22. Sedekah Subuh

1.4K 246 38
                                    

Selamat Membaca

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Selamat Membaca

Setelah selesai nyelesain kegiatan sholat subuh berjamaah, biasanya mereka bakalan duduk-duduk santai di belakang rumah sambil menghirup udara segar.

Nggak jarang juga ada yang jalan-jalan pagi ke sawah atau nyegat tukang sayur keliling. Belinya sekarang makannya besok, udah biasa.

"Guys, uang hasil sedekah subuh kita mau disumbangin kemana?" Tanya Yoga pagi itu dengan memeluk toples gendut yang isinya udah pasti duwit.

Jadi gini, ini sebenernya idenya Abin buat nyisihin uang seikhlasnya tiap habis sholat subuh selama KKN. Entar kalo udah mau balik uangnya diitung terus disumbangin ke masjid atau ke panti asuhan terdekat.

Mereka langsung setuju, daripada uangnya habis buat hal yang kurang berfaedah mending disedakahin. Siapa tau lewat amal kecil ini bisa nolong mereka kelak di akhirat.

Aji yang saat itu lagi ngeteh tampak berpikir sebentar sebelum menjawab. "Kita liat dapet berapa dulu, kalo sekiranya bisa dibagi ya kita bagi biar kita sedekahnya nggak cuma di satu tempat doang."

Yoga lantas mengangguk paham. Dia sepemikiran sama Aji. Karena gini anak-anak itu nyemplungin ke toples kadang nggak sadar, nggak sadar maksudnya asal ngambil aja dari dompet. Dan udah bisa di pastikan isi dompet mereka duit gambar apaan.

"Terus barang-barang yang kita beli disini?" Sahut Karina yang baru keluar dari kamar sembari memasang handuk di rambutnya.

"Maksudnya?" Aji nggak paham.

Karina kemudian mengambil langkah untuk mendekati kedua laki-laki itu. "Ituloh barang kayak wajan, sapu, pel dan lain-lain itu nggak sekalian disumbangin aja? Masa mau ditentengin dibawa balik?" Ujar Karina menjelaskan.

Aji mengangguk paham. "Oh itu...nanti aja deh diomongin bareng-bareng gimana enaknya."

"Enaknya ya disumbangin aja sih Ji. Selain nggak ribet, kitanya dapet poin plus sedekahnya." Sahut Yoga setuju dengan Karina.

Karina langsung ngasih Yoga dua jempol jarinya, empat sih, yang dua di kaki. Hihi nggak jelas.

"Iya sih Ga, tapi siapa tau ada yang mau bawa balik wkwkwk..."

"Hahaha iya juga ya..." Yoga tertawa disusul dengan tawa receh Karina juga.

Selanjutnya ketiga manusia itu sibuk dengan kegiatan masing-masing sebelum akhirnya sesi rutin setiap pagi dilaksanakan. Sarapan abis itu ngomongin apa aja yang perlu diomongin.

[1] SIDE STORY of KKN || 00L [✔️]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang