chapter one - the return

592 32 0
                                    

"Maria!" seorang anak perempuan memanggil dari perairan Danau Kibo yang berkilauan. "Maukah kau bergabung dengan kami?"

Maria mendongak dari gulungannya, tersenyum ke arah sekelompok anak-anak yang melambaikan tangan ke arahnya, agak jauh dari tempat duduknya di dekat tepi air. "Kalian tahu aku tidak suka berenang," katanya.

Tentu saja ini bohong. Selama musim panas yang terik di pulau ini, berenang di danau adalah hal yang paling diinginkan oleh siapa pun. Tapi Maria tidak pernah menyentuh air selama lima tahun. Sebenarnya, dia takut, bukan pada airnya, tapi sekali dia tenggelam, dia tidak akan pernah mau keluar.

"Kamu tidak menyenangkan lagi, sejak kamu mulai membaca semua cerita itu." Seorang anak laki-laki menatapnya dengan mata yang lebar dan sedih. "Apakah kamu tidak suka berada di sini bersama kami?"

Mendengar hal itu, Maria menghela napas, menggulung gulungan yang sedang dibacanya dan meletakkannya di sampingnya. "Jangan berkata seperti itu, tentu saja aku senang berada di sini bersama kalian semua." Dia berdiri dan berjalan lebih dekat ke tepian danau, berhati-hati agar tidak terlalu dekat sehingga ombak yang tenang menyentuh jari-jari kakinya.

"Ayo, Maria. Kumohon!" Anak-anak itu berteriak memintanya untuk bergabung dengan mereka. Maria menggelengkan kepalanya dengan penuh simpati dan hendak berbalik untuk duduk ketika ombak naik sedikit lebih jauh ke teluk berkerikil dan menyapu tumitnya. Maria merasakan kegembiraan mengalir dari kakinya ke kepalanya. Hatinya menghangat. Tentunya tidak ada salahnya dia mandi di air untuk sementara waktu.

Maria berbalik ke arah anak-anak, yang masih memanggil-manggilnya, dan melangkah lebih jauh ke dalam Danau Kibo. Air menutupi kedua kakinya sepenuhnya, memberikan kelegaan yang telah lama ditunggu-tunggu dari teriknya matahari tengah hari. Setiap dan semua pikiran tentang patah hati dan kehilangan yang mengancam untuk menariknya keluar, tersapu bersih dari pikirannya dan naik ke pantai. Dia mengambil satu langkah lagi, lalu satu langkah lagi. Pakaian sutra tipis yang dikenakannya segera menjadi berat karena air, tetapi ia tidak berhenti, bahkan ketika cincin emas di lehernya yang menahan bagian depan pakaiannya mulai menekan bagian atas tulang punggungnya. Senyuman anak-anak itu semakin mendekat, dan Maria tidak bisa berdiri lagi. Dia mengangkat dirinya ke permukaan danau dan mengapung dengan punggungnya ke tempat anak-anak itu menapakkan kaki di atas air, menunggunya.

"Senang?" Maria tersenyum kepada mereka.

"Kamu terlihat seperti bidadari," kata salah satu anak perempuan. Dia mengulurkan tangan ke kepang Maria yang mengambang di permukaan danau, menarik ujungnya, melepaskan ikatannya dan membiarkan rambutnya tergerai, menyebar seperti lingkaran cahaya di sekeliling kepalanya. Maria menatapnya dengan penuh kasih sayang, mungkin dia telah menghabiskan terlalu banyak waktu dalam imajinasinya, alih-alih menghargai apa yang ada di sekelilingnya. Apa yang ada di sekelilingnya, saat ini.

"Cerita apa yang sedang kau baca?" tanya anak perempuan yang lain.

"Semacam cerita petualangan percintaan."

Anak perempuan itu meringis. "Aku lebih baik mendengarkan salah satu ceritamu daripada membaca hal-hal semacam itu."

"Ya, ceritakan salah satu ceritamu," anak-anak menimpali.

"Tapi kalian sudah sering mendengarnya, kalian mungkin bisa menceritakannya lebih baik daripada aku."

"Tolonglah, Maria," mereka memohon. "Ceritakan kepada kami tentang negeri ajaib. Ceritakan tentang Narnia."

Hati Maria kembali menghangat dan senyumnya mengembang. Air tampak semakin dingin dari detik ke detik, sinar matahari tampak semakin redup. Dia mencoba menegakkan tubuhnya, rambutnya yang tergerai menempel di lehernya saat kepalanya keluar dari air, mencekiknya. Dia telah mendorong negeri ajaib itu begitu jauh ke dalam pikirannya sehingga dia bahkan tidak yakin ada kebenaran dalam cerita-cerita yang biasa dia ceritakan. Dia bahkan mulai meragukan bahwa Narnia pernah ada, bahwa itu hanyalah fantasi yang dia gunakan untuk mengalihkan perhatiannya dari dunia nyata. Kadang-kadang ia merenungkan apakah ia lebih suka jika Narnia tidak pernah ada.

Maria mencoba untuk menjauh dari kerumunan, menuju ke tepi danau, tetapi ada sesuatu yang menahannya. Protes anak-anak menjadi teredam dan tidak bisa dimengerti. Ada yang menarik-narik gaunnya, menariknya ke bawah. Maria menenggelamkan kepalanya ke bawah permukaan danau. Di dalam air yang biru jernih, ia dapat melihat bahwa tidak ada yang menahannya, namun ia tenggelam semakin dalam. Tak lama kemudian, dia bahkan tidak bisa menggapai ke atas dan keluar dari air. Dia berjuang keras melawan cengkeraman yang tak terlihat, kehabisan napas.

Energinya mulai berkurang. Air menjadi lebih gelap dan lebih dingin setiap saat dia bertahan. Tekanan itu membuat kepalanya sangat sakit. Sepertinya tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain menutup matanya dan menunggu tubuhnya yang bergoyang-goyang kehilangansemua perasaan. Dalam kegelapan pikirannya, dia merasa menyesal; berada di dekat danau adalah sebuah kesalahan. Seharusnya dia berjuang lebih keras. Di mana dia seharusnya merasa tenang, dia justru malah dikelilingi oleh kesedihan.

Maria tahu persis apa yang akan terjadi.

Tubuhnya seharusnya membeku, muncul ke permukaan es yang tipis. Maria membuka matanya pada pemandangan yang memutih, yang segera memudar untuk memperlihatkan langit putih yang menggantung tebal di atas hamparan air yang luas di mana dia menemukan dirinya berada. Melihat dari balik bahunya, dia melihat sebuah tebing di kejauhan, yang dipasangi kastil megah yang tertutup salju. Dia mencengkeram es, mencoba untuk menenangkan diri dari ombak yang berombak, hanya untuk mendapatkan es itu pecah di bawah tangannya yang gemetar. Maria tahu dia harus bergerak cepat jika ingin selamat dari air yang membeku.

Sambil menendang-nendang kakinya dengan liar, dia mulai berjalan ke arah tebing. Es menjadi semakin tebal saat dia semakin dekat ke tepian. Setelah cukup kokoh untuk menahan berat badannya, dia menggunakan sisa-sisa tenaganya untuk menarik dirinya keluar dari air dan masuk ke udara musim dingin. Angin kencang menyapu bahunya yang terbuka dan dia mencoba membungkus sisa pakaiannya yang basah kuyup di atas kulitnya yang terbuka. Maria terbaring diam. Dia tidak yakin berapa lama; bisa jadi hanya beberapa menit, bisa jadi berjam-jam.

Maria telah kembali, ketika ia telah lama menerima bahwa bagian dari kehidupannya telah berakhir, ketika ia berpikir bahwa ia telah cukup belajar untuk menjaga dirinya sendiri. Namun, negeri yang dilihatnya dari permukaan es bukanlah Narnia yang dulu dikenalnya. Itu pucat dan suram; bahkan dari kejauhan, negeri itu tampak sakit. Maria tidak ingin percaya bahwa itu adalah Narnia, negeri yang telah lama dicintainya. Dia belum pernah melihat kastil ini, yang terlihat megah di mana langit bertemu dengan cakrawala.

Jari-jarinya bergerak-gerak, mati rasa karena kedinginan. Namun, ia masih bisa bergerak dan hal itu membuatnya bersemangat. Sambil mendorong jari-jari kakinya yang tanpa alas kaki ke dalam es, Maria menggeser tubuhnya ke depan. Ini akan menjadi perjalanan yang panjang, tapi dia tahu bahwa jika dia bisa terus berjalan, memaksa matanya untuk tetap terbuka, dia bisa mencapai tepian.

Tidak lama kemudian, sebagian besar tubuhnya mati rasa. Bagian-bagian dari pakaiannya membeku, es menempel di benang-benangnya. Maria menatap ke atas untuk melihat seberapa jauh lagi dia harus merangkak hingga mencapai tebing, dia melihat dua sosok di dasar tebing di mana pantai seharusnya berada. Maria tidak peduli apakah itu teman atau musuh; dia mengangkat kepalanya dan melambaikan tangan kepada mereka. Mereka sudah semakin mendekat. Dia merebahkan punggungnya, dan berbaring menunggu.

"Bertahanlah," kata sebuah suara laki-laki yang berat saat kedua sosok itu, berpakaian merah tua dari ujung kepala hingga ujung kaki, berjongkok di atasnya. "Tidak apa-apa, kami memegangimu." Kelopak mata Maria mulai terkulai. "Tidak, bertahanlah." Sebuah tangan menemukan jalan di belakang lehernya. Si pembicara mengangkatnya, mengangkat bahu dan lututnya.

"Apakah kau mengenali ini?" Sosok kedua juga laki-laki, tetapi Maria hanya bisa melihat matanya yang berbinar-binar. Dia memegang sesuatu di depan wajahnya. Perlahan-lahan benda itu mulai terlihat jelas; sebuah lambang yang tergantung pada tali kalung, menggambarkan seekor burung api di dalam lingkaran. Maria berhasil menganggukkan kepalanya. "Bisakah kamu memberi tahu kepada kami namamu?" Maria bisa melihat bahwa pria itu tersenyum.

"Nimueh... Fire... song," lirih Maria. Nimueh; nama yang diberikan kepadanya saat pertama kali ia datang ke Narnia. Sejak saat itu ia lebih suka nama itu daripada Maria.

"Elijah benar," kata salah satu dari mereka saat mereka mengangkatnya dan mulai bergerak menuju tepian. "Dia telah kembali." Maria ingin bertanya siapa Elijah, tetapi ia tahu bahwa ia harus menghemat tenaganya. Dengan kondisi Narnia yang sedang sakit, Maria bertekad untuk menemukan penyembuhnya.

𝐋𝐈𝐎𝐍𝐇𝐄𝐀𝐑𝐓 || peter pevensie [1]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang