"Tar? Masih kepikiran?"
Utara menoleh pelan, dan kembali lagi pada layar laptopnya. Padahal hanya diam, tidak mengerjakan apa-apa disana.
Jelas Utara masih saja kepikiran soal keputusan ibunya, padahal sudah seminggu berlalu sejak hari itu. Utara memikirkan Utami, keputusan ibunya mungkin juga tidak salah, ibunya sudah mengajak dan Utara serta Utami yang menolak.
"Lo nih kepikiran apaan lagi sih Tar? Selama nyokap lo disini, lo sama Utami juga ngediemin dia. Nyokap lo ngajak ke sana, kalian nolak. Sekarang nyokap lo milih disana, lo galau juga."
"Gue tuh kepikiran Tami, Kaf. Iya gue masih mikirin nyokap, walaupun udah telpon, udah ngejelasin semua alasan dia, alasan gue, Tami, cuma ya tetep kepikiran."
"Lo kepikiran Utami gimana?"
Utara melirik, kali ini benar-benar menutup laptopnya dan bangkit dari tempat semula ia duduk. Memilih rebahan di kasur dengan Kafka. "Gimana ya.. semakin kesini gue ngeliat Tami tuh, kayak, makin mirip sama gue. Maksudnya, sikapnya, cara pikirnya, karakter dianya. Gue tuh selalu kepikiran, gue gak mau Tami kayak gue yang benci sama orangtua, kayak gue yang benci bokap. Tami tuh kayak gitu karena gue, Kaf."
Kafka diam, tatapannya berubah rendah.
"Dia jadi gak suka sama bokap, terus sekarang dia gak suka sama nyokap. Gue tuh gak pengen Tami dibawa mereka tapi gue juga gak mau Tami tuh kadi kayak gue Kaf, yang punya perasaan jelek itu."
"Tar."
"Apa?"
"Sumpah ini mah, gue boleh getok kepala lo gak sih? Sekaliii aja, tapi kenceng gitu. Sampe lo nih sadar. Sampe lo nih berhenti nyalahin diri lo sendiri soal semua hal!"
"Hah?!"
"Anjing ya lo Tar! Utami tuh udah gede, dia udah bisa mikir soal perasaannya sendiri, soal keadaannya, soal lingkungannya, soal keluarganya! Kalo dia bisa punya perasaan benci ke nyokap-bokap lo, ya bukan salah lo Tar! Dia bisa benci begitu karena dia ngerasa, mungkin dia ngerasa dibuang lah, gak dihargain lah."
Utara mengernyit hebat.
"Bukan salah lo bego! Bukan! Lo nih bisa gak sih gak nyalahain diri sendiri? Hah? Dewasa dikit susah apa Tar? Udah kayak gini lo masih aja nyalahin diri sendiri, padahal ini tuh waktu lo sama Tami untuk bahagia Tar. It's your time!"
"Kok lo jadi marah-marah ke gue sih?"
"Ya marah lah! Gue nih tau lo Tar, gue care sama lo, dan gue muak tiap lo udah nyalahin diri lo begini. Kayak Tami yang benci nyokap-bokap lo, lo malah nyalahin diri lo. Soal nenek lo, soal nyokap lo yang akhirnya malah milih sama keluarga barunya. Lo malah nyalahin diri lo yang padahal itu bukan salah lo sama sekali Tar!"
"Kaf-"
Kafka sampai menepis tangan Utara, ia tidak mau disentuh Utara dulu karena masih emosi. "Salah bokap lo yang selingkuh, ninggalin kalian. Salah nyokap lo yang diem-diem nikah, terus punya anak, terus ninggalin kalian. Salah mereka Tar. Bukan salah lo!" Kafka sampai benar-benar teriak. Sampai terasa sakit di tenggorokan."Resek ya lo malah terus-terusan nyalahin diri lo sendiri. Gak ngehargain perjuangan lo sendiri selama ini demi Utami. Adek lo udah gede Tar, udah bisa nilai mana yang salah, mana yang bener! Kalo lo mikir dia jadi kayak lo, ya itu karena LO YANG NGEDIDIK DIA, LO YANG SELALU ADA BUAT DIA, BUKAN ORANGTUA LO! Emang lagian lo mau adek lo kayak mereka? Hah?!"
"Kaf- suara lo-"
"Gue tanya Tar! Lo mau? Lo mau Utami kayak bokap lo yang selingkuh itu? Hah? Atau lo mau Utami kayak nyokap lo yang diem-diem nikah terus punya anak? Hah?!"
KAMU SEDANG MEMBACA
You Own My Heart (BL 18+) [COMPLETE]
Novela Juvenil❝𝑰 𝒍𝒐𝒗𝒆 𝒚𝒐𝒖 𝒕𝒐 𝒕𝒉𝒆 𝒑𝒐𝒊𝒏𝒕 𝒕𝒉𝒂𝒕 𝒘𝒐𝒓𝒅𝒔 𝒂𝒓𝒆𝒏'𝒕 𝒆𝒏𝒐𝒖𝒈𝒉.❞ Sebuah definisi love-hate relationship. . . . ❀ 𝕆ℝ𝕀𝔾𝕀ℕ𝔸𝕃 ℂℍ𝔸ℝ𝔸ℂ𝕋𝔼ℝ ❀ Ada beberapa part bersifat 𝗥𝟭𝟴+, harap bijak dalam memilih dan membaca cerita...