Q: Halo, pertama kami ucapkan selamat sudah terpilih dalam WIA Featured Story! Sebelum tanya-tanya boleh perkenalkan diri dan ceritakan sedikit tentangmu?
A: Terima kasih banyak buat WIA Indonesia yang telah memilih Mauritian Moonrise sebagai WIA Featured story periode #6.
Buat teman-teman yang sama sekali belum familiar dengan nama akun Wattpadku, salam kenal yaa. Namaku Dyan, nama penaku Shenshen_88. Lahir dan besar di Majalengka, kuliah di Bandung dan sekarang domisiliku di Malang, Jawa Timur. Sejak kecil aku suka membaca dan menulis. Awalnya aku hanya menulis buku harian, kemudian aku mencoba menulis cerpen dengan tokoh yang aku ciptakan sendiri, tetapi hanya untuk koleksi pribadi saja. Aku sempat berhenti menulis dan lebih senang menonton serial seperti Law & Order, Criminal Mind, drama Korea dan Mandarin terutama genre mystery, thriller, psychological dan supranatural. Setelah aku tertarik untuk menulis fiksi penggemar pada tahun 2020, barulah aku memiliki keberanian untuk publish di platform Wattpad.Q: Halo, pertama-tama kami ucapkan selamat sudah terpilih dalam WIA Featured Story! Bagaimana perasaanmu saat mengetahui ceritamu terpilih pada periode ini?
A: Saat aku menerima email dari WIA Indonesia bahwa ceritaku terpilih menjadi Featured story, aku sempat cek ulang. Really? I just can't believe this. Rasanya happy banget, serasa mendapat surat cinta dari Zhu Yilong. Honestly, awalnya aku tidak berharap banyak akan terpilih coz ini adalah pertama kalinya aku mencoba menulis genre aksi dan fantasi.Q: Ceritakan secara singkat dong tentang karyamu yang masuk ke dalam Featured Story periode 6 ini!
A: Mauritian Moonrise mengambil tema vampir dan pemburu vampir yang sudah banyak beredar dalam bentuk film ataupun novel. Seorang pemuda bernama Xiao Hua memiliki gairah dan kegemaran akan artefak kuno sehingga memutuskan untuk mengkoleksi dan juga bekerja di bidang itu. Namun dalam cerita ini, menjadi terlalu pintar dan memiliki rasa ingin tahu yang besar tanpa dibarengi kewaspadaan menggiring Xiao Hua pada tindakan sembrono dengan membaca mantera yang merupakan segel pintu rahasia di mana di dalamnya ada sebuah benda kuno, tempat roh jahat ratu vampir yang disegel selama dua abad oleh sekelompok pemburu vampir berdarah perak. Setelah ia membuka segel itu, peristiwa demi peristiwa ganjil mulai terjadi padanya, dan ia mulai kerasukan. Situasi menjadi rumit ketika Hei Yanjing, ketua pemburu vampir yang terorganisir dalam gelap justru menjadi sahabatnya. Karakter utama harus menghadapi dilema menyakitkan antara mempertahankan persahabatan dan melaksanakan tugasnya.Menyusuri jalan-jalan di kota Phoenix yang eksotik hingga ke pelabuhan kuno di desa Savanne dan pantai Gris Gris yang dramatis, keduanya bertekad melenyapkan roh jahat tanpa harus mengorbankan lebih banyak nyawa.
Deskripsi singkat di atas menggambarkan cerita yang sudah sangat umum dan bukan sebuah ide baru. Dari mulai kisah vampir klasik penulis Irlandia yang tidur di peti mati hingga vampir yang lebih modern dan bergaul secara normal dengan manusia biasa. Pada kenyataannya, inspirasi tentang vampir dan pemburu tidak pernah berakhir dan akan selalu menarik. Perbedaannya hanya pada plot cerita, dan bagaimana kisah itu bergulir.
Q: Apa nilai-nilai yang selalu kamu sisipkan dalam cerita-ceritamu?
A: Persahabatan, perjuangan dan keyakinan akan sebuah akhir yang baik dan apa pun konflik yang terjadi dalam sebuah cerita pada akhirnya adalah satu proses pembelajaran dan pencarian jati diri. Mungkin terdengar sangat idealis dan heroik. Setiap aku menulis cerita, aku mencoba menyisipkan nilai dan pelajaran yang bisa diambil dari rangkaian peristiwa dan juga sebab akibatnya, walaupun hanya sedikit dan tersirat.Q: Apa saja isu-isu penting yang menurutmu perlu mendapatkan perhatian lebih dalam cerita ini?
A: Hati-hati dengan segala sesuatu yang berbau mistik dan kuno. Mauritian Moonrise menceritakan tentang bagaimana sikap kita terhadap mitos dan takhayul. Once, aku pernah mendengar temanku sendiri kesurupan setelah menyentuh artefak kuno dan mengabaikan peringatan bahwa benda itu akan memberikan efek yang kurang baik. You can believe it's just superstition, but it's happen.
Selain itu, dalam cerita ini aku mengangkat tema persahabatan antara dua pemuda, yang bisa menjadi sama dalamnya dengan perasaan sepasang kekasih. Intinya aku ingin mengangkat bahwa persahabatan dua pemuda tidak harus selalu menjadi romansa.Q: Dari mana kamu mendapatkan inspirasi untuk menulis cerita ini?
A: Karena ini adalah fiksi penggemar, maka jelas cerita ini aku tulis setelah menonton beberapa film maupun serial adaptasi dari novel Dao Mu Bi Ji karya Kennedy Xu. Imajinasiku berkembang begitu saja dan pikiranku memunculkan layar yang memutar sebuah cerita. Selama ini aku membaca juga menonton kisah aksi fantasi dan supranatural, tetapi sejujurnya aku baru belajar untuk menulis genre tersebut. Ada masa di mana kepalaku dijejali oleh kisah fantasi tentang vampir, Bram Stoker's Dracula, Van Helsing, Interview with The Vampire, The Vampire Lestat, The X-Files, serta film-film horor dan sejenisnya yang cukup memberikan kesan yang dalam. Karena itu dalam proses menulis cerita ini, aku terinspirasi dari mereka.Q: Apakah kamu memiliki kebiasaan menulis unik yang hanya berlaku untuk dirimu sendiri?
A: Tidak ada yang unik. Aku hanya selalu meluangkan waktu untuk menulis paling minimal 100 kata, dan bisa 2000 kata jika ide sedang mengalir lancar. Mungkin bisa saja lebih sedikit atau justru lebih banyak dari biasanya. Menurutku, aku tipikal penulis eksperimental. Aku belajar membuat outline, tetapi terkadang ideku juga melompat-lompat seperti kelinci dan terkadang aku juga cukup lambat untuk memahami apa yang sebenarnya ingin aku katakan. Bahkan dalam menulis ending, kadangkala aku cukup kesulitan hingga terus menulis dan menghapusnya berulang kali untuk mendapatkan akhir yang sesuai dengan keinginan. Setidaknya dengan latihan menulis setiap hari, aku bisa terhindar dari writer's block.Q: Cerita macam apa yang menurutmu paling sulit untuk dibuat?
A: Sci-fi, medical dan distopia. Dibutuhkan riset yang teliti untuk menulis fiksi sejenis itu yang menurutku cukup sulit. Selain itu, aku juga agak kesulitan menulis cerita comedy, aku tidak yakin apakah bisa membuat lelucon cerdas dan membuat orang tertawa.Q: Siapa author favorit kamu di Wattpad? Kenapa?
A: Itu, ukh ... ehm, sejujurnya aku lebih suka membaca novel cetak untuk fiksi original. Aku mengkoleksi cukup banyak novel dari beberapa penulis yang menjadi favoritku. Di Wattpad sendiri, selain menulis, aku membaca fiksi penggemar dan novel terjemahan seperti karya Priest dan Kennedy Xu. Jadi aku kurang familiar dengan penulis-penulis Wattpad yang hebat. Sepertinya aku harus lebih banyak lagi menjelajah dunia orange dan menemukan penulis fantasi yang akan menjadi favoritku ke depannya. Untuk sementara ini, aku memiliki kesan mendalam pada penulis fiksi penggemar Veronattha, einfach_Eileen, dan Amelsmith. Karya mereka sangat indah dan mengesankan.Q: Apa tips-tips yang dapat kamu berikan agar dapat menulis dengan benar, bagus, dan tetap menarik?
A: Terus menulis, banyak membaca. Seperti kata George R. R. Martin : A reader lives a thousand lives before he dies. The man who never reads lives only one. Dengan membaca kita bisa memiliki banyak referensi untuk menulis. Selain itu, tidak berhenti belajar dan juga mendalami materi kepenulisan. Jadikan menulis dan membaca sebagai kegemaran dan juga salah satu cara efektif menghibur diri.
Aku selalu menyukai quotes ini, happiness is a cup of coffee and a good book.Q: Menurutmu, apakah arti sebuah kesuksesan dalam dunia kepenulisan? Apakah dengan menerbitkan buku? Mendapatkan fan base?
A: Sukses dalam menulis bagiku lebih pada bagaimana ceritaku bisa menghibur, mengajak pembaca masuk di dalamnya, meninggalkan kesan yang baik dan juga mendapat apresiasi. Dalam kasus fiksi penggemar, beberapa karya mungkin dibaca karena idol yang menjadi tokoh utama dalam cerita. Terkadang aku bertanya-tanya apakah mereka membaca karyaku karena kualitas ceritanya ataukah lebih pada memuja idolnya. Yah, itulah resiko menulis fiksi penggemar. Karena itu aku membuat beberapa cerita dengan tokoh idol berbeda. Rasanya seneng banget ketika ada pembaca dari fandom lain mampir di karyaku karena mereka bilang tertarik dengan ceritanya walaupun tokoh utamanya bisa dikatakan bukan idola. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki fanbase dan bisa menerbitkan buku adalah kebanggaan tersendiri juga. Bagi aku sendiri, aku lebih fokus menulis cerita yang menarik dan bisa menghibur pembaca, dan bermimpi suatu hari nanti bisa menulis novel original yang keren dan menginspirasi.Q: Last but not least, pertanyaan / saran apa yang ingin kamu sampaikan kepada kami?
A: Semoga WIA semakin aktif dan hits di kalangan pembaca dan penulis Wattpad dengan jangkauan lebih luas lagi. Sebagian penulis dengan genre fantasi, aksi, supranatural, sci-fi dan thriller terkadang takut dan juga kurang percaya diri untuk berimajinasi. Dengan adanya WIA Indonesia sebagai wadah yang tepat bagi penyuka genre dan selera yang mungkin aneh, maka diharapkan akan semakin banyak penulis dan pembaca yang menyukai dan mengembangkan genre-genre tersebut. Semangat terus WIA Indonesia!Aku menulis untuk merasakan hidup dua kali. Saat ini dan dalam retropeksi.
(Anais Nin)Terima kasih!
KAMU SEDANG MEMBACA
Featured Story WIA Indonesia [DITUTUP]
Non-FictionSemua orang dapat mengikuti kampanye Written In Action. Kini, tim Written In Action Indonesia mempersembahkan program baru: Reading List & Featured Story! Wah, penasaran, kan? Bagaimana cara untuk berpartisipasinya? Baca buku ini untuk informasi leb...