Menangis adalah perkara sederhana yang sering kali diperumit oleh gengsi.
Menurut para ahli yaitu psikolog, rata-rata perempuan lebih sering menangis dibandingkan dengan laki-laki. 5,3 kali lebih sering menangis dalam sebulan. Karena penelitian ini pun para perempuan dikatakan cenderung ekspresif daripada laki-laki.
Kita juga sering melibatkan orang terdekat karena keterikatan manusia dengan manusia yang lain yang kita anggap dekat, karena melibatkan keterikatan itu kita hanya bisa menangis didekat mereka saja.
Tangisan juga adalah salah satu cara agar emosional ketika seseorang terluka, sedih, kesal, bahagia dan bahkan tertekan secara emosional pun menghilang, walaupun tidak menghilang keseluruhan apa yang kita rasakan.
Menangis seringkali dicap sebagai seseorang yang kekanak-kanakan dan ketidakdewasanya seseorang, padahal menangis adalah agar manusia mengekspresikan perasaan nya, dan melalui tangisan salah satunya, Oleh karena itu, normal bagi manusia untuk menangis.
Namun, kita sering kali malu untuk mengekspresikan perasaan itu, karena pasang mata orang-orang melihatnya sebagai seseorang yang kekanak-kanakan dan ketidakdewasa, dan juga sering mendengar perkataan. “Jangan menangis. Menangis adalah hal yang memalukan.” Dan juga “Menangis adalah untuk orang lemah.”
Tidak ada sedikitpun tangisan yang memalukan. Namun, banyak sekali yang beranggapan tangisan identik dengan bayi. Mengapa begitu? Karena mereka menganggap hanya seorang bayi saja yang boleh menangis. Akan tetapi, tidak seperti itu. Kalian hebat sudah berani mengekspresikan perasaan, sebab hanya orang-orang yang kuat dan berani mengekspresikan perasaan dengan cara menangis itu, Kau adalah orang yang kuat bukan lemah.
Orang-orang yang merasa tidak puas dengan fisiknya atau bisa dibilang Insecure. Insecure merupakan perasaan tidak aman yang dimana seorang individu merasa tidak percaya diri (inferiority), takut, cemas (anxiety) dan lainnya akan suatu hal yang dipicu oleh rasa tidak puas dan tidak yakin akan kapasitas diri sendiri. (Menurut para ahli).
Mereka yang insecure selalu menangis, sedih tanpa sebab karena ketidakpuasan. Walaupun sedih merupakan sesuatu reaksi yang wajar ketika seseorang mengalami tekanan dan stress. Namun, sedih berkepanjangan juga tidak baik dan bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari dan bisa menimbulkan gangguan mental atau gangguan fisik lainnya. (Menurut para ahli).
Disisi lain, menangis berlebihan juga tidak baik pada kesehatan salah satunya munculnya sakit kepala, sakit kepala tipe migrain juga dapat muncul setelah menangis berlebihan atau terlalu lama. (Menurut para ahli).
KAMU SEDANG MEMBACA
Aku Harus Sempurna?
Genel Kurgukita yang sejak kecil sudah dipaksa untuk sempurna dalam segala aspek apapun, mulai dari orang tua dan orang-orang yang disekitar kita. Ia pun terkurung dengan belenggu dan ekspetasi orang-orang, dan sebisa mungkin ia harus keluar dari kurungan ini...