8. Rumah Al Jabbar

1 1 0
                                    

Apa kabar anak hebat dan mandiri! Alhamdulillah baik saja kan? Baiklah, kalian sudah penasaran kan, kelanjutan kisah ini? Pada episode sebelumnya diceritakan bahwa meskipun Hasna kesal, namun dia berusaha melupakan masalahnya. Dia tahu memelihara rasa kesal itu tidak baik. Seharian bisa tidak enak kalau kesal terus, bawaanya emosi dan terlalu mengandalkan perasaan, padahal sekarang dia sedang menjalankan satu misi yang penting.

Tiba-tiba Sansan berhenti berjalan. Dia bertanya pada Kak Husna, "O iya Kak Husna, tadi petunjuk Burung Merpati mengatakan bahwa rumah Tuan Khawarizmi Al Jabbar ada di sebuah desa. Desa itu jaraknya 200 meter dari sini. Di tepi jalan ini setiap 20 meter ditumbuhi bunga kerucut. Jadi untuk mencapai jarak 200 meter, kita harus menghitung berapa buah pohon bunga kerucut?"

"Berarti 200 : 20, Sansan. Berapa coba?" Kak Husna ganti bertanya untuk menggoda Sansan.

"Oke, 8!" jawab Sansan dengan percaya diri sambil berlari riang melanjutkan perjalanan.

"Hei, 10 Sansan!" teriak Hasna sambil mengejar Sansan dengan sepedanya. "200 : 10 = 20, bukan 8! Berarti kita harus menghitung sebanyak 10 pohon kerucut."

"Memangnya 200 : 20 itu ada 10? Bukan 8?" Sansan tak mempercayai kata-kata Hasna.

"Benar, Sansan. 200: 20 memang 10, itu soal yang sangat mudah Sansan coba kau hapus angka 0 masing-masing 1, maka soalnya akan menjadi 20:2=10 kan?" Kak Husna membenarkan kata-kata Hasna.

"Oh, begitu ya caranya, wah gampang sekali ya, jika soalnya mengandung nol, tinggal disederhanakan dengan membuang angka nol. Jadi kita harus menghitung 10 pohon kerucut untuk mengetahui rumah Tuan Khawarizmi Al Jabbar, " sahut Sansan.

Ketiganya meneruskan perjalanan. Tak lupa mereka menghitung bunga kerucut, "1, 2, 3, 4, 5 ...." Di samping bunga kerucut yang ke 8 ada sebuah rumah. Terlihat ada Elang Raksasa bertengger diatap rumah. "Tuh kan apa aku bilang Sansan, kalau kita salah menghitung bisa fatal. Kalau kita menggunakan jawaban 8, kita bukannya menemukan rumah Tuan Khawarizmi Al Jabbar, tetapi masuk ke rumah Elang Raksasa," kata Hasna.

"Hmmm, benar juga ya. Berarti kita harus teliti, tidak boleh tergesa-gesa mencari jawaban," jawab Sansan.

Mereka pun meneruskan perjalanan. Setelah melewati 10 bunga kerucut mereka menemukan sebuah perkampungan. Ada beberapa rumah berwarna cerah di kampung itu. Rumah warna warni itu ada yang berbentuk tabung, prisma, limas, dan bulat. Salah satu rumah itu adalah rumah Tuan Khawarizmi Al Jabbar . tetapi yang mana rumah Tuan Khawarizmi Al Jabbar? Lagi-lagi Sansan lupa. dia pun bicara setelah menekan mata tas ikan. Tak lama lalu Burung Merpati datang menjatuhkan surat.

"Rumah Tuan Khawarizmi Al Jabbar berbentuk sebuah bangun ruang. dia memiliki 7 sisi, 2 sisinya berbentuk segilima dan kelima sisi lainnya berbentuk persegi panjang. Bangun apakah itu?" Sansan membaca surat lalu bertanya pada Kak Husna dan Hasna.

Kak Husna dan Hasna berpikir, "7 sisi, 2 sisinya berbentuk segilima dan kelima sisi lainnya berbentuk persegi panjang. Tiba-tiba Kak Husna berteriak, "Aha! Aku tahu! Itu prisma segilima!"

"Kalau begitu kita harus mencari rumah yang berbentuk prisma segilima, " sambung Hasna.

"Lihat! Itu ada rumah oranye berbentuk prisma!" kata Hasna.

"Hasna coba lihat dengan teliti, prisma apakah itu?" Kata Kak Husna.

"Sisi yang berbentuk persegi panjangnya ada 3, Atapnya berbentuk segitiga," kata Sansan.

"Oh iya, berarti bukan itu ya kak?" sahut Hasna sambil menatap Kak Husna.

"Iya bukan, itu Prisma segitiga, coba kamu lihat bangunan yang berwarna ungu itu," kata Kak Husna sambil menunjuk ke arah bangunan ungu itu, " itu pasti rumah Tuan Khawarizmi Al Jabbar ."

"Aaah, iya, kak Husna benar, ciri-cirinya persis seperti yang tertulis dalam surat" kata Hasna sambil melompat kegirangan.

Kak Husna, Hasna, dan Sansan mendekati rumah itu.

"Assalamu'alaikum, permisiii, apa ini rumah Tuan Khawarizmi Al Jabbar ?" teriak Sansan.

Benarkah itu rumah Tuan Khawarizmi Al Jabbar? Berhasilkah mereka membujuk Tuan Khawarizmi Al Jabbar untuk mengikuti perjalanan mereka? Bagaimana kisah perjalanan mereka selanjutnya? Yuk ikuti dalam bab selanjutnya! Sampai jumpa di bab 9 ya ....

Bersambung?

🐕🎄🌵🌲🌳🌴🎋🌾🌻🌹🌺🌷💐🐕🎄🌵🌲🌳🌴🎋🌾🌻🌹🌺🌷💐🐕🎄🌵🌲🌳

Tugas : kalian harus tahu, Rumah Tuan Khawarizmi Al Jabbar berbentuk sebuah bangun ruang. dia memiliki 7 sisi, 2 sisinya berbentuk segilima dan kelima sisi lainnya berbentuk persegi panjang. Bangun apakah itu? , Oke? Semangat!! Jawab pertanyaan ini dikolom komentar

------------------------------------------------------------------------

Kerajaan NumericTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang