BAB 9 : JADI, TERNYATA!

2.6K 536 101
                                    

Ate dan si Engko sudah sampai di masjid, karena sekarang sudah jam satu siang, jadi suasana masjid tidak terlalu ramai, biasanya kalau menuju waktu sholat dzuhur banyak mahasiswa solat disini, tapi karena sudah jam satu siang, suasana tidak seramai biasanya.

"Moment yang pas untuk menjadi makmum satu-satunya." Ate tertawa sendiri dalam hati.

Ate menoleh ke belakang, ternyata si Engko cuma duduk di teras masjid. 'Oh, si Engko lagi buka sepatu kali' pikir Ate saat itu. Dia tidak ambil pusing, dia lanjut menaruh tasnya terlebih dulu di dalam masjid, setelah itu ambil wudhu.

Selesai mengambil wudhu, Ate masih melihat si Engko aja anteng di teras masjid. ‘Susah buka sepatu, atau kena lem pantatnya tuh bocah?’ pikir Ate. Tapi Ate kembali tidak menghiraukan kelakuan si Engko, dia hanya membatin kalau 'Yahh.. gagal deh gue di imamin sama si Engko'.

Akhirnya Ate masuk ke dalam masjid.

"Assalamualaikum Warrahmatullah..." Ate menoleh kearah kanan dan kiri, mengakhiri solat Dzuhur nya. Ate mengusap wajahnya, dan pada saat ia melihat ke luar masjid, lagi-lagi ia hanya melihat si Engko masih duduk di tempat yang sama, tapi sekarang dia lagi melihat Ate dari luar sambil tersenyum.

Setelah selesai berdoa, Ate pun keluar dari masjid dan duduk di samping si Engko untuk memakai kembali sepatunya. Tadinya Ate bermaksud mau tanya kenapa si Engko tidak solat dzuhur? Padahal tidak  mungkin kan dia lagi halangan? Kan dia cowok. Tapi Ate urungkan niatnya itu, dia khawatir, takutnya itu akan menyinggung perasaan si Engko, karena yang namanya ibadah kan urusan pribadi masing-masing.

Setelah selesai pakai sepatu, Ate dan si Engko pun bergegas untuk pulang.

Di perjalanan, Ate dan si Engko saling diam seperti biasa. Seperti biasanya, kalau bukan Ate yang membuka topik pembicaraan, si Engko tidak mungkin memulai. Wong dia mah ngirit banget ngomong nya, cuma senyumnya doang yang boros. Boros ampe bikin Ate tipes! Tipes diabetes seperangkat cacat kewarasan jiwa raga.

Sesampainya di depan rumah Ate, si Engko terus melajukan sepedanya, jelas, Ate kaget dong. ‘Nih orang mau bawa gue kemana?’ tapi ternyata kata si Engko dia mau bawa gue nongkrong sebentar.

‘Widihhhh asik juga ni bocah, anak tongkrongan juga rupanya dia cuyy!’

Ate yang mendapatkan ajakan nongkrong dari si Engko langsung cengar-cengir dong! Di pikiran Ate saat ini adalah Ate duduk dengan ditemani beberapa botol bir bintang atau segelas anggur merah, terus ada kacang kulit sama bika ambon. Beuhh!! Gak nahan sumpah!

Si Engko memberhentikan sepedanya di pinggir pesawahan, Ate langsung turun. Si Engko kemudian berjalan menuju sebuah gubuk yang ada ditengah-tengah sawah tersebut.

Ate hanya berdiri memperhatikan si Engko yang  alan kea rah gubuk tersebut, 'Oh.. si Engko mau ngambil bir yang dia sembunyiin di gubuk itu kali, biar nggak ada orang yang tahu, makanya dia sembunyiin disitu' batin Ate.

"Pinter juga nih bocah. Ada pengalaman ngebadung kayaknya" Ate senyum mengangguk.

"Ayo" si Engko menoleh ke belakang melambaikan tangan ke Ate yang mematung.

Ate menunjuk dirinya sendiri, memastikan bahwa dirinyalah yang memang dipanggil si Engko.

"Saya tidak bersama orang lain lagi disini kecuali kamu, siapa lagi yang saya panggil kalau bukan kamu." lanjut si Engko.

‘’ETDAHH!!! DASAR ATE OON!”

Ate pun berjalan mengikuti si Engko, sesampainya di gubuk, Ate ikut duduk seperti si Engko. Gubuk itu tidak terlalu besar, tapi cukup untuk 3 sampai 4 orang. Ate duduk bersila, sementara si Engko duduk memeluk kedua lututnya di sampingnya.

SAJADAH MERAH [TELAH TERBIT DI LOVRINZ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang