Kepergian Neteyam menjadi duka mendalam bagi keluarga Jake.
Mereka memutuskan untuk menguburkan Neteyam di laut sesuai tradisi Metkayina. Tubuh Neteyam telah diserahkan ke Ey'wa di laut Pandora yang membuat keluarga Jake Sully akan selalu terhubung.
Tonowari sudah menganggap keluarga Jake bagian dari klan Metkayina.
Na'vi memercayai kematian bukanlah akhir dari kehidupan. Jake dan Neytiri masih bisa melihat kenangan mereka bersama Neteyam dengan menautkan Metkayina Sprite Tree. Begitu juga dengan bangsa Na'vi lainnya.
Setelah kejadian itu, keluarga Jake memutuskan meninggalkan klan Metkayina untuk melakukan persiapan melawan bangsa langit. Mereka mungkin akan kembali setelah persiapan mereka sudah matang, Klan Metkayina pun juga akan ikut serta dalam pertempuran.
Semua kembali seperti semula, kecuali perasaan yang di rasakan Aonung.
Ketika melihat tubuh Neteyam yang sudah tidak bernyawa di gendongan Jake.
Hatinya hancur setelah mengetahui orang yang ia cintai mati di tangan RDA.
Awalnya perasaan Aonung pada neteyam hanyalah sebatas teman, jantungnya yang setiap kali berdetak kencang dan rasa senang setiap di sisi neteyam tak pernah ia anggap serius. Namun setelah kepergian sahabatnya itu, perasaan yang ia anggap angin lalu, justru menjadi semakin kuat dan menyadarkan bahwa itu adalah cinta.
"Tapi sayangnya kesadaran itu muncul setelah kau pergi..." ucap Aonung yang sedang duduk di atas bebatuan tepi pantai.
Penyesalan selalu datang di akhir. Aonung seharusnya menyatakan perasaannya dari awal, atau kah dia seharusnya tidak mendekati Neteyam dan menjahili pemuda itu agar rasa suka itu tidak muncul?
Aonung menghela nafas, matanya kembali menatap ke arah lautan biru yang luas.
Tiada hari yang di lewati Aonung tanpa pergi ke laut. Berharap pemuda yang ia dambakan itu kembali padanya.
Hanya dengan itu rasa rindunya akan sedikit terobati.
Angin laut tiba-tiba berhembus kencang. Dari kejauhan, Anoung melihat sesuatu mengambang di atas air laut. Tepatnya di atas Ey'wa laut Pandora.
Aonung mencoba menajamkan matanya dan melihat sosok berwarna biru gelap, persis dengan suku Na'vi keluarga Jake.
"Apa itu?" Kaget Aonung.
Anoung segera meloncat ke laut dan memanggil Ilu. Menunggangi mahluk itu menuju tengah laut.
(Ilu: hewan menyerupai plesiosaurus yang digunakan klan Metkayina untuk melintasi lautan Pandora)
Ketika semakin dekat, tubuh Aonung membeku saat melihat apa yang ia temukan.
"N-neteyam?"
Aonung nyaris tidak percaya. Pemuda yang ia kira telah pergi selamanya kini kembali.
Ia yakin itu adalah Neteyam!
Dengan cepat Aonung mendekati Neteyam, meraih tubuh itu ke dalam pelukannya.
Neteyam dalam keadaan tidak sadar, walaupun begitu dapat di rasakan nafas Neteyam yang begitu pelan dan dingin. Aonung semakin mengeratkan pelukannya guna menghangatkan sosok yang ada di pelukannya.
"Bertahanlah, kita akan kembali" ucap Aonung pada Neteyam dengan penuh kekhwatiran.
...
24 Januari 2023
KAMU SEDANG MEMBACA
The Waiting One (Aonung x Neteyam)
FanfictionSetelah kepergian Neteyam yang meninggalkan duka mendalam bagi Aonung. Hampir setiap hari Aonung pergi ke laut. Berharap pemuda itu akan hidup kembali. Waktu terus berlalu, hingga pada suatu hari Anoung melihat sosok itu mencul dari air. "Neteyam...