Sudah hampir 3 minggu, aku dan Mas Raja menjalani masa taaruf. Dari pandangan aku, sebenernya engga ada yang menarik dari perjalanan 3 minggu kami. Aku cuma nganggep Mas Raja sebagai kating lintas jurusan.
Jujur, Mas Raja tuh tipe cowok yang baik luar dalem. Dari luar, Mas Raja punya aura tersendiri sebagai calon dokter. Kulitnya putih, tinggi, kumis tipis, matanya double eyelide, menjadikan dia semakin sempurna saat pakai pakaian model apapun. Secara hati, Mas Raja juga oke. Dia baik ke siapa aja, gampang tanggap, dan ga ngebosenin.
Tiga minggu kami taaruf, hubungan kami masih jalan di tempat. Tidak ada satupun di antara kami yang berani membuka diri, mencoba cerita tentang kehidupan masing-masing. Mas Raja segan bercerita, jadi aku juga segan. Ingin bercerita, namun takut dia ga nyaman buat tau latar belakangku.
Mungkin selama tiga minggu, Mas Raja udah punya feeling yang ga bagus ke aku. Emang sih ini agak salah karna udah suudzon, tapi aku sendiri ngerasa udah banyak banget nyusahin dia.
Di minggu ke empat ini, kami berdua tidak akan bertemu rutinan seminggu sekali seperti tiga minggu sebelumnya. ini karna aku masih sibuk survei lapangan buat ngumpulin data primer buat praktikum studio. Aku harus netap selama 3 hari di Purwodadi. Aku kira, semua bakal berjalan lancar. Namun baru 2 hari aku pergi, aku dikabarin pakdhe kalo beliau mau jenguk ke semarang. aku yang udah exicted, akhirnya langsung zat-zet ngerjain jobdesk biar bisa pulang duluan. Tapi, satu insiden terjadi, ngebuat aku ga bisa fokus seharian.
"Betul atas nama Mbak Nia? Ponakan dari bapak abdul?"
"Kami ingin mengabari bahwa saudara mbaknya kecelakaan dan sekarang sedang dalam perjalanan menuju RSND"
Denger berita sedih itu, badanku langsung limbung. Beruntung masih ada tembok yang menopang kesimbanganku. Pikiranku kacau, air mata udah berjatuhan. Aku udah mikir banyak banget hal negatif,
Gimana kalo pakdhe nyusul bapak ibu?
Ini gimana misal aku sendirian?
Ini gimana cara nyeleseinnya?
Dan yang paling aku bingung adalah, kemana aku mau nyari bantuan. Uang ga ada, transport ga ada, dan aku ada di kota orang jauh dari semarang.
"Halo?" sapa seorang di seberang telepon saat aku menarik nafas berat.
"Halo Mas Raja!" satu orang yang aku pikirin dan mungkin mau aku mintain tolong adalah Mas Raja. Entah gatau image apa yang bakal aku dapetin dari dia, tapi masa bodo, yang penting aku dapet uang dan pakdhe dapet perawatan.
"Mas Raja masih di RSND ga? Nia mau minta tolong,"
"Iya masih, Ini masih jaga di poli anak. Kenapa emangnya?"
"Nia mau minta tolong Mas Raja buat minjemin Nia uang. Sama sekalian minta tolong diurusin admin rumah sakitnya pakdhenya Nia. Beliau habis kecelakaan dan baru aja dilariin ke RSND, kebetulan Nia lagi ga di semarang Mas. Gimana?" jelasku panjang lebar, hatiku udah deg-degan gak karuan, takut ditolak mentah-mentah, dan berakhir dengan kebingungan mau ngutang ke mana lagi.
"Innalillahi Pakdhemu kecelakaan? Siapa namanya? ini langsung gue cek aja ke IGD. Urusan admin sama bayar bayarnya ntar biar gue urusin,"
"Iya makasih banyak Mas, maap banget Nia untuk kesekian kalinya ngerepotin njenengan. Pakdhe namanya Abdul," aku banyak-banyak merasa bersalah dan ga enak ke Mas Raja. Bayangin dia masih jaga di poli anak, harus tiba-tiba ambil izin buat ngurusin urusanku yang bukan siapa-siapanya.
"Elo survei selesainya kapan?"
"Ini udah selesai Mas, Cuma mau pulang bingung. Soalnya temen-temen masih mau pulang besoknya,"
"Ya udah, kalo gitu, ntar habis gue ngurusin admin, gue langsung otw jemput elo. Biar temen gue ntar yang jagain pakdhe di sini," Mas Raja mutusin tanpa izin aku. Aku Cuma bisa psrah. Bersyukur karna dapet tumpangan gratis, tapi lagi-lagi ngerasa gak enak karna udah ngerepotin dia.
KAMU SEDANG MEMBACA
Janji Jiwa
Fiction généraleHidup Raja sebagai seorang koas tiba-tiba berubah setelah kehadiran Nia, gadis yang ia nikahi atas dasar belas kasihan sang Umi. Nia, gadis desa, yatim piatu, pendiem, aneh, dan ga tau mode. Itu satu kalimat yang bisa mendefinisikan Nia dari sisi Ra...