#15. rahasia & rasa (2/2)

602 146 5
                                    

Setelah isaknya sedikit mereda, Nindya menarik nafasnya lalu menghembuskannya perlahan —bermaksud membuat dirinya sedikit lebih tenang.

Angga sedetik pun tidak mengalihkan pandangannya pada gadis di depannya, ia juga tidak melepas genggaman pada jemari sang gadis —kecuali untuk menghapus airmata Nindya yang terus mengalir.

"Akhirnya gua sendirian lagi tapi gua berhasil bertahan. Tahun 2015 —tuhan berbaik hati ke gua— gua akhirnya diadopsi sama mama. Gua masih inget banget, itu momen paling bersejarah di hidup gua karena akhirnya gua ngerasain lagi apa yang namanya keluarga. Gua juga bahagia karena akhirnya bisa lepas dari panti.

Ulang tahun gua ke-13, gua kembali dapet kado terindah dari tuhan. Gua masih inget banget, pertama kalinya ibu panti nganterin gua ke rumah lama mama, mama sama papa nyambut gua di depan rumah dan meluk gua, gua dipanggil 'little princess'.

Setelah mereka tau gua ulang tahun hari itu, mereka ngadain pesta buat gua. Keluarga besar mama papa nyambut gua dengan hangat, mereka ngasih gua banyak kado, ucapan, doa. Disitu gua bener-bener speechless, nangis —kayak nggak nyangka aja gitu, secepet itu kehidupan gua berbalik. Akhirnya gua bisa ngerasain apa yang namanya ulang tahun dirayain, dapet kado —itu benar-benar diluar ekspetasi gua, karena selama ini wish gua pas ultah itu gua cuma berharap tuhan ngasih gua kebahagiaan." kali ini Nindya tersenyum hangat ditengah airmatanya yang mengalir deras. Walau dengan mata yang memerah tapi binar kebahagiaan itu tetap jelas terpancar.

"Ketiga, kadang gua suka nanya sama tuhan —selama hidup ini gua tuh punya kesalahan besar apa sih? Apa gua udah ngelakuin dosa besar sampai gua dihukum buat hidup nggak bahagia?

Gua udah berusaha jadi anak baik, gua lebih milih diem dan nggak ngebales kalau gua dibully, gua selalu nurut sama orang yang ngasuh gua, gua selalu doain ayah ibu, gua berusaha ngejalanin wasiat ibu semampu gua, gua berusaha nggak males belajar, gua berusaha nggak bandel, nggak main mulu —tapi kenapa? Kenapa kebahagiaan gua selalu diambil gitu aja?

2016 akhir, gua masuk kelas dua SMP. Waktu itu gua lagi senengnya belajar kelompok, dan sore itu —jam setengah tiga lewat lima menit, gua baru aja pulang dari rumah temen gua dan gua kaget dirumah udah rame. Banyak orang. Banyak orang-orang perusahaan, polisi, dan wartawan.

Gua nggak mau mikir aneh-aneh, tapi kaki gua keburu lemes. Jadi gua cuma nontonin apa yang terjadi di depan gerbang. Papa yang ditangkep karena terduga korupsi, mama yang nangis sambil mohon-mohon, dan rumah kami yang disita dengan banyak police line.

Banyak wartawan yang ngeliput papa dan mama, blitz kamera dimana-mana, sampai akhirnya papa ada di depan gua —beliau nangis dan minta maaf ke gua. Dan beliau nggak bisa ngomong banyak karena polisi keburu narik beliau. Lalu mama meluk gua, kami berdua banyak difoto dan diwawancarai oleh wartawan. Ini juga yang ngebuat gua trauma sama keramaian.

Hidup gua kembali hancur. Setahun kebelakang yang penuh sama bahagia seolah hilang gitu aja. Rumah kami disita, nggak banyak barang yang kami bawa. Karena nggak cukup uang buat tinggal di apartement, mama akhirnya mutusin buat tinggal di kos-kosan sempit.

Mama juga kehilangan pekerjaannya, dan temen-temen gua disekolah tau gua anak koruptor, mereka ngehina gua abis-abisan. Mama akhirnya kerja cuma jadi kasir di supermarket," Nindya menyeka airmatanya, ia menghela nafas sejenak.

"Kami disitu bener-bener ngerasain krisis ekonomi, SPP sekolah yang terus nunggak, buat bayar kebutuhan rumah pun kadang mama suka ngutang atau nunggak. Tapi, syukurnya, kakek —atau orangtua mama— tahu keadaan kita yang lagi susah. Beliau minta maaf nggak nyari kami lebih awal dan nggak ngebantu kita. Akhirnya kakek nyuruh kita ke Jakarta dan Mama dipercayain buat megang salah satu cabang disana.

extraordinary youTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang