tujuh

136 18 0
                                    

        Dengan segala kesibukannya, tahu-tahu besok Senin udah ujian semesteran. Sesudah ujian ada liburan selama 2 minggu. Asiik. Bisa pulang Jinlin Tai, nih. A-Ling udah kangen Fairy. -enggak kangen keluargamu nak? Durhaka kamu nak-. Semesteran di Yunshen beda dengan SMA Lanling. Hanya pelajaran hitung-menghitung seperti matematika yang diujikan. Yang tidak memerlukan rumus tidak ada ujian. Tapi diganti dengan essay minimal 20 lembar dengan tema yang ditentukan oleh guru mapel. Setiap kelas bisa berbeda temanya. Nilai untuk mapel yang tanpa ujian diambil dari kuis harian dan setiap tugas yang diberikan.
        Selama setengah tahun pula, A-Ling berusaha pdkt ke Sizhui. Tapi kok tanggapan Zhui ge biasa saja yah. Maksudnya, perlakuan Zhui ge ke A-Ling sama saja ke yang lain. Terus apa bedanya A-Ling dengan mereka. Apa A-Ling harus agresif? Ih, ntar kalau Zhui ge jadi ilfeel gimana. A-Ling juga tidak mau minta saran ke siapapun juga termasuk bunda. Maluuuu.
         Udah belum berhasil mepet Zhui ge, eh malah ada gangguan dari genderuwo bertaring. Nggriseni banget kaya cacing kremi. Tapi, karena sering diganggu itulah, lama-kelamaan A-Ling malah berani melawan. Ajaran dari shifu Song Qing, A-Ling harus berani jangan cuman mewek. Kakaknya itu paling seneng kalau yang digangguin nangis-nangis. Baby Ling mesti manfaatin apapun yang lagi dipegang Baby Ling, untuk gebuk abang sekerasnya kalau dia berani macem-macem. Itu kata Song Qing.
          Misal, kamus bahasa Inggris setebal dosa Xueyang, pernah A-Ling lempar ke muka Xueyang, saat orang itu tahu-tahu muncul dan memeluk A-Ling dari belakang. Bodo amat kamusnya jatuh ke genangan air dan rusak. Mending beli kamus baru daripada dipeluk jurig.
         Atau, ketika Xueyang dengan kurangajarnya mencolek pantat A-Ling. Sesuai petunjuk master Song Qing, A-Ling menendang 'itu' Xueyang lalu kabur secepatnya. Tidak peduli Xueyang gelundungan nahan sakit. Habisnya, orang kok main colek sembarangan. Emang A-Ling wings biru?
        Meski sudah sering kena pukul, Xueyang itu enggak kapok juga. Malah makin gencar menggoda A-Ling. Kata Xueyang, ekspresi marah Baby Ling adalah yang terimut. Setres!
       A-Ling sampai emosi hingga ubun-ubun. Pengen tak hih, batin A-Ling geregetan. Udah mumet mikir ujian, masih ada aja yang tambah bikin otak A-Ling tambah panas. Bisa korslet ini lama-lama.
        Untungnya, ujian hanya berlangsung 3 hari. Hari ke 5 hasilnya sudah diumumkan. Toh semuanya sudah terdata di komputer. Yang bikin A-Ling gembira, di Yunshen tidak ada remidi. Yeay! Yang nilainya mepet bisa ambil tugas ekstra untuk nambah poin.
        A-Ling tersenyum lebar saat melihat hasil ujiannya di papan pengumuan. Ayah, ndanda, nama A-Ling di peringkat 27 dari seluruh siswa kelas 2. A-Ling seneng dong. Kan biasanya nama A-Ling berada di bawah, antara 60 dan 70 dari seratusan murid. A-Ling yakin kalau keluarganya mendengar berita ini, mereka pasti bahagia. Meski peringkat A-Ling belum setinggi Zizhen yang berada di peringkat 3 ataupun Song Qing yang ada di posisi 7, tapi sudah ada perbaikan. Yang membuat A-Ling cemberut adalah saat melihat nama Jingyi di peringkat 9. Ih, A-Ling enggak percaya kalau peringkat Jingyi setinggi itu. Pasti komputernya salah hitung. Tampang Jingyi saja bego begitu.
       A-Ling juga ikut bangga saat melihat daftar peringkat kelas 3. Nama Sizhui berada di peringkat pertama. Mana selisih nilainya dengan peringkat 2 lumayan jauh pula. Zhui ge memang keren. Idaman pokoknya. A-Ling jadi berpikir untuk memberi Sizhui hadiah suatu produk khas Lanling. Besok minta pendapat nenek ah kalau udah di rumah.
        Kebahagiaan A-Ling karena peringkatnya melonjak tidak berlangsung lama. Saat A-Ling menelpon bunda untuk memberi tahu kabar bahagia itu, bunda berkata kalau A-Ling enggak usah balik Jinlin Tai saja, soalnya kakek dan nenek nyusul ke Jepang, jadi Jinlin Tai hanya ada paman Zixun. Paman Xuanyu saja kembali ke rumah ibunya di desa Mo.
         A-Ling langsung ngamuk tidak terima. Kenapa enggak ajak A-Ling? Kan A-Ling juga pengen liburan ke Jepang. Teman- teman A-Ling pada pulang. Terus, A-Ling mesti ngapain di asrama? Masak bengong di kamar. A-Ling kan enggak ambil tugas tambahan untuk menambah poin.
         A-Ling merengek, mencoba merayu bunda, agar diperbolehkan nyusul ke Jepang diantar paman Zixun. Tapi ditolak mentah-mentah oleh bunda.
        "Baby Ling, dengerin bunda ya. Paman Zixun itu harus tinggal di rumah, tidak boleh kemana-mana. Karena diberi tanggungjawab oleh kakek untuk ngurus perusahaan selama kakek di Jepang. Paham sayang? Baby Ling liburan di Jingshi saja ya. Nanti bunda telpon paman A-Xian biar disipain kamarnya. Baby Ling seneng kan bisa dekat-dekat gege tampan? Sudah ya, enggak usah nangis. Baik-baik di Jingshi ya sayang, jangan rewel. Bunda sayang Baby Ling. Bye".
        A-Ling membanting hape-nya ke kasur sesaat setelah bunda menutup telpon. Mau dibanting di lantai, sayang, kalau rusak belum tentu ayah mau beliin yang baru.
         Sambil memukuli bantal A-Ling menggerutu, ayah jahat, ndanda jahat, kakek jahat, nenek jahat, semua udah enggak sayang A-Ling. Mata A-Ling mulai berkaca-kaca. Sebulir airmata pun menetes.
         A-Ling hampir terisak saat pintu kamar diketuk. Ugh, siapa sih, gangguin A-Ling lagi mengsedih. Awas ya, kalau cuma Zizhen yang ketinggalan barang. Enggak bakal A-Ling bukain pintu.
         "Siapa?" tanya A-Ling dengan suara sengau.
        "Zhui ge, Ling," terdengar suara Sizhui.
        Waduh. Pangeran tampan A-Ling ternyata. Mana muka A-Ling lagi jelek. Disambarnya tisu untuk mengusap mata yang berair.
         "Zhui ge, ada apa?" tanya A-Ling setelah membuka pintu.
         "Disuruh mimih jemput A-Ling. Kata mimih, A-Ling akan liburan di Jingshi. Memang A-Ling tidak mau pulang ke Jinlin Tai?" tanya Sizhui.
        "Siapa yang enggak mau pulang sih, Zhui ge. Orang Jinlin Tai cuma ada paman Zixun. Semua jahat ninggalin A-Ling," kata A-Ling dengan suara tercekat.
        "Ya, sudah. Tidak usah nangis. Liburan di Jingshi saja ya, bareng gege dan adik-adik? Sana, kemasi baju dan tugas liburanmu. Gege tungguin," Sizhui menepuk lembut kepala A-Ling.
         A-Ling mendadak sadar. Menginap di Jingshi kan berarti kesempatan untuk dekat dengan Zhui ge semakin besar. Hooooh. Tidak apa-apa lah ditinggal. Ada berkah tersembunyinya. Semoga pdkt A-Ling berjalan lancar tanpa gangguan dari siapapun. Doa-in A-Ling ya teman-teman.

Baby LingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang