Hiatusnya preng.becanda
.
Di chapter sebelumnya, Hali sehabis berantem sama Taufan langsung keluar rumah gak pamit apapun, dan sempet bentak Gempa sedikit. Biasanya dia cuma lari ke rumah temen aja, kalau emang ada masalah, tapi waktu itu entah kesurupan apaan, Hali nekat pergi ke padang.
Gatau juga si dapet kendaraan dari mana. Abaiin aja, yang penting laki kita semua sampai dengan selamat sentosa di rumah kakeknya.
Kedatangan Hali sebenernya lumayan bikin kakek Aba kaget, tapi karna Hali lumayan ekspresif kalau marah, kakek Aba jadi tau emosi cucu paling tuanya ini lagi gak stabil. Jadi disuruh nginep beberapa hari—khawatir juga karna Hali cuma pulang kampung sendirian, mana gak bawa baju, untung ada baju yang emang ditinggal di sana.
Seminggu Hali di sana, dia sama sekali gak ada bilang apa apa ke kakek Aba. Dia bangun pagi buat bantu beres beres rumah, habis itu sarapan bareng kakek, kakek pergi ke kedai dia ngurus halaman dulu, habis itu baru bantu bantu di kedai, pulangnya juga langsung baca buku yang udah jadi hobinya. Kayak dia di sana tuh buat bantu bantu kakek. Rutinitas dia tujuh hari berturut turut itu aja.
Emang pelarian tuh aneh aneh kadang.
Hari ke delapan, malemnya, habis mereka pulang dari kedai, kakek Aba minta Hali buat duduk bareng dia di teras belakang rumah. Waktu itu sore, jadi Hali bisa langsung lihat pemandangan sawah yang cantik banget sore itu. Kakek juga nyediain Ice Chocolate buatan dia, buat Hali. Pokoknya bikin adem, lebih bikin otak fresh dibanding kerja bantuin kakek.
Betul kata orang, kalau mau menjernihkan otak, ada baiknya liat tumbuhan hijau—aku sih liat dedek duri yh.
"Hatimu, kayak lagi kacau"
Kakek Aba emang jago kalau soal paham memahami isi hati cucu cucunya. Hali yang susah terbuka aja langsung ngeh si kakek. Hali juga gak bisa ngelak, akhirnya cuma ngangguk setujuin ucapan kakek.
"Ada masalah di rumah?" kakek nanya. Hali ngangguk lagi. "Siapa? Amato?" malah nyalahin anaknya.
Hali ngegeleng, "Aku habis berantem sama Taufan"
"Loh, kan itu udah biasa" memang hebat dua sulung nih, kakek sampe hapal mereka hobi berantem.
"Lebih parah kek. Soal yang mau megang usaha keluarga" akhirnya Hali jelasin panjang lebar, dari kesepakatan sama Amato, Taufan yang gak terima, mereka yang bertengkar bahkan sampai Gempa yang nangis dia juga ceritain. Kakek Aba langsung tau permasalahan kenapa mereka gak mau megang usaha keluarga.
"Aku juga mau capai cita cita aku sendiri. Aku juga mau ngerasa puas sama apa yang aku usahain. Aku juga mau ngerasain punya mimpi. Aku mau egois, aku mau mereka yang ngalah" Hali bahkan hampir nangis waktu bilang itu.
Buat dia yang belum terbiasa mengalah, itu hal yang berat. Terbiasa sama permintaannya yang selalu di turutin, bikin dia susah paham sama situasi yang bikin dia harus nekan egonya sendiri. Bahkan harus bertaruh sama takdir, soal cita citanya, atau cita cita adiknya.
Hali belum punya pengalaman buat jadi kakak yang baik. Hali belum pernah dihadapin sama pilihan yang harus bikin jiwa mengalahnya bangkit. Hali belum pernah perang lawan egonya sendiri, buat adik adiknya. Dia belum lihat adiknya sebagai prioritas.
Kakek Aba juga jelas ngerti. Cucu nya ini kloningan anaknya banget. Amato juga dulu gak mau megang usaha keluarga karna kepengen jadi dokter. Sama kayak Hali, Amato belum ngerti tanggung jawab, maka dari itu dia dihadapi sama situasi kayak gitu. Situasi biasanya ngajarin kita buat mengerti soal dunia yang gak selalu berjalan sesuai rencana kita.
Kakek Aba nepuk pelan pundak Hali. Senyum teduh, biar cucunya bisa tenang. "Hidup kita tu Hali, gak pernah cuma tentang kita. Dunia gak pernah diciptakan cuma buat menyukseskan rencana kita. Karna ada perencana yang lebih hebat dari kita, yaitu tuhan" kakek Aba bisa lihat, Hali mulai tenang.
"Kamu masih kecil sebenarnya, kalau dihadapin sama masalah ini. Tapi kamu harus tau, kita punya tanggung jawab, yang udah jadi kewajiban. Dan kadang untuk memenuhi kewajiban itu kita harus merelakan dan mengorbanan sesuatu" Hali makin serius nungguin kakeknya ngomong.
"Dan pengorbanan, pasti ada balasan. Kamu tau, bagi seorang kakak, apa balasan paling indah dari pengorbanan yang dia beri?" tanya kakek. Dan itu bikin Hali noleh bingung sambil gelengin kepala.
"Kebahagiaan adik adiknya. Kamu bakal lebih seneng lihat mereka usaha sekuat tenaga, dan bisa sukses berkat usaha mereka. Kamu bakal lebih seneng lihat adik adikmu bahagia karna bisa capai cita citanya. Kamu bakal lebih bersyukur, atas semua yang udah terjadi pada adik adik kamu, berkat pengorbanan kamu" dan entah kenapa, ucapan kakek Aba mulai bikin hati Hali tenang. Hatinya kayak setuju sama ucapan kakeknya.
"Ibarat kita main voli. Kamu setternya, sedangkan adik adikmu spikernya. Yang mencetak angka, spiker, tapi apa kamu tau kalau yang lebih bangga, yang lebih seneng, yang lebih bahagia itu setternya? Padahal bukan mereka yang cetak angka" kakek Aba ngasih permisalan biar Hali lebih paham.
"Kamu boleh egois kok, Hali. Yang gak boleh itu, kamu salah ambil keputusan dan bikin kamu kecewa di kemudian hari"
Petuah kakeknya ditutup, dengan Hali yang nangis di samping kakeknya. Hali gak mau dipeluk, gengsi katanya.
Dua hari setelahnya, Hali dianter kakek pulang ke rumah. Kakek ngejelasin semuanya ke anak sama menantunya. Dan itu bikin Amato ketawa geli sama tingkah anak sulungnya.
"Ayah tau, Hali tuh anak aku yang paling aku banggain?" itu pertanyaan Amato, waktu mereka lihat Hali yang lagi melukin adik adiknya.
Kakek Aba ikutan senyum liatnya. Adem liat cucu cucunya begitu.
"Tau. Kalau Hali bangga sama adik adiknya, jelas, kamu lebih bangga sama dia"
. tbc
wkwkwkwkwkwkwmwkwk, aku gak tahan mau nulis. keburu dapet ide lain sebelum ide MOS 😭 mmf bgt aku plin plan 😭
/menghilang lagi
KAMU SEDANG MEMBACA
[00] Kisah Tiga Bujang Tampan . melokal
Aléatoirekisah ini berawal dari mereka, si tiga bujang tampan ini mau masuk sekolah menengah atas. mereka disuruh merantau sama bapaknya ketempat kakeknya, dipadang. berisi tentang lika liku kehidupan si anak kembar tiga, ada recehnya, ada galaunya, ada ada...