Bagian 1Kiasah ASHABUL KAHFI merupakan kisah yang benar-benar terjadi, kisah ini diceritakan dalam Q.S al kahfi ayat 9-26.
ASHABUL KAHFI adalah sekelompok pemuda beriman yang berjumlah 7 orang dengan seekor anjing yang tertidur didalam gua selama bertahun-tahun.
Mereka hidup ditengah-tengah masyarakat penyembah berhala dengan seorang raja yang kejam bernama *DIQYANUS* . Diqyanus merupakan seorang raja yang memerintah atas nama kekaisaran romawi. kekejaman dan kezalimannya yang luar biasa telah banyak membuat rakyatnya sengsara. Diqyanus juga meminta rakyatnya untuk menyembah selain ALLAH TA'ALA, jika tidak mareka akan disiksa sampai dibunuh.*NAMA-NAMA PEMUDA ASHABUL KAHFI YANG TERDIRI DARI ATAS 7 PEMUDA YAITU:*
*1.TAMLIKHA*
*2. MAKSALMINA*
*3.MARTUNIS*
*4.NAINUNIS*
*5.SARBUNIS*
*6.FALYASTATYUNIS*
*7.DZUNUNIS*
*DAN SEEKOR ANJING BERNAMA QITMIR*ALLAH BERFIRMAN dalam Q.S al kahfi ayat 13-14 yang artinya: "kami kisahkan kepadamu [muhammad] cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada tuhan mereka, dan kami tambahkan pula untuk mereka petunjuk. Dan kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri, lalu mereka berkata " tuhan kami adalah tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru tuhan selain Dia. Sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran." (Q.S, AL KAHFI [18] :13-14).
Banyak yang berpendapat bahwa lokasi gua terdapat diyordania diperkampungan al-rajib atau dalam Al-Qur'an disebut al-raqim, yang berjarak 1,5 km dari kota Abu A'landa dekat kota Amman, Yordania. Raja abdullah ke-2 (Raja Yordania) telah meresmikan untuk mendirikan dimuka gua ASHABUL KAHFI masjid dan ma'had yang diberi nama *"MASJID ASHABUL KAHFI"*.
Dalam masa yang cukup lama, sebagian besar rakyat patuh kepada raja Diqyanus dengan menyembah selain ALLAH TA'ALA. akan tetapi, diantara penduduk tersebut terdapat 7 orang pemuda yang tidak mau mengikuti perintah Diqyanus. Seluruh pemuda itu tetap mempertahankan keimanannya dengan tetap menyembah allah swt.
Diqyanus mengetahui pendirian para pemuda yang teguh tersebut, ia memanggilnya dan mengancam akan membunuh mereka. Demi mempertahankan keislaman dan keimanannya kepada allah, ke 7 pemuda tersebut dan seekor anjing memilih untuk mengasingkan diri serta bersembunyi dalam sebuah gua yang terletak Digunung Naikhayus, tidak jauh dari kota Ephesus. Kemudian mereka berdoa yang artinya: " wahai tuhan kami, berikanlah kepada kami rahmat dari sisi-MU dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang luurs dalam urusan kami, " (Q.S AL KAHFI [18]:10).Pada saat mereka yang beristirahat didalam gua itulah, Allah Swt. Menidurkan 7 pemuda tersebut selama 309 tahun, Allah Swt membolak-balikan tubuh mereka dari kanan ke kiri. Matahari pada saat terbit, condong memancarkan sinarnya kedalam gua dari arah kanan dan pada saat hampir terbenam sinarnya mulai meninggalkan mereka dari arah kiri. Allah Ta'ala menyelamatkan mereka dari kejaran Raja Diqyanus yang kejam yang tidak mengakui adanya allah yang maha sempurna.
Allah berfirman yang artinya : " Dan kamu mengira mereka itu bangun, padahal mereka tidur; dan kami bolak-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri , sedang anjing mereka menjulurkan kedua lengannya dimuka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan diri dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi oleh ketakutan terhadap mereka " (Q.S AL KAHFI [18]:18).
setelah 309 tahun tersebut, Allah Swt membangunkan ke 7 pemuda ashabul Kahfi tersebut. Dan tentang peristiwa ini Allah berfirman yang artinya : " Dan demikianlah kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya diantara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang diantara mereka: "sudah berapa lamakah kamu berada (disini?)," mereka menjawab " kita berada (Disini) sehari atau setengah hari", berkata (yang lain lagi) : " Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada (disini). Maka suruhlah salah seornag diatara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini dan hendaklah dia melihat manakah makanan yang lebih baik. Maka hendaklah sekali-kali kamu menceritakan halmu kepada seorangpun." (Q.S AL KAHFI [18]:19).
_LANJUTANNYA BESOK YA SHOLIHA
JANGAN LUPA VOTE,COMMEN,SHARE YA🙏🍃❤..._
KAMU SEDANG MEMBACA
🌸 TINTA DAKWAH REMAJA_ 🌸
RandomBismillah,, Semoga ceritaku bisa menjadi pembelajaran buat diriku dan kita semua ya sholiha. Buat para yang suka insecure,gampang nyerah,selalu down,semangat turun,dll Boleh di ikuti dan dibaca ya cerita cerita saya🌝 semoga menginspirasi kalian yan...