WIA Featured with Shenshen_88

41 7 2
                                    

Q: Halo, pertama kami ucapkan selamat sudah terpilih dalam WIA Featured Story! Sebelum tanya-tanya boleh perkenalkan diri dan ceritakan sedikit tentangmu?

A: Halo, pertama-tama aku ucapin terima kasih buat WIA yang telah memilih ceritaku sebagai Featured Story periode #8 Reborn. Btw, namaku Dyan dan Shenshen_88 adalah nama penaku. Hobiku membaca dan nonton, especially film atau serial misteri thriller. Soal umur aku udah cukup dewasa untuk nonton atau nulis mature konten, dan walaupun bagiku tidak penting, tapi zodiakku adalah Scorpio. Preferensiku dari awal sampai saat ini tetap genre HTM dan Psychological, dan aku harus lebih banyak belajar lagi karena itu lumayan sulit.

Q: Halo, pertama-tama kami ucapkan selamat sudah terpilih dalam WIA Featured Story! Bagaimana perasaanmu saat mengetahui ceritamu terpilih pada periode ini?

A: Seneng banget dan sama sekali ga nyangka coz ini udah kedua kalinya. Aku bangga bisa ikut event WIA dan memasang bandage WIA di cover ceritaku. Honestly, genre cerita yang aku sukai bukanlah genre sejuta umat jadi kehadiran WIA dan event-eventnya membuat aku tetap semangat untuk bertahan di jalurku.

Q: Ceritakan secara singkat dong tentang karyamu yang masuk ke dalam Featured Story periode 7 ini!

A: The Eraser adalah cerita yang mengambil tema misteri, thriller psikologi berbalut supranatural di mana salah satu tokoh penting dalam cerita adalah seorang polisi dan yang lainnya adalah pria misterius yang memiliki kekuatan supranatural.

Xiao Hua sangat berambisi untuk menangkap seorang pelaku pembunuhan berantai yang dikenal dengan kasus Pembunuhan Gaun Putih karena semua korbannya ditemukan tewas dengan mengenakan gaun putih bersimbah darah. Namun, karena satu insiden penembakan dalam satu misi pengejaran, Xiao Hua dikeluarkan dari Tim dan dijatuhi skorsing. Diam-diam, Xiao Hua tetap melakukan penyelidikan dan mengambil keputusan untuk meminta bantuan seorang narapidana yang dikabarkan memiliki kekuatan supranatural di mana ia bisa memindai memori dari suatu benda. Dengan membawa gaun putih yang dikenakan salah satu korban, dia menemui narapidana itu dan meminta bantuan darinya untuk bisa melihat siapa si pelaku. Xiao Hua berhasil mengetahui identitas si pembunuh tapi dia menanggung konsekuensi dari tindakannya. Narapidana kejam itu diam-diam memanipulasi pikirannya agar Xiao Hua bisa membantunya melarikan diri dari penjara.

Sementara di luar sana, seorang supir taksi bernama Hei Yanjing diketahui memiliki kekuatan supranatural yang berbeda. Dia mampu menghapus memori seseorang. Dia menggunakannya untuk menegakkan keadilan di tempat, berkeliaran membunuh para penjahat dan menghapus memori semua saksi mata. Xiao Hua bekerja sama dengan pria ini untuk melenyapkan para penjahat. Namun pada akhirnya penjahat bisa dilenyapkan tapi kejahatan terus bermunculan, dan kenangan bisa dihapuskan tapi tidak dengan perasaan takut dan terancam.

Apa nilai-nilai yang selalu kamu sisipkan dalam cerita-ceritamu?

A: Banyak ketidakadilan dalam hidup, banyak hal yang terjadi tidak sesuai dengan harapan. Marah, sedih, kecewa terhadap sistem atau aturan yang ada itu wajar. Tapi sebagai manusia harus tetap bertahan, stay strong, dan positif thinking. Dalam beragam genre aku selalu berusaha menggambarkan bahwa sesulit apa pun suatu masalah, tetap mempertahankan nilai-nilai kebenaran dalam penyelesaiannya, adalah pilihan yang terbaik.

Q: Apa saja isu-isu penting yang menurutmu perlu mendapatkan perhatian lebih dalam cerita ini?

A: Beberapa kasus kejahatan dari yang ringan sampai berat kadangkala memang tidak selalu bisa dituntaskan dengan sempurna. Namun pihak-pihak terkait pada dasarnya akan selalu melakukan yang terbaik. Bagaimanapun kebaikan dan kejahatan, ketidakadilan dan keadilan, akan selalu berperang hingga akhir zaman. Namun pada akhirnya, kebenaran akan terungkap dan kebaikan menang.

Q: Dari mana kamu mendapatkan inspirasi untuk menulis cerita ini?

A: Banyak sekali inspirasi yang aku dapatkan. Tentunya dari buku-buku, tontonan baik itu film, serial, dan berita. Tentu saja salah satu serial lama favoritku, The X Files, adalah inspirasi terbesarku.

Q: Apakah kamu memiliki kebiasaan menulis unik yang hanya berlaku untuk dirimu sendiri?

A: Kadang-kadang. Pada awalnya aku pikir aku seorang penulis pantser karena seringkali menulis apa pun yang terlintas di kepala tanpa outline yang jelas. Sesekali aku melakukan itu untuk membuat sebuah one shoot.

Q: Cerita macam apa yang menurutmu paling sulit untuk dibuat?

A: Science Fiction, Teen Fiction, Medical, Distopia. Banyak genre yang belum bisa aku kuasai. Untuk sci-fie aku benar-benar kesulitan walaupun sudah membaca banyak referensi dan menonton beberapa film genre tersebut. Teen Fiction mungkin bisa diusahakan walaupun tidak sebaik karya orang lain, dan untuk Medical, aduh ... aku harus banyak belajar lagi.

Q: Siapa author favorit kamu di Wattpad? Kenapa?

A: Banyak sekali author hebat di wattpad yang melahirkan karya-karya keren. Aku membaca beberapa, dan menyukai banyak cerita. Sulit untuk menentukan pilihan.

Q: Apa tips-tips yang dapat kamu berikan agar dapat menulis dengan benar, bagus, dan tetap menarik?

A: Banyak membaca, banyak belajar materi baik itu intrinsik, tata bahasa, dll. Beberapa penulis biasanya mengikuti sesuatu yang viral atau menarik untuk saat ini. Sepertinya aku harus banyak mengintip dunia luar juga dan mencoba sesuatu yang baru.

Q: Menurutmu, apakah arti sebuah kesuksesan dalam dunia kepenulisan? Apakah dengan menerbitkan buku? Mendapatkan fan base?
A: Menerbitkan buku bagiku sudah bisa dibilang sukses karena memang tidak mudah menulis naskah yang bisa lulus editor. Terlebih jika penjualannya bagus. Untuk fan base biasanya mengikuti. Tapi lebih dari itu, sebuah karya harus bisa menghibur, memberikan nilai positif dan pesan-pesan moral yang terselip di dalamnya.

Q: Last but not least, pertanyaan / saran apa yang ingin kamu sampaikan kepada kami?

A: Aku sangat mengapresiasi semua yang telah dilakukan WIA Indonesia untuk mendukung banyak penulis dengan genre-genre yang selama ini diusung WIA. Semoga tetap hits dan bisa menjadi wadah bagi para penulis agar bisa lebih inovatif lagi dan tidak takut bereksperimen dengan genre-genre yang luar biasa.

"Dunia memang tidak sempurna, tapi ironisnya, itu adalah satu-satunya tempat untuk kita memulai sebuah kisah. " (The Eraser)

Terima kasih!


Featured Story WIA Indonesia [DITUTUP]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang