BAGIAN DELAPANBELAS

313 73 23
                                    

"Memang di situlah bedanya. Kalau di sekolah, dapat pelajaran dulu, baru kau diuji. Kalau di kehidupan, dapat ujian dulu, baru dapat pelajaran."

- Pidi Baiq


CANTIK - BAGIAN DELAPANBELAS : MALAM TAHUN BARU






Memasuki malam pergantian tahun, banyak orang mencari cara untuk berkumpul dengan orang-orang terdekatnya. Karena kebetulan anak-anak sekolahan sedang libur, orang-orang yang bekerja pun rata-rata mengambil cuti. Begitu pula dengan Riu, yang malam itu berkumpul dengan keluarga dan sepupunya yang berkunjung ke rumah.

"Jadi gimana? Kamu beneran lanjut terus sama si Dani?" tanya Daffa, sepupu Riu yang satu tahun lebih tua darinya.

Riu nyengir. "Maunya sih, gitu, hehe,"

"Yang namanya jodoh kan nggak ada yang tahu. Yang udah nikah aja bisa cerai, apalagi yang baru pacaran," sepupu Riu yang lain, Teh Thea, menimpali. Bikin gadis itu mencebikkan bibir.

"Ngomongnya jangan gitu dong, Teh. Aturan mah doain biar Riu sama A Dani langgeng teruuus!"

Bapak geleng-geleng kepala dengar kata-kata puteri sematawayangnya. Sembari mengipas sate, Bapak menimpali. "Aneh ya, Daf? Anak orang lain mah umur segini lagi mikirin sekolah sama kuliah. Ini mah malah mikirin jodoooh terus! Emang Bapak udah restuin kamu sama Dani, gitu?"

"Dih, jadi selama ini Bapak nggak restu gitu?"

"Bapak belum bilang,"

"Ibu juga belum!" Ibu tahu-tahu ikut menyahut dari dalam rumah, bikin Riu memutar bola mata.

"Apa, sih. Kok jadi bahas A Dani,"

Teh Thea dan Daffa jadi tertawa melihat wajah kesal Riu. "Mana atuh Dani, emang nggak pulang?"

"Nggak sekarang," Riu menggeleng. "Katanya minggu depan, minggu ini masih UAS,"

"Ah nggak jelas anak kuliah mah liburnya. Orang-orang udah libur ini masih UAS," komentar Daffa.

"Itu anak kuliahan yang beneran! Gak kayak kamu cabut terus!" Teh Thea memukul kepala Daffa pelan.

"Riu masuk dulu ya," entah kenapa, pembahasan soal 'Dani' dan 'jodoh' seakan menjadi kata kunci yang bikin mood Riu jadi melempem. Sebab akhir-akhir ini, ia sedang overthinking perihal masa depan.

Beberapa hari yang lalu ia tidak sengaja baca thread di twitter, tentang seorang cewek yang sedang struggle banget menjalani LDR dengan cowoknya. Padahal, hubungan mereka sudah berjalan lima tahun. Akhirnya putus juga karena si cowok kepincut sama cewek lain.

Akhir-akhir ini juga Dani sedang susah dihubungi. Katanya, sih, sibuk mau UAS. Yah, Riu mencoba maklum. Sebab mau marah terus juga capek, percuma katanya.

Sembari merebahkan diri di atas ranjang, Riu membuka akun instagramnya. Kebiasaan ketika sedang bosan. Kegiatannya tidak jauh-jauh dari melihat-lihat postingan atau story orang-orang. Kalau sedang ada mood, biasanya Riu suka meninggalkan komentar atau reply di postingan dan story orang-orang.

CANTIK (Hyunsuk x Ryujin)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang