Si Bujang Lapuk

85 11 0
                                    


Meng Yao pamit segera setelah selesai makan malam, yang tidak terlalu dinikmatinya. Bukan karena makanannya. Toh Meng Yao bukan pemilih. Tapi karena keberadaan Nie Mingjue yang selalu menatap 'tajam' ke arah Meng Yao membuat Meng Yao merasa tidak enak hati. Lebih baik kabur deh. Meng Yao tidak mau mengganggu mereka. Tidak mau jadi obat nyamuk juga.

Nie Mingjue menatap kepergian si cantik. Lah kok pergi? Cantik, jangan tinggalkan kakanda. Nie Mingjue ingin mencegah, tapi tidak punya alasan. Sebenarnya, Nie Mingjue sudah memberi kode kepada Lan Xichen, agar menahan sekretarisnya. Tapi, si kampret Lan Xichen pura-pura tidak paham. Nie Mingjue belum sempat kenalan, huhuhuhu.

"Proposalnya mau dibahas di sini apa di ruang kerja, ge?" tanya Lan Xichen, mengabaikan tatapan kesal Nie Mingjue.

"Terserah. Aku lagi enggak mood membahas kerjaan," ujar Nie Mingjue sebal. Pengen dikenalin sama bidadari aja kok susah. Nie Mingjue jadi tidak semangat kan.

"Lah. Ngambek," kata Lan Xichen. Nie Mingjue melirik dingin.

"Besok aku kenalin deh, pas di kantor," Lan Xichen mencoba membujuk Nie Mingjue.

"Katanya besok kamu ada janji dengan A-Yuan," kata Nie Mingjue.

"Kan A-Yuan pulang jam 10 dage. Aku ke kantor dulu dong. Makanya dage kuminta ke Hanshi. Kita bahas proposal dage di sini, trus ntar malam kukirim draft perjanjiannya ke A-Yao biar diketik dan di-print, jadi besok kita tinggal tandatangan. Tapi di kantor. Aku enggak nyimpen kertas kop di rumah," Lan Xichen menjelaskan dengan sabar. Susah emang membujuk anakan titan biar enggak tantrum.

Mata Nie Mingjue langsung berkilauan. "Dikenalin beneran lho ya. Bantu saudaramu biar enggak jomblo tahun ini. Aku udah muak dengar gosip aneh kalau aku pacaran sama kamu. Geli. Hiiiy," Nie Mingjue bergidik.

Lan Xichen memutar mata. Digosipin dengan orang sekeren Lan Xichen kok enggak mau. -saya mau kandaaaa-

                 ==================

Nie Mingjue merapikan diri di depan cermin. Mencoba menata rambutnya yang biasanya cuma disisir asal. Hari ini, Nie Mingjue sampai pinjam pomade Lan Xichen. Terus jenggot dan kumis yang biasanya tumbuh semrawut macam semak kebun, hari ini dicukur habis. Oke. Baju udah rapi. Wajah udah mulus. Ketek udah wangi. Rambut juga udah kelimis. Nie Mingjue udah merasa 200% lebih keren dan siap untuk menikah. Eh??? Engg, anuu. Siap untuk dikenalin dengan calon istri maksudnya.

Lan Xichen menyemburkan jus yang sedang diminumnya saat melihat Nie Mingjue memasuki ruang makan. Sejenak, Lan Xichen menatap aneh ke arah Nie Mingjue. Lalu tanpa bisa ditahan lagi, Lan Xichen ngakak.

"Apa?!" sentak Nie Mingjue.

"Dage ngapain dah, pakai dandan segala," ujar Lan Xichen di sela tawanya. Ajaib sih melihat Nie Mingjue serapi itu. Dulu, pas kuliah, kalau ada kelas pagi, Nie Mingjue itu cukup cuci muka. T-shirtnya aja enggak ganti. Hanya dilapis flanel. Yang penting wangi. Mana dulu rambut Nie Mingjue rada gondrong. Dahlah. Berantakan pokoknya.

"Biarin. Harus rapi dong biar berkesan," kata Nie Mingjue cuek seraya meraih roti kukus. Sarapan di Hanshi itu artinya Nie Mingjue harus siap tidak kenyang. Apaan. Bubur polos. Roti kukus tanpa isi. Terus pangsit tapi isi jamur. Yang banyak malah sayuran rebus yang lagi-lagi hambar. Yang bisa ditolerirnya hanya si roti kukus. Dicelupin di kopi kan jadi enak.

Lan Xichen mendengus. Si jomblo berkarat ngebet bener pengen punya jodoh. Contoh Lan Xichen dong. Yang santuy meski selalu dikejar para tetua agar segera memiliki nyonya Lan. Bahkan selalu diberi jadwal rutin blind date oleh Lan Qiren. Yah iseng-iseng berhadiah aja sih. Siapa tahu ada yang berkenan di hati Xichen. Kalau para ceweknya sih jangan tanya. Pada kesengsem bahkan hanya dengan melihat foto Lan Xichen.

A-Yao, sang SekretarisTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang