Q: Halo, kami ucapkan selamat sudah terpilih dalam WIA Featured Story! Sebelum tanya-tanya boleh perkenalkan diri dan ceritakan sedikit tentangmu?
A: Halo, semuanya. Perkenalkan, saya Diah. Aktif dengan nama pena diahsulis sejak tahun 2015. Saya aktif di wattpad sejak Desember 2014 dan saya aktif menulis kisah-kisah fantasi dan distopia. Penggemar novel dan movie steampunk, naga, bajak laut, vampir, dan penyihir. Suka dengerin podcast horor tapi pas disuruh ke kamar mandi malem-malem ngibrit heboh sendiri. Aries yang suka histeris tak tertolong kalau dapat merch offi. Punya hobi bikin diagram alur saat mendesain adegan pertarungan karena butuh tau siapa ngehajar siapa setiap detiknya. Sampai saat ini cita-cita saya belum berubah, yaitu menamatkan satu novel setiap tahunnya. Salam kenal!
Q: Bagaimana perasaanmu saat mengetahui ceritamu terpilih pada periode ini?
A: Pas denger kabar ini, kaget tentu aja. Sempet bengong dan diskonek dari realita selama beberapa detik, kucek-kucek mata, sampai baca berkali-kali, takut salah baca. Nggak nyangka bisa kepilih, padahal kisah-kisah yang lain bagus semuanya. Huhuuu. Saya benar-benar berterima kasih sama tim WIA yang sudah berkenan memilih Lazarus Chest di Featured Story kali ini.
Q: Ceritakan secara singkat dong tentang karyamu yang masuk ke dalam Featured Story periode 4 ini!
A: Lazarus Chest berkisah tentang dunia yang dijajah oleh penyihir. Jadi di sini, kaum manusia yang nggak memiliki sihir menjadi pekerja kasar dan budak yang tidak diperlakukan dengan manusiawi. Tokoh utama kita adalah Alto, seorang perempuan yang menyamar sebagai laki-laki dan bekerja sebagai mekanik kapal-kapal udara. Alto punya keanehan yang selalu membuatnya dalam masalah, yaitu mesin-mesin bertenaga sihir selalu mati dan tidak bisa lagi digunakan setiap kali ia sentuh. Kisah Lazarus Chest adalah perjalanan Alto menemukan jati diri dan mencari tahu kebenaran di balik kekuatan yang ia miliki.
Q: Apa nilai-nilai yang selalu kamu sisipkan dalam cerita-ceritamu?
A: Harapan. Pesan untuk pembaca dan untuk saya sendiri. Bahwa di dunia paling gelap dan kemungkinan paling kelam sekalipun, selama ada orang yang bertekad dan mau bergerak untuk perubahan yang lebih baik, harapan akan selalu ada.
Q: Apa saja isu-isu penting yang menurutmu perlu mendapatkan perhatian lebih dalam cerita ini?
A: Satu pemikiran saya ketika membuat Lazarus Chest adalah saya ingin menyampaikan bahwa dalam sebuah konflik, tidak selalu ada penjahat yang bisa disalahkan. Kadang, ada konflik yang sepenuhnya berisi para korban dari benturan kepentingan, kebenaran, dan kompas moral yang berbeda. Masing-masing memiliki keadilan yang dibela. Masing-masing memiliki luka.
Q: Dari mana kamu mendapatkan inspirasi untuk menulis cerita ini?
A: Sekitar tahun 2015 akhir, saya masuk dalam fase terobsesi dengan Jack Sparrow dari film Pirates of Carribean. Saya berpikir, kenapa nggak ada film bajak laut bagus lain selain film itu? Saya mencoba mencari-cari di wattpad regional Indonesia pun tidak ada kisah fantasi yang mengangkat seputar perompak dengan genre fantasi seperti Pirates of Carribean. Tidak ada juga yang mengangkat kisah dengan elemen sihir sebagai kisah distopia. Jumlah kisah steampunk pun sedikit sekali. Jadi saya memutuskan untuk buat satu kisah yang menggabungkan semua hal yang saya bayangkan jadi satu cerita utuh. Sekarang saya jadi bertanya-tanya, kesurupan apa saya pas bikin Lazarus Chest ini.
Q: Apakah kamu memiliki kebiasaan menulis unik yang hanya berlaku untuk dirimu sendiri?
A: Saat menulis Lazarus Chest saya baru sadar kebiasaan ini. Yaitu saya selalu menyiapkan segelas minuman di samping meja setiap kali menulis, kebanyakan minuman bergula karena kalau udah nulis suka lupa makan, haha. Takut ide ilang, soalnya.
Q: Cerita macam apa yang menurutmu paling sulit untuk dibuat?
A: Kisah teenfiction. Mungkin karena faktor umur juga, sih, hehe. Karena saya emang dasarnya nggak bisa bikin kisah ringan apalagi genre teenlit. Tapi saya sedang belajar bikin dan suatu hari ingin menamatkan kisah teenfic saya sendiri. Saya juga sulit bikin angst, karena saya mudah sekali terbawa suasana kalau menulis angst, jadi seringkali harus ditunda agar emosi saya nggak meluap.
Q: Siapa author favorit kamu di Wattpad? Kenapa?
A: Kak JagatnataAdhipramana Dia alasan saya bikin akun wattpad dulu. Walaupun sekarang udah nggak aktif kayak dulu lagi, tapi karya-karya beliau akan selalu saya ingat dan re-read jika ada kesempatan, terutama Contra Mundi, itu karya pertama yang saya baca di wattpad. Saya juga suka karya-karya E-Jazzy , karya-karya dia selalu unik dan aku suka selipan humor-humor dia di kisah yang sebenarnya berbalut tragedi. Untuk kiblat action, thriller dan scifi saya biasanya ke kak RimbaEka dan kak AlfiRizkyR . Gaya bicara mereka asik, ide-ide mereka liar nan gila.
Q: Menurutmu, apakah arti sebuah kesuksesan dalam dunia kepenulisan? Apakah dengan menerbitkan buku? Mendapatkan fan base?
A: Memiliki fan base solid kayaknya udah jadi kewajiban untuk penulis maupun pengarang di jaman sekarang, haha. Itu bisa jadi tolak ukur kesuksesan juga tapi buat saya, kesuksesan menjadi penulis adalah saat kamu bisa menjawab pertanyaan: "Adakah tulisan saya yang dapat membuat saya bangga?" setiap kamu mau tidur. Kalau pertanyaan itu bisa terjawab tanpa penyesalan atau rasa malu, artinya kita udah sukses sebagai penulis, minimal untuk keyakinan kita sendiri.
Q: Apa pesan yang ingin kamu sampaikan kepada para pengguna Wattpad khususnya bagi mereka yang menulis dan menikmati genre-genre dalam campaign WIA ini?
A: Kisah bergenre spekulatif seperti misteri, fantasi, thriller, dan fiksi ilmiah mungkin pasarnya minoritas. Dibandingkan dengan romansa yang bisa diterima oleh semua orang, pangsa pasar kita lebih sedikit. Tapi itu nggak seharusnya membuat kita menyerah. Pangsa pasar kita hanya unik, bukannya tidak ada. Dan ingat, genre spekulatif berkali-kali mengguncang dunia, baik lewat sastra maupun lewat film, jadi jangan menyerah, semua! Tetap enjoy what you likes, and writes what you love the most!
Q: Last but not least, pertanyaan / saran apa yang ingin kamu sampaikan kepada kami?
A: Saya suka WIA karena berani menampung karya-karya bergenre lain dari selera mayoritas pasar. Saya bangga WIA bisa bertahan awet begini dan terus mengangkat pamor para penulis genre spekulatif seperti kami-kami ini. Saya hanya berharap semoga WIA terus awet dan terus digalakkan gerakan reading list ini sebagai penyemangat bagi kami para penulis genre anti menstrim ini! Sekarang pertanyaannya, kapan, nih, WIA mau ngadain lomba lagi, hihi?
"Failure is only the opportunity to begin again."
Terima kasih!
KAMU SEDANG MEMBACA
Featured Story WIA Indonesia [DITUTUP]
Non-FictionSemua orang dapat mengikuti kampanye Written In Action. Kini, tim Written In Action Indonesia mempersembahkan program baru: Reading List & Featured Story! Wah, penasaran, kan? Bagaimana cara untuk berpartisipasinya? Baca buku ini untuk informasi leb...