Apa kabar pembaca kerajaan Numeric yang hebat? Yups jawaban untuk pertanyaan "Jika usia Tuan Aljabbar setengah abad dikurangi umur Hasna 10 tahun,berapakah selisih umur di antara keduanya?, adalah 40. Ini dari 50-10=40 tahun. Pada kisah yang lalu diceritakan bahwa meskipun mereka mengetahui Penyihir Laknati telah berpindah, namun mereka tetap melanjutkan perjalanan. Mereka masuk hutan. Tiba-tiba mereka dihadang Gorilla besar!
"Her...heeeer...hahahaheeer..," Gorilla besar itu mengeluarkan ciri khas suaranya.
"Hai siapa kalian? Mau apa kalian kemari?" Tanya Gorilla itu.
"Aku Aljabbar dan ini Sansan, kami sedang mencari putri Yasmin," jawab aljabbar.
"Lalu siapa anak itu?" Kata Gorilla sambil menunjuk Kak husna dan hasna.
"Mereka Husna dan Hasna, Mereka yang mendapat tugas dari Raja untuk menyelamatkan putri Yasmin," kata Sansan mengambil posisi didepan Husna dan Hasna.
"Kamu sendiri siapa?" Katanya lagi.
"Akulah Gorilla angka, penjaga hutan geometri.Tak sembarang orang bisa masuk ke hutan geometri. Hanya yang suka Numerik yang boleh masuk," kata Gorilla angka dengan angkuhnya.
"Tetapi kamijuga pencinta Numerik," kata aljabbar, "semua warga di kerajaan Numerik, pasti menyukai numeric" Al Jabbar melanjutkan.
"Baiklah, Aku sependapat denganmu, aku percaya padamu Al Jabbar, karena kamu termasuk yang memberi symbol nama angka pada tanaman langka yang ada diTaman Istana Numerik, Kalau anak-anak itu? Apakah mereka suka numerik" kata Gorilla Angka.
"Mereka bukan rakyat kerajaan Numeric kan?" imbuh Gorilla, dengan pandangan menatap Aljabbar.
"Halooo.., Ya, kami memang bukan warga kerajaan Numerik, tetapi kamijuga pecinta Numerik, bahkan Raja Eric yang Agung sendirilah yang mengundang kami" kata Kak Husna.
"Oh...ya? benarkah itu Sansan? Kata Gorilla.
"Betul" kata sansan, "kalau tidak percaya Tanya saja soal mtk, sesulit apapun, mereka pasti bisa jawab"
Hasna dan husna terkejut mendengar kata sansan, mereka saling bertatapan dengan alis berkerut sambil mengedikkan bahu mereka.
"Oke, akan kuberi kalian pertanyaan, jika bisa jawab, kalian boleh masuk, tetapi jika tidak, kamu akan jadi menu makan siangku, hahahahaha..." Kata Gorilla.
"Baiklah" kata Kak Husna dan Hasna hampir bersamaan...
"Soal ini untukmu hasna?" kata Gorilla, "Berapa 2+7x9=?"
Hasna menjawab malu-malu,"ehm anuuu eeh 81 eh 65"
Sansan menggoda Hasna "Hayoo Hasna tentukan jawabanmu, 81 apa 65?"
"Baaiklaaah, jawaban yang benar adalah: 65" kata Hasna.
"Betul sekali jawabanmu Hasna" sahut Gorilla.
"Hore, yess!!" seru Hasna.
"Sekarang giliranmu husna, 31-6x5?" kata Gorilla.
"Coba tebak 125 apa 1?" Sansan menggoda Husna
"1 dong..." Kata Husna dengan percaya diri.
"Ya betul sekali" kata Gorilla.
"Hore, yeyyeyeye..." kata Husna.
Mereka dinyatakan boleh masuk oleh Gorilla. Dalam perjalanan, Gorilla memberitahukan sebuah rahasia, rahasia apakah itu? Rahasia berhitung campuran di atas.
"Kak Husna, bagaimana kamu sangat yakin dengan jawabanmu tadi" Kata Sansan.
"Sebenarnya sih, kalau soal yang seperti itu bagiku masih mudah, hehehe"kata Kak Husna.
"Betul, aku memberi pertanyaan mudah seperti itu, karena segmen pembaca kita anak kecil usia dini yang baru bisa membaca dan berhitung, yang rata-rata masih kelas satu sampai kelas tiga" kata Gorilla.
"Untuk soal hitung campuran seperti ini, ada 3 pengelompokan urutan yang dikerjakan terlebih dahulu, yaitu soal yang diberi (...), perkalian dan pembagian, yang terakhir baru penambahan dan pengurangan" kata Kak Husna
"Itu yang mau kukatakan padamu, Husna, yah ternyata rahasia itu sudah kamu ketahui, ya sudah, memang betul pilihan Raja Erik mengutusmu kemari," kata Gorilla.
Bersambung?
🐕🎄🌵🌲🌳🌴🎋🌾🌻🌹🌺🌷💐🐕🎄🌵🌲🌳🌴🎋🌾🌻🌹🌺🌷💐🐕🎄🌵🌲🌳
Tugas : kalian harus tahu, Rumah Tuan Khawarizmi Al Jabbar berbentuk sebuah bangun ruang. dia memiliki 7 sisi, 2 sisinya berbentuk segilima dan kelima sisi lainnya berbentuk persegi panjang. Bangun apakah itu? , Oke? Semangat!! Jawab pertanyaan ini dikolom komentar
------------------------------------------------------------------------
KAMU SEDANG MEMBACA
Kerajaan Numeric
Science FictionNovel anak edukatif ini akan membuat putra/putri anda suka dengan matematika, bangga dengan islam, karena ada beberapa tokoh cendekiawan muslim dunia yang telah mewarnai dunia ilmiah dan ikut andil besar dalam pertumbuhan peradaban Sains di dunia in...