☘NIKMAT TERBESAR IALAH BERSYUKUR☘

11 3 1
                                    


*~~~~~~~~~~~~~~~~~*

*NIKMAT YG TERBESAR ADALAH BERSYUKUR*

Melaksanakan perintah Allah merupakan hal yang lazim dan wajib bagi setiap orang muslim. Hal ini karena orang diberi nikmat yang paling tinggi di sisi Allah yaitu berupa nikmat iman dan Islam.

Selain itu nikmat yang Allah berikan berupa nikmat yang bersifat dhohir seperti nikmat diberi dua mata, dua tangan akal fikiran.

Maka nikmat tersebut harus digunakan untuk melihat kekuasaan dan keesaan Allah sehingga senantiasa beribadah dan bertakwa
kepada Allah
Syukur merupakan bentuk keridhaan / pengakuan terhadap rahmat Allah dengan penuh kerendahan hati.

Berikutnya dalam pengertian yang lain syukur adalah pujian dan pengakuan terhadap nikmat Allah yang dibuktikan dengan kerendahan hati dan kecintaan menerimanya disertai ucapan dan perbuatan yang selaras dengan ucapan tersebut
Sedangkan istilah syukur dalam agama, adalah sebagaimana yang dijabarkan oleh para salaf:

*الشكر ظهور أثر نعمة الله على لسان عبده: ثناء واعترافا، وعلى قلبه شهودا ومحبة، وعلى جوارحه انقيادا وطاعة*

"Syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah.
Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah"
Berterima kasih adalah akhlak mulia yang diajarkan oleh Islam.

Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda,

*من صنع إليه معروف فقال الفاعله : جزاك الله خيرا فقد أبلغ في الثناء*

"Barangsiapa yang diberikan satu kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan, Jazaakallahu khair'
(semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupinya dalam menyatakan rasa syukurnya"'''
*📗(HR. Tirmidzi no. 2167)*

Dalam Al-Qur'an sering kali Allah menggugah hati manusia bahwa banyak sekali nikmat yang la limpahkan sejak kita datang ke dunia ini, agar kita sadar dan bersyukur kepada Allah.

Allah Ta'ala berfirman,

*والله أخرجكم من بطون أمهاتكم لا تعلمون شيئا وجعل لكم السمع والأبصار والأفئدة لعلكم تشكرون*

"Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur" '''
*📖(QS. An-Nahl: 78)*

Syukur bukanlah hanya bacaan hamdalah yang fasih diucapkan, tetapi ia lebih berupa pengakuan sungguh-sungguh bahwa semua rejeki dan anugerah yang menghadirkan perasaan nikmat dalam jiwa kita tidak didapat dengan usaha kita sendiri, melainkan berasal hanya dari Allah subhanahu wata'ala.
Sehingga di dalam hatinya tertanam dengan erat bahwa semua kenikmatan berupa hasil usaha merupakan nikmat yang diizini oleh Allah bukan semata-mata karena usaha kita,
Dengan demikian ketika seseorang sudah
terbiasa bersyukur berarti keimanan selalu bertambah dan semakin berbobot, hatinya tidak akan keras / mati.

Maka bersyukur adalah menjalankan perintah Allah dan enggan bersyukur serta mengingkari nikmat Allah adalah bentuk pembangkangan terhadap perintah Allah.

Allah SWT berfirman:

*وإذ تأذن ربكم لئن شكرتم لأزيدنكم ولی کفرثم إن عذابي*

*الشديد ) إبراهيم: ۷*

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

🌸 TINTA DAKWAH REMAJA_ 🌸Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang