sebelas

111 12 0
                                    

Kita langsung menuju ke tekape........




          Selalu bangun jam 5 pagi saat di asrama, tubuh A-Ling pun otomatis mengikuti kebiasaaan itu. Uft. Padahal pengen bangun rada siang. Biar terasa liburannya gitu. A-Ling menggeliat pelan dan menengok kearah kasur Song Qing. Kosong. Lah. A-Ling ditinggal.
         Setelah membereskan selimut, A-Ling buru-buru turun. Sepi. Takuut. Di Jinlin Tai kan banyak ART berseliweran. Baru sampai bawah, A-Ling mencium aroma sedap roti yang sedang dipanggang. Wah, A-Qing lagi bikin sarapan ya. Kebetulan. A-Ling mau ambil minum dulu di dapur. Jadi ada temannya.
         Ternyata bukan Song Qing. Melainkan Xiao Xingchen yang sedang sibuk memotong-motong buah. Kompor ganda sedang menyala semua dengan satu panci berisi entah apa dan satu teflon yang mengeluarkan bunyi desis. Lagi goreng bacon ya? Atau sosis?
          "Selamat pagi paman," sapa A-Ling.
          "Selamat pagi sayang. Nyenyak tidurnya?" sahut Xiao Xingchen.
          "Iya paman. Terimakasih," jawab A-Ling.
          "Mau sarapan sekarang? Paman siapkan roti," Xiao Xingchen menawari.
           "Nanti saja paman. Belum gosok gigi. Ini mau minum dulu," A-Ling menuang segelas air hangat. "A-Qing sudah pergi ya paman?" A-Ling bertanya setelah menghabiskan minumnya.
          "Baby Ling," kepala Song Qing nongol di pintu dapur.
          "Lah, kirain udah pergi," ujar A-Ling.
          "Orang lagi cuci muka. Baby Ling cuci muka sana. Terus kita jalan-jalan ke pasar. Entar sarapan disana. Ada yang jual bubur telur enak di pasar," kata Song Qing promosi.
         "Itu paman udah nyiapin sarapan," A-Ling menunjuk ke arah Xiao Xingchen yang sedang menuang daging asap ke piring.
          "Itu sih bekalnya. Emak dinas pagi lagi tuh. Biar enggak usah bolak-balik. Meski cuma di sebelah sih," kata Song Qing.
          "Oh iya. Lupa mau nanya semalam. Paman Xingchen dokter ya di rumah sakit nek Sanren?" mumpung orangnya enggak kelihatan, A-Ling manggilnya nek Sanren bukan Ren jie.
         "Bukan sayang. Paman Song Lan yang dokter. Kalau paman, perawat di bangsal anak," jawab Xiao Xingchen seraya menata makanan dalam kotak tapirware.
         "Sudah, enggak usah ngobrol dulu. Sana. Entar kedai buburnya keburu banyak yang antri," Song Qing mendorong punggung A-Ling.
          Sewaktu akan keluar rumah, Xiao Xingchen mengulurkan tas belanja pada Song Qing. Disertai daftar dan beberapa lembar uang. Disuruh belanja sekalian dong. Untung, Xueyang masih molor. Coba kalau udah bangun. Pasti ribut pengen ngawal sampai pasar. Ish. A-Ling enggak mau diikuti jin.
          A-Ling terpukau melihat pasar. Waaaaah. Beda banget ya dengan pasar di pemukiman keluarga Lan. Disini berisik dan berjubel. Ada pedagang yang seakan lomba teriak, saling berseru menawarkan dagangannya. Ada emak-emak ceriwis menawar harga. Ada pembeli yang rewel minta bonusan. Ada pula yang komplain soal barang yang dibelinya. Apa pasar di Lanling juga seperti ini? Mesti ajak paman Xuanyu keliling nih. Paman kan sering ngelayap sendiri. Jadi pasti tahu jalan, enggak bakal nyasar. Di Yunmeng yang lebih bebas saja, A-Ling enggak pernah diajakin ke pasar. Nenek Yu kalau belanja cukup telpon dan belanjaan diantar ke Lianhua Wu.
          Rupanya, banyak pedagang yang mengenali Song Qing sebagai putri dokter Song dan menyapa dengan hangat. A-Ling diperkenalkan sebagai cucu-keponakan paman Wei. Akibatnya, tangan A-Ling tahu-tahu dipenuhi cemilan. A-Ling hampir menolak, tapi Song Qing memberi isyarat agar A-Ling menerimanya.
          "Kenapa A-Ling diberi jajanan?" tanya A-Ling. Bukannya tidak suka, siapa sih yang bakal menolak barang gratis?-bukan sayaaa-. Tapi, mereka kan jualan, masak diberikan gratis.
          "Mereka itu orang-orang yang pernah ditolong oleh paman Wei atau Ren jie, baby Ling. Itu adalah ucapan terimakasih tulus mereka pada paman Wei. Anak-anak Xian ge juga sering diberi kok kalau mereka kesini. Udah. Di maem aja. Mumpung masih anget tuh," ujar Song Qing. Yang tidak dijelaskannya adalah, yang diberi cemilan biasanya yang dianggap masih bocah. Yang sudah dewasa tidak. Mending engga usah dikasih tahu deh. Daripada bocil satu ini ngambek, batin Song Qing.
           Mereka berkeliling sampai semua daftar belanjaan sudah terpenuhi. Lalu, Song Qing membawa A-Ling ke penjual bubur. Kedainya kecil, tapi yang antri banyak. Sing Qing kasihan melihat A-Ling yang sudah banjir keringat begitu. Jadi, dia menyuruh A-Ling duduk, biar Song Qing yang antri. A-Ling setuju. Udah pegeeel.
          15 menit kemudian, seporsi bubur hangat tersaji di depan A-Ling. Duuh, aromanya bikin tambah lapar. Song Qing benar. Buburnya enak banget. Seporsi mana cukup. Jadilah, 3 porsi bubur masuk perut A-Ling. Kenyang........
           Saat mereka akan pulang, A-Ling mendadak punya ide ingin pergi ke kuil. Enggak usah bakar dupa sih. Kan A-Ling enggak kenal. Tapi, meletakkan bunga boleh dong. Song Qing setuju. Mereka pun mampir ke penjual bunga sebelum ke kuil.
Kuil berjarak lumayan jauh dari pasar. Kalau jalan kaki bisa gempor juga. Maka, mereka naik bis bobrok, satu-satunya angkutan umum yang memiliki rute ke kaki bukit. Penumpangnya kebanyakan emak-emak bodi bohay, warga dusun di sekitar kaki bukit yang baru pulang dari pasar.
          Kalau naik bis hanya butuh 15 menitan. Tapi, karena bis tua, dan jalannya juga tidak semulus paha A-Ling, jadi mereka harus mengalami diguncang di dalam bis. A-Ling jadi ingat waktu diam-diam diajak paman A-Cheng offroad. Sensasinya sama.
           Hanya mereka berdua yang turun di halte dekat kuil. Dan masih harus jalan sekitar 100m karena kuilnya tidak pas di pinggir jalan raya. Kuil itu tidak besar berlatar bukit berbatu. Mereka langsung menuju monumen dan meletakkan bunga dibawahnya. Sudah banyak bunga yang tergeletak. Mungkin dari para keluarga. Kata Song Qing, ada pula dari relawan lokal, yang dulu juga ikut waktu proses evakuasi.
         Mumpung di kuil, Song Qing sekalian ingin bakar dupa untuk sepupu dan bibinya, yakni anak dan istri paman Daoren. Song Qing belum sempat ke rumah neneknya sih. Biasanya sih, bakar dupa di sana, di depan tablet memorial mereka. Habisnya, awal liburan sibuk nyelesaiin tugas. Terus, baby Ling datang. Karena ada A-Ling, Song Qing membatalkan rencananya ke tempat nenek. Kasian kan kalau baby Ling jadi nyamuk. Untung neneknya memaklumi dan tetap memberi uang saku. Meski, seperti kena karma, langsung dihabiskan A-Ling. Tapi gak masalah. Kan langsung diganti 2x lipat oleh Xian ge. Enak kan, punya sepupu yang suaminya sultan ehehe.
           A-Ling tidak ikut masuk kuil tapi menunggu di luar. Duduk di bangku panjang yang memang tersedia untuk pengunjung kuil. Duh. Mati gaya nih. A-Ling lupa enggak bawa hape. Terus mesti ngapain nih. Bengong? Kalau ada hape kan mending bisa upload foto-foto imut di outstagram. Ya sudahlah. Bengong bentar juga enggak apa-apa. A-Qing juga enggak bakal lama kan. Bakar dupa cuma berapa menit sih.
          "Lho? Nak Jin Ling?" seseorang menyapa.
          "Lah??! Paman Guo," A-Ling berseru senang melihat seseorang yang dikenalnya. A-Ling apal lah dengan paman itu. Orang kalau liburan ke Lianhua Wu, A-Ling sering beli roti isi di kios paman Guo. Roti-nya enak dan A-Ling sering diberi bonus gulali buatan istri paman Guo. Duh. A-Ling jadi ngiler kan, membayangkan roti panas dengan isian berlimpah nan gurih. Nyammm.
           Paman Guo tertawa renyah dan duduk di sebelah A-Ling. "Nak Jin Ling ngapain bengong disini. Oh iya. Ke sini dengan siapa? Setahu saya, tuan Jiang tidak pergi ke Yiling".
          "A-Ling berangkat bareng sepupu dari Gusu kok paman. A-Ling kan sekarang sekolah di Yunshen," A-Ling menjawab jujur. Kan paman Guo bukan orang asing.
          "Oh iya. Paman lupa kalau nak Jin Ling sepupunya Zhui er. Kalau sekolah di Yunshen, berarti kenal Jingyi dong?" tanya paman Guo.
          "Lho? Paman kok kenal Zhui ge dan Jingyi," A-Ling terheran.
          "Jingyi kan keponakan paman. Ayah Jingyi itu kakak kandung paman, satu-satunya saudara," jawab paman Guo.
         A-Ling terperangah. Dunia ini sempit ya. Siapa yang mengira, paman Guo yang A-Ling kenal di Lianhua Wu adalah paman Jingyi. Memang sih, kemarin sudah diberitahu Xueyang nama asli Jingyi, tapi siapa yang mengira kalau Jingyi ponakan paman Guo penjual roti isi. Nama Guo kan banyak. A-Ling jadi bertambah malu karena telah memusuhi Jingyi. Paman Guo dan istrinya kan baik banget sama A-Ling. "Anuuu, ituu. A-Ling cuma tahu saja paman. Enggak akrab dengan Jingyi. Soalnya kami engga sekelas," A-Ling nyengir rikuh.
          "Tapi, kemarin berangkat bareng kan dari Gusu?"
          "Iya paman. Tapi, A-Ling ditinggal di rumah kakek Wei," kata A-Ling.
          "Terus jalan-jalan sendiri?" tanya Paman Guo cemas. Lah. Tuan muda ini kan tidak pernah dilepas sendirian. Di Lianhua Wu, kalau tidak dengan tuan Jiang Cheng, ya diiringi seorang asisten.
          "Enggak lah. A-Ling kan enggak tahu jalan. Tadi bareng A-Qing kok".
          "Siapa A-Qing itu? Saudara nyonya Cangse?" Paman Guo mengernyit. Saudara nyonya Cangse sih, setahunya yang perawat cantik itu.
          "Iya. Ponakan nek Sanren. Namanya Song Qing. Paman kenal tidak?" tanya A-Ling.
          "Ooh. Putrinya dokter Song ya? Terus anaknya dimana kok nak Jin Ling sendirian?"
          "Anaknya lagi bakar dupa di kuil tuh. Paman mau bakar dupa juga?"
          "Sudah tadi. Bareng a-Yi dan Zhui er juga," kata paman Guo.
          "Lah? Zhui ge tadi kesini? Kok enggak ketemu?" seru A-Ling kecewa.
          "Sudah pulang dari tadi. Mau nyusul ke rumah?" tawar paman Guo.
          "Boleh paman?" A-Ling bertanya dengan antusias, "kemarin enggak boleh nyusul sama A-Qing. Jangan ngerusuh gitu katanya".
           "Boleh lah. Ngerusuh apanya. Ayo. Kalau mau ikut, sekarang. Beberapa menit lagi, bis yang menuju kota, lewat. Nanti kalau ketinggalan, harus menunggu sejam lagi. Tadi saja, paman ketinggalan gara-gara keasikan ngobrol dengan kenalan paman. Untungnya, A-Yi dan Zhui er naik sepeda tadi," celoteh paman Guo.
          "Errr, ada yang bisa dititipi pesan untuk A-Qing tidak ya paman? Kalau pergi sekarang, pasti A-Qing bingung nyariin". Duuuh. Pengen pergi sekarang, kangen Zhui ge. Tapi masak enggak pamit.
           "Kirim pesan WA saja, nak," kata paman Guo.
           "Lupa enggak bawa hape paman eheeee," A-Ling nyengir.
            "Bisa titip pesan pada murid kuil ini kok," paman Guo menunjuk seorang bocah yang sedang sibuk membersihkan rumput liar. "Banyak yang kenal dengan putri dokter Song".
           A-Ling setuju. Setelah meninggalkan pesan untuk Song Qing, mereka pun segera menuju halte. Semenit setelah sampai halte, bis pun datang. Huft. Tepat waktu.
           A-Ling tidak mengira, kalau rute bis melewati depan rumah sakit. Kata paman Guo, semua bis dari kaki bukit pasti melewati depan rumah sakit Nyonya Cangse. Prioritas untuk warga dusun yang rata-rata kurang mampu. Agar kalau ada yang sakit bisa segera ke rumah sakit.
          Sepanjang perjalanan, paman Guo yang memang suka ngobrol, bercerita banyak tentang Jinyi. Salah satunya, alasan kenapa Jingyi dibawa ke Gusu. Waktu itu, kakek Guo sudah meninggal dan nenek Guo sakit-sakitan. Sedang paman Guo sendiri waktu itu belum selesai kuliah, dan tidak berani menerima tanggung jawab sebesar itu. Sehingga, untuk masa depan Jingyi, nenek Guo pun melepas Jingyi ke keluarga Lan.
           Ada satu cerita yang membuat A-Ling merasa aneh. Jingyi memang sempat tinggal di panti keluarga Lan, karena kakek nenek dari pihak ibunya juga telah tiada semua, tapi hanya sekitar 3 bulan. Setelah itu, Jingyi dirawat di Jingshi, tumbuh besar dengan Sizhui hingga Jingyi kelas 3 SMP. Dimana Jingyi memutuskan tinggal di asrama dan belajar mandiri. Mereka..... sedekat itu? Hanya sebagai saudara kan? Entah kenapa, A-Ling merasa tidak nyaman mendengarnya.
          Dari halte, mereka berdua masih harus jalan kaki masuk kampung. Jalanannya sepi. Kata paman, warga kampung itu banyak yang bekerja di pekerbunan sayur organik milik tuan Wei. Anak-anak yang lagi liburan pun sebagian besar kerja sambilan disana.
Rumah Jingyi sudah terlihat. Agak mencolok karena satu-satunya rumah dengan 2 lantai. Di-cat warna biru dan berpagar tembok rendah. Di tembok pagarnya, dilukisi pemandangan danau lotus Lianhua Wu. A-Ling yakin itu, soalnya banyak lotus ungu-nya. Meski, warnanya sudah pudar tergerus waktu.
          "A-Yi!? Zhui er!?" Paman Guo memanggil begitu masuk ke dalam rumah. Tidak ada jawaban.
          "Mereka pergi ya paman?" A-Ling kecewa.
           "Tidak mungkin lah. Kalau tidak di atas atau di kebun, ya berarti di pinggir kali," jawab paman Guo. "Rumah-rumah deretan sini, tanah bagian belakangnya menurun ke sungai. Tempatnya sejuk, airnya juga jernih. Cocok untuk menenangkan diri. Jingyi biasanya kesana kalau lagi sedih. Paman cari dulu ya".
           "Engg, paman. Gimana kalau A-Ling yang kesana? A-Ling pengen lihat sungainya," kata A-Ling.
           "Boleh. Tuh, lurus saja lewat pintu dapur itu. Hati-hati ya nak. Anak tangganya rada curam. Paman buatkan minum dulu," paman Guo menunjuk pintu.
           A-Ling melintasi kebun mungil yang dulu pasti penuh sayuran, tapi sekarang penuh semak. Pinggir kebun dibatasi pagar besi setinggi dada. Pintu kebun tertutup tapi tidak terkunci. Pintunya berderit saat dibuka. A-Ling meringis. Kalau malam bikin suasana jadi horor nih.
A-Ling menuruni anak tangga yang jalurnya dibuat agak melengkung itu dengan pelan, jangan sampai njlungup karena berlari. Enggak lucu kan kalau A-Ling terjungkal disini.
           Waaah. Sampai bawah, A-Ling jadi lupa tujuannya ke sungai tadi. Bener kata paman. Sejuk banget. Duh kalau lihat yang jernih segar gini, hawanya jadi pengen nyebur.
           Degh!
           Saat mengitarkan pandang, mata A-Ling terpaku di satu titik sekitar 30m arah hulu. Itu....... Zhui ge dan Jingyi?
          Ada satu tempat di pinggir sungai yang tanahnya lumayan luas. Terdapat sebatang pohon tidak terlalu tinggi tapi berdaun rimbun. Di bawah pohon, nampak Sizhui sedang bersandar santai dengan Jingyi di pelukannya. Yang membuat A-Ling gemetar adalah saat melihat Sizhui mengecup dahi Jingyi penuh sayang. Mereka......... pasangan?
          A-Ling memang belum pernah pacaran, tapi tidak asing dengan hal romantis seperti itu. Yang begitu tidak bisa disebut sebagai kasih sayang antar teman kan? Untuk disebut saudara juga terlalu dekat. Yang semacam itu, mirip dengan ayah dan ndanda kalau lagi mesra-mesraan. Airmata A-Ling turun perlahan. Ndandaaaa, sakiiit.
          Tiba-tiba semua gelap.








Jangan hujat sayaaa. Huhuhuhu. Mohon maaf kalau semakin lama semakin aneh. Terimakasih untuk yang masih menunggu. Terimakasih untuk yang bersedia memberi voment.
Okee. Sampai jumpa chapter depan.

Baby LingTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang