Janganlah Berputusasa Dalam Berdoa

35 3 6
                                    

"ketahuilah putus asa adalah sumber dari kehancuran. Tatkala dirimu berputus asa dalam berdoa maka doamu tak akan terkabulkan."

@m_nurhaqim

Terkadang salah satu penyebab putus asa dalam berdoa yaitu karena tidak terjawabnya doa doa yang kita inginkan. Sehingga keputusasa-an itu membuat kita lesu, lemas, sedih, kecewa, cape dan tidak ingin berdoa lagi. Sehingga beranggapan "buat apa sih berdoa ? Toh hidup ku sama aja gak ada perubahan. Buktinya orang yang sedikit berdoa jarang beribadah malah banyak yang hidupnya enak dan dikabulkan doanya ?." mungkin sebagian orang merasakan bisikan dalam hati seperti itu sehingga menyebabkan dia tidak mau berdoa lagi kepada rabbnya.

Wahai saudaraku ketahuilah, janganlah engkau berputus asa dalam berdoa, dan bersabarlah akan doamu. karena tatkala dirimu berputus asa dalam berdoa, dan tidak mau bersabar akn doamu, kemudian kamu berhenti dalam beroda. Maka disitulah letak doamu tidak akan terkabul.

Rasulullah Saw bersabda, "Doa seseorang senantiasa akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa ataupun untuk memutuskan tali silaturahim dan tidak tergesa-gesa." Seorang sahabat bertanya; "Ya Rasulullah, apakah yang dimaksud dengan tergesa-gesa?" Rasulullah Saw menjawab: "Yang dimaksud dengan tergesa-gesa adalah apabila orang yang berdoa itu mengatakan; Aku telah berdoa dan terus berdoa tetapi belum juga dikabulkan. Setelah itu, ia merasa putus asa dan tidak pernah berdoa lagi." (H.R.Muslim)

Ibarat seseorang menenam suatu benih diladangnya, kemudian benih itu tumbuh tetapi seseorang penanam benihnya mengatakan "kayaknya benih ini tidak akan tumbuh" kemudian dia meninggalkannya begitu saja. Maka dia tidak akan mendapatkan hasilnya.

Wahai saudaraku, tatkala engkau beroda tetapi belum terkabul. Ketahuilah, Allah bukan tidak mau mengabulkan doamu tetapi Allah cinta mendengar suaramu dalam berdoa.

Dalam kitab asbabu Al-Maghfirah karya ibnu rajab al hambali beliau mengatakan "(jangan pernah putus asa dalam berdoa) sekalipun waktu berdoa lama, karena sesungguhnya Allah SWT menyukai orang yang terus-menerus berdoa. Dalam atsar disebutkan, 'Bila seorang hamba berdoa kepada Tuhannya dan Dia menyukainya, maka Allah SWT berkata: 'Wahai Jibril jangan tergesa-gesa mengabulkan permintaan hamba-Ku, sebab Aku masih ingin mendengar suaranya."

Selama seorang hamba terus-menerus berdoa dan tidak pernah putus asa berharap, niscaya doanya akan dikabulkan. Barang siapa yang bersungguh sungguh dalam berdoa maka dapatlah ia. Barangsiapa yang mengetuk pintu rumah terus-menerus, niscaya pintu itu akan dibukakan. Dalam hadis riwayat Hakim, dari Anas bin Malik, dijelaskan: "Janganlah kamu berputus asa untuk berdo'a, karena tidak ada seorang pun yang binasa dengan doanya."

Maka untukmu wahai saudaraku, teruslah berdoa dan janganlah berputus asa dalam berdoa. Perbanyaklah berdoa, karena dengan perbanyak berdoa sama saja kita perbanyak ibadah kita. karena sesungguhnya doa juga bagian dari ibadah. Rasulullah Saw bersabda "doa itu adalah ibadah." (HR. Abu dawud dan At-Turmudzi). 

Karena Allah Ingin Selalu Kau TersenyumTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang