan lingkungan
🏵Agar hidup selalu sehatJadi baris pertama sama kedua dikosongin dulu ya.
4. Menulis Sampiran
Langkah terakhir dalam membuat pantun yaitu memikirkan dan menulis sampirannya. Cara untuk membuat sampiran cukup mudah kok, pertama, lihat akhiran setiap baris isi pantun yang sudah kamu buat.
Bunyi akhir baris ketiga adalah “an” dan baris keempat “at”. Selanjutnya, carilah kata-kata yang bunyi akhirnya sama dengan akhir bunyi baris ketiga dan keempat tersebut!.
Kita ambil contoh kata yang bunyi akhirnya “an” adalah *hewan* dan kata yang bunyi akhirnya “at” adalah *Rahmat* .
Lalu, buatlah kata-kata tersebut menjadi kalimat, yaitu untuk mengisi baris pertama dan kedua.
🏵Jalan-jalan ke pasar hewan
🏵Jangan lupa mengajak Rahmat
🏵
🏵Lalu, selanjutnya apa?
Selanjutnya, gabungkan baris sampiran yang kita buat tersebut, dengan baris isi yang ada dinomor 3 tadi.
Tinggal satuin kok ke tempat yang tepat.
Periksa dulu suku kata dari pantun yang kita buat di atas.
Suku kata adalah jumlah gabungan 1 atau lebih huruf konsonan dan 1 huruf vokal (atau hanya 1 huruf vokal saja) yang terucap saat sebuah kata diucapkan.
Misalnya :
Aku terdiri dari suku kata A dan ku.
Kamu : Ka dan mu
Kita : Ki dan ta
Mereka : Me-re-ka🏵Ja-lan ja-lan ke pa-sar he-wan (ada 9 suku kata)
🏵Ja-ngan lu-pa me-nga-jak Rah-mat (ada 9 suku kata)
🏵Ja-ga-lah ke-ber-si-han ling-kung-an (ada 9 suku kata)
🏵A-gar hi-dup se-la-lu se-hat (ada 9 suku kata)