Udah jam lima sore, dan Gempa baru aja selesai sama tugasnya. Dia udah pamit duluan sama panitia lain buat pulang. Nanti malem balik lagi, ada perintah nginep di sekolah soalnya.
Sebenernya, Hali sama Taufan itu nawarin buat nungguin Gempa. Tapi Gempa langsung nolak dan nyuruh mereka pulang duluan. Bukan gaenak, emang lagi gamau ditunggu aja.
Karna nyaris seharian dia berkegiatan, ditambah pas istirahat dia makannya sambilan ngejar materi sama Fang, buat dia gak punya waktu buat napas dikit aja. Dan akhirnya Tuhan berbaik hati ngasih dia nafas sebelum nanti bakal ngerjain tugas lain.
Kayak biasa, dia jalan ke halte bus buat nunggu bus yang bakal nganter dia ke halte dekat rumah kakeknya—gak deket banget soalnya harus jalan jauh ke dalam dulu.
Syukurnya dia gak butuh waktu lama buat nunggu, lima menit doang bus nya dateng. Lumayan rame lah, sisa satu kursi doang, dan Gempa bersyukur banget. Seenggaknya kakinya gak pegel disuruh berdiri tiga puluh menit. Beruntung juga dia satu-satunya penumpang di halte tadi.
Gempa ngasih kartu ke petugasnya, saling lempar senyum karna udah saling kenal juga. Kayak hampir tiap hari ketemu gitu. Petugasnya juga ramah. Orang manggil dia uda Akbar. Sedikit penjelasan dari Gempa, uda Akbar ini ganteng banget, dia baik juga, suka bantu penumpangnya buat naik atau turun, apalagi ke orang tua dan cewek. Kalau ke cowok kayaknya berabe deh. Jadi, Gempa gak heran kalau banyak yang naksir uda Akbar ini.
"Tumben telat pulangnya Gem" Sambil ngetik yang entah apa itu, Gempa gak ngerti, uda Akbar nanya. Gempa ketawa kecil, "Ada acara di sekolah da, ya aku panitianya, jadi lumayan telat pulang. Ini nanti malem juga mau balik lagi"
Si uda ngangguk paham. "Ulang tahun sekolah ya?" Tebak si uda. Gempa ngangguk. Lagi-lagi gak heran, karna si uda ini se almet sama dia. Alias dulu uda sekolah di SMA yang sama, sama Gempa.
"Jangan lupa isi saldo mu, itu tinggal lima ribu" Kata uda sambil ngasih balik kartunya. Gempa ngangguk dan berterimakasih.
Bus sampe ke halte berikutnya. Lumayan banyak yang masuk, tapi banyak juga yang keluar. Jadi, bus penuh lagi. Tapi, sekarang ada satu kakek tua yang berdiri di depan Gempa.
Gempa, yang jelas-jelas super duper baik, apalagi ini orang tua, berniat buat berdiri dan ngasuh kakek itu duduk. Tapi ketahan, soalnya orang di sebelah dia tiba-tiba berdiri dan ngasih tempat duduknya ke kakek itu. Alhasil sekarang si perempuan ini yang berdiri. Si kakak yaknya anak kuliahan, diliat dari style pakaiannya dan tentengan laptop di tangan. Ditambah mukanya masih muda dan cantik.
Ngeliat itu, Gempa sempat bengong sebentar. Tapi abis itu dia langsung sadar dan berniat ngasih duduknya ke kakak itu. "Kakak, duduk aja kak" Katanya. Tapi ketahan karna si kakak dorong dia balik buat duduk.
"Duduk aja dek, kamu pasti lagi cape" Kata si kakak. Gempa ngerjap beberapa kali. Dia natap lama ke kakak berkacamata itu yang ngasih senyum manis ke dia. Cantik, ada lesung pipi juga.
"Ah. Kakak juga pasti capek, abis kuliah kan?" Gempa gugup sedikit. Jadi agak ragu ngomong. Si kakak ketawa kecil. "Kuliah aku selesainya jam dua tadi sih, ini baru balik dari cafe aja. Jadi santai, duduk aja kamu" Kata si kakak. Dia pegangan sama tiang dan berdiri ngadep Gempa. Dari tadi dia gak ngalihin perhatiannya dari Gempa bikin Gempa canggung sendiri.
Kayaknya si kakak tau kalau Gempa gugup dia liatin. Akhirnya dia coba ngajak Gempa buat ngobrol.
"Harun Hamdan Algempa, panggilannya?"
Gempa ngelirik sekilas ke name tag nya, terus ngedongak buat balik liat si kakak yang nanya.
"Biasanya Gempa kak, tapi Harun atau Hamdan juga boleh" Jawab Gempa dan ngasih senyum ramahnya seperti biasa. Si kakak ngangguk, "Oke, aku panggil Alge"
Gempa bengong seketika. Enam belas tahun hidup, belum pernah ada yang kepikiran manggil dia begitu. Mana dia sendiri gak kepikiran. "Anggap aja panggilan kesayangan"
Kaget lah Gempa. Ini kakak baru ketemu sehari kok udah pake panggilan sayang coba.
"Aku Rinai, salam kenal Alge" Tangan si kakak yang gak megang pegangan di ulur ke Gempa. Gempa Terima uluran tangannya.
Dari sana, Gempa jadi tau soal si kak Rinai ini. Kakaknya emang suka ngobrol, ada aja pertanyaan yang seketika bikin Gempa merasa kalau mereka udah lama temenan.
Ternyata, kak Rinai itu anak kampus UNP, jurusan pendidikan matematika. Katanya bentar lagi PL dan ngajarnya di sekolah Gempa. Kebetulan juga, si kakak ini satu almet sama Gempa. Sama kayak uda Akbar. Darimana si kakak tau dia cape, itu karna dia tau soal ulang tahun sekolah itu. Katanya dia lumayan dekat sama Kaizo, si ketua OSIS. Karna pernah ngadain kerjasama antara alumni sama pengurus OSIS.
"Acaranya sabtu ya?" Tanya si kakak. Gempa ngangguk. "Kakak mau dateng?" Gempa balik nanya.
"Mau dong! Udah lama juga aku gak ke sana. Temenin ya"
Gempa lagi-lagi ngangguk. "Boleh deh kak, aku juga gak banyak kerjaan hari-h nya"
Si kakak senyum manis. Abis itu ngomong makasih. Mereka tukeran kontak biar lebih mudah saling ngehubungin nya.
"Nanti kalau kakak udah sampai chat aja, Gempa jemput"
Si kakak ngangguk, dan ternyata itu percakapan terakhir mereka hari itu. Halte tujuan Gempa udah sampai.
"Gempa duluan ya kak" Gempa berdiri dan kini Rinai yang duduk. Rinai ngangguk kecil dan ngasih lambaian tangan. "Dadah Alge!"
Pintu bus udah tutup, sempat saling pamit juga sama uda Akbar. Gempa perhatiin bus yang makin jauh, terus balik jalan ke rumah kakeknya sehabis bus udah gak keliatan lagi.
Di simpangan jalan, ternyata dua kakaknya udah nungguin dia. Dan kayanya lagi bertengkar? Pusing juga Gempa tu dua orang ada aja yang diributin.
Makin deket dia sama dua kakaknya, makin terdengar pula sebab pertengkaran keduanya. Dan sukses buat Gempa kembali geleng-geleng kepala.
"Gempa lebih suka ke gramed, lo ngeyel banget"
"Gue bilang pantai! Gue lebih tau ya Lin!"
"Lo kalau tanya Gempa pasti dia lebih milih jajan buku daripada main air begitu"
"? The hell, lo gak tau aja seseneng apa dia sama pantai. Lo kan cuma duduk merhatiin, gak ikut main"
Udah mulai saling tarik kerah tuh mereka. Gempa malah lewat gitu aja. Keduanya yang sadar langsung lari dan nyamain langkah sama Gempa. Hali di kanan dan Taufan di kiri.
"Gem, minggu besok kita ke gramed ya" Ini Hali.
"Pantai aja Gem! Temen gue ada yang jualan makanan enak di sana"
Dan akhirnya Gempa ngasih jawaban yang nolak dua-duanya.
"Minggu gue ada acara"
"Acara apa?" Hali nodong pertanyaan.
"Makan-makan sama anak panit ultah sekolah" Jawab Gempa enteng. Dua-duanya jelas kecewa, yang paling keliatan Taufan.
Tapi dia balik lagi sama idenya. "Yaudah, sabtu besok kelilingnya sama kita ya!" Ajak Taufan. Gempa lagi-lagi nolak. Bingung dong dua kakaknya. Tumben banget si adek nolak ajakan mereka buat pergi bareng, padahal itu hal yang udah biasa buat mereka?
"Gue ada janji sama temen baru gue buat nemenin dia di acara besok. Kak Rinai namanya"
Oh, perjalanan pulang mereka jadi sunyi. Gempa yang bodoamat, Taufan yang gatau kenapa kesel, dan Hali yang kecewa.
halo gusy awokawok. kangen aku kan pasti 🤭
yg inih emang gaje bgt sie, tp thanks karena tetep dibaca awokawok 😭❤
KAMU SEDANG MEMBACA
[00] Kisah Tiga Bujang Tampan . melokal
Acakkisah ini berawal dari mereka, si tiga bujang tampan ini mau masuk sekolah menengah atas. mereka disuruh merantau sama bapaknya ketempat kakeknya, dipadang. berisi tentang lika liku kehidupan si anak kembar tiga, ada recehnya, ada galaunya, ada ada...