Temanmu Dicemooh

38 24 43
                                    

"Setiap berteman, bersahabat pastinya ada tantang yang membuat pertemanan atau persahabatan kalian goyah."

Selamat pagi,
Selamat siang,
Selamat sore,
Selamat malam,

Ini tulisan untuk kamu, speasial, dariku. Semoga bisa menjawab pertanyaan yang mengganjal dalam pikiranmu dan benakmu.

Aku langsung masuk inti judul saja, ya?
Klik untuk mendengarkan musik atau intrument, atau kamu sudah mendengarkan alunan sebelum memilih membaca wattpad ini? Aku senang, itu!

Tema kali ini, ialah "Berteman Dengan Sejenis" suka duka kamu lalui dengannya pasti ada saja yang membuatmu emosional. Bahkan ada beberapa masalah kecil maupun besar bisa menjadi penghalang dalam pertemanan atau persahabatanmu.

Kali ini bukan hanya keluar dari ucapan secara langsung, tapi sekarang lebih canggih. Umpatan yang membuat temanmu tersinggung hingga menimbulkan fitnah atau sebaliknya. Bahkan, umpatan tidak secara langsung itu sangat menyakitkan.

Tapi, bagaimana jika kamu saat ini berada di posisi atau nanti mungkin berada di posisi, temanmu sendiri dicemooh orang lain?

Kadang kalau kamu berkata "Tidak" terlihat kamu tidak memihak padanya, jika kamu berkata "Ya" terlihat membela yang salah. Jadi, serba salah bukan?

Harusnya seperti apa?

Aku sendiri, selalu diberikan pertanyaan yang semacam itu dan aku juga pernah merasakan di posisi itu. kamu tidak ingin pertemanan atau persahabatanmu hancur, dan kamu ingin membenarkan yang jelas benar. Bukan yang jelas salah dibenarkan.

Pastikan kamu sebagai netral, tidak memihak pada siapapun. Kamu pastikan temanmu bisa menceritakan secara keseluruhan "Mengapa dia dicemooh?" sehingga kamu bisa mendapatkan petunjuk, "Siapa yang seharusnya kamu perbaiki, supaya tidak berkelanjutan."

Bagaimana jika temanmu, mengelabuimu dengan cerita bohong, atau mengada-ngada?

Kamu harus mempertemukan kedua pihak, ialah yang dicemooh dan yang mencemooh. Supaya kamu bisa memperbaiki situasi yang tidak wajar.

Namun, jika yang mencemooh adalah orang yang sungguh menjengkelkan tidak mau dibenarkan. Aku bisa menjamin, kamu yang sangat mengenal baik temanmu. Dia akan berbicara jujur jika ingin hal yang saat ini sangat menganggu berhenti.

Pesanku, kamu jangan terlalu memaksa untuk dia cerita. Supaya dia bisa tenang bercerita padamu dengan jujur.

Kalau kamu sudah tahu siapa yang jelas benar dan salah, dan yang mencemoohmu masih terus melakukan itu.

Katakan, kalimat tersinggung yang jelas membuat semua buta oleh perkataanmu. Kalau masih? Dan semua tidak percaya, aku yakin kamu bisa menganggap itu adalah angin lalu, karena kamu terbiasa dengan hal itu.

Setiap berteman, bersahabat pastinya ada tantang yang membuat pertemanan atau persahabatan kalian goyah. Semua tergantung kamu, kamu penentu kisahmu sendiri.

Apakah kamu mau terus menjalani alur pertemanan mu atau persahabatan mu?
Apakah kamu mau sampai sini saja, meninggalkan jejak perpisahan tidak baik?

Berteman Dengan Sejenis [Vakum]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang