Ela benar benar terluka,aib yang di sembunyikan terbuka sudah ,dengan berat hati ,dia sendiri yang menghadap Bu Tina untuk undur diri dari sekolahnya.
"Ela,Ibu tahu .Kamu terluka dengan ucapannya,Ibu sangat tahu .Tapi Santi sudah minta maaf kan ,dia gak akan ngulangi lagi.Abaikan tatapan aneh mereka,kamu punya kelebihan sayang.Jadi tetaplah di sini,sampai lulus ya.Ibu janji ,tidak ada seorangpun yang meledekmu lagi,Ibu janji jadi yang terdepan ,Pak Gaga ...Tama ,guru yang lain banyak yang peduli padamu.Santi dan yang meledekmu ,itu hanya seujung kuku dari yang menyayangmu.Kamu ikon sekolah ini El,Ibu mohon."Bu Tina tak sungkan memelukku erat,tapi hatiku semakin tertusuk,bayangan wanita itu selalu ada ,kata kata Bapak ,Santi.Tatapan merendahkan dari mata teman sekelasku,Ela sungguh tak kuat menahannya.
"Maaf Bu,Ela tak sekuat itu."Lirih Ela tak berani menatap mata sendu Bu Tina,Ela tak kuat jika terus menatapnya ,takut tidak bisa pergi,dan rasa sakitnya akan bertambah.
"Boleh Ibu cerita.Jika itu maumu,Ibu berat melepasmu.Duduklah,dengan cerita Ibu ini,kamu bisa berubah niat dan kuat ,bisa menatap masa depanmu ,lupakan kebencian yang ada di hatimu."
Ela perlahan duduk ,Bu Tina menggenggam kedua tanganya.
"Ibu juga pernah merasakan sepertimu.Kamu tahu,Ibu adalah singgle parent dari tiga orang putri yang cantik.Alhamdulillah."Bu Tina menghela nafas panjang.
"Dulu ketika usia lima tahun Ibu di tinggal pergi wanita yang sangat berarti bagi Ibu,dia Ibuku....pergi meninggalkan Ibu tanpa pamit ,tanpa kabar berita.Dan Ayah bilang Ibu pergi karena menikah dengan lelaki lain,meski masih kecil ,Ibu sedih kehilangan seorang yang selalu menemani ,menjaga Ibu sampai usia lima tahun.Ayah lulusan perguruan tinggi ternama ,berpendidikan bukan ,tugas kedinasan waktu itu.Ayah mendoktrin jika wanita yang melahirkan Ibu pergi dan tega meninggalkan Ibu yang masih balita ,tertanam kuat di hati ,kebencian Ibu terlalu dalam .Memang saudara Ayah tidak langsung mengatakannya ,meski bisik bisik Ibu dengar ,wanita yang telah melahirkan Ibu adalah seorang pezina,Ibu sakit hati ,Ibu sangat malu dan benci.Ayah tidak menikah sampai akhir hidupnya.Justru setelah Ayah tiada ,kamu tahu apa yang terjadi?"
Ela menggeleng ,Ela merasakan luka Bu Tina,sama sepertiku Bu.
"Ibu bertemu dengan lelaki teman sekolah Ibu ,dia bersama istrinya.Bilang Ibu masih hidup ,Ibu mengabdi pada sebuah pondok pesantren di daerah pelosok.Ibu jadi guru ngaji dan juru masak ,Ibu tidak menikah sejak di usir dari rumah oleh Ayah.Kamu tahu Ibu sangat marah pada teman Ibu ,Ibu berpikir karena temanya pasti melindunginya.Ibu tak ingin memikirkannya ,Ibu sungguh ingin mengabaikannya.Tapi ikatan Ibu dan anak membawa Ibu padanya ,Ibu sengaja ingin tahu keberadaannya.Dan Ibu menyesali ,berpuluh tahun kesalahpahaman ini Ibu pendam dalam hati ,semua saudara memvonisnya ,Ibu pezina ,tapi bukan begitu kejadiannya.Dari Pak Kyai di sana ,Ibu jadi tahu.Ibu pergi karena di usir setelah terpergok sekamar dengan lelaki lain ,padahal Ibu hanya menemani teman wanitanya untuk menolong suaminya yang sedang sakit untuk di bawa ke rumah sakit ,hanya dengan melihat sekilas ,Ibu di cap sebagai perempuan kotor.Meski Ibu berusaha membela diri,teman dan suaminya menerangkan juga ,tapi Ayah terlanjur hancur ,Ibu sangat menyesal sudah membencinya,Ibu menyesal El."Bu Tina tak kuasa menahan air matanya ,Ela larut dalam tangisnya.Itu beda Bu,Bapak melihatnya sendiri,dan Bapak bilang aku jala## seperti Bundaku.
"Pergilah jika kamu ingin sembunyi dari kenyataan.Saran Ibu,jangan ikut memendam kebencian tanpa tahu kebenarannya ,sebelum kamu menyesalinya ."Bu Tina menatapnya dengan lembut.
Ela tetap pindah sekolah ,meski Gaga dan teman sekelasnya ,guru guru juga menghalanginya.Bu Tina sudah menyiapkan semuanya ,meski merasa bersalah tak bisa menepati janjinya pada Gaga.
"Ibu adalah Kepala Sekolahnya ,tolong hentikan rumor ini.Apa hak mereka memvonis Ela,andaipun itu benar.Tapi itu Ibunya ,bukan Ela.Dia baik Bu,kita butuh siswi sepertinya.Berbakat,dalam pelajaran juga dapat di andalkan.Ibu harus janji sama Gaga."
Bu Tina mengusap wajahnya "Maaf Pak Gaga aku gagal membujuknya"dalam hati Bu Tina merasakan perih karena nasibnya sama dengan Ela.
Ela pindah di sekolah beda dua kecamatan,Bapak uring uringan.Merasa Ela hanya bermain main,tapi Riki meyakinkan bahwa Ela butuh privasi .Soal biaya Riki di bantu Gaga menyukupi semua biaya nya ,bagaimanapun sekolah jauh sangat membutuhkan biaya.Dan satu lagi ,ada hal yang tak di ketahui Riki ,Ela juga Bapak.Rika menyimpan uang kiriman seseorang yang tak di kenalnya ,dan masih tersimpan rapi di rekeningnya,meski bukan nama Bundanya ,hati kecil Rika berkata itu Bundanya.
KAMU SEDANG MEMBACA
TETESAN RINDU
DiversosTiba tiba Ibu pergi ,gugat cerai pas sehari setelah pernikahan kakak perempuanya.Usiaku 12 tahun waktu itu ,tak tahu apa masalahnya .Mendengar dari ceriya Bapakku ,Ibu pergi dengan pacar barunya.Benci yang pertama kurasakan ,bahkan Ibu tak mengucap...