Di chapter sebelumnya, sudah dijelaskan kalau mereka pernah punya perkelahian yang bahkan nyaris bikin salah satu dari mereka minggat permanen. Jadi, sebelum aku balik hiatus lagi, aku bakal jelaskan perihal masa lalu mereka sedikit.
Jadi, once upon a time . . .
njay, sok ing
.
Sebenernya Hali jadi kakak able ini gak dari lahir. Dulu dia lumayan egois buat diri sendiri, seenggaknya waktu itu karna lagi di masa remaja labil. Pengennya juga diturutin.
Aslinya semua juga begitu, Taufan suka merengek minta, Gempa juga kadang ngambek kalau gak diturutin. Hali juga. Tapi yah, namanya juga anak kecil.
Taufan juga dulu lebih brutal dalam hal ngerjain orang. Emosinya juga susah kekontrol dan gak jarang ngeluarin kata kata pedes.
Pokoknya banyak jeleknya deh. Tapi namanya juga hidup, pasti beragam lah kejadian yang ada. Gak pula Hali marah marah tiap hari, dan Taufan ngegas tiap hari, Gempa juga gak merengek tiap hari.
Anjir belibet bgt aku ngejelasin.
Pokoknya, si Taufan yang ramah, Hali yang pengalah, sama Gempa yang tabah nan kuat, gak langsung ada jadi sifat mereka. Sifat yang itu ada karna sebuah masalah yang ngajarin mereka, buat punya sifat itu semua.
Semua itu terjadi waktu mereka duduk di kelas tujuh mau naik kelas delapan.
Mereka walaupun masih kecil udah ngerti masalah kerjaan bapaknya yang ceritanya emang turun temurun. Dan pasti yang megang cuma satu orang. Sedangkan sulung di keluarga mereka ada tiga. Menurut bapak Amato, gak adil kalau Hali yang langsung megang karna jarak mereka bahkan gak sampai satu jam.
Jadi Amato nanya, ada gak di antara mereka yang mau megang usaha keluarga mereka. Kompak tiga tiganya gak nyaut. Amato tau dong, kalau mereka gamau.
Akhirnya Amato bilang, mereka harus punya sesuatu yang pengen di capai, dan kasih tau ke amato. Yang terakhir, berarti yang megang usaha keluarga mereka.
Jangan ngira perkara di awal chapter itu gak rusuh. Gak semudah itu Hali ngalah buat ngelepas cita citanya. Dan masalahnya gak sekecil yang dikira. Bahkan Amato sampai syok gegara anak sulung mereka ini. Terutama si merah sama si biru.
Yang pertama ngasih tau Amato, si Gempa. Dia bilang mau jadi dokter. Memang dari kecil dia udah tertarik sama dunia kedokteran, bahkan udah belajar cara bikin obat alami walaupun masih noob, ya belum juga gede kan ya.
Ke dua hali, dia punya sircle yang kata mereka mau bangun restoran bareng. Udah janjian juga mereka. Hali juga lumayan tertarik dalam masak memasak, meski gak sejago Gempa sama ibu mereka, seenggaknya makanan hali masih masuk dalam kategori enak dan layak di makan. Niatnya mau ambil SMK dan masuk tata boga, misah sama saudaranya.
Taufan yang terakhir. Dia emang kurang serius sama masa depannya. Gak terlalu mikirin, tapi tetep kaget waktu bapaknya tiba tiba nyuruh dia megang usaha keluarga sehabis dia. Bahkan nama Taufan udah di daftarin dan nyebar di kalangan kolega bisnis bapaknya. Jelas Taufan gak mau, dia bilang kalau dia emang belum punya sesuatu yang spesifik, tapi dia mau bikin usaha sendiri, gak mau yang punya keluarga.
Amato udah bujuk berkali kali, tapi Taufan tetap gamau. Hali sama Gempa akhirnya turun tangan buat ngebujuk.
"Gue gamau! Harusnya mas Hali lah, dia paling tua!"
"Apasih! Jelas ayah udah bilang yang terakhir yang megang usaha keluarga! Kenapa lempar ke gue!" balas Hali.
"Bang, kalau masalah tua nya kita cuma beda lima sepuluh menit, gak adil buat mas Hali" gempa coba baik baik ngomong. Taufan nepis tangan Gempa yang dari tadi megangin tangannya.
KAMU SEDANG MEMBACA
[00] Kisah Tiga Bujang Tampan . melokal
De Todokisah ini berawal dari mereka, si tiga bujang tampan ini mau masuk sekolah menengah atas. mereka disuruh merantau sama bapaknya ketempat kakeknya, dipadang. berisi tentang lika liku kehidupan si anak kembar tiga, ada recehnya, ada galaunya, ada ada...